Sukses


10 Penyebab Sering Menguap yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Menguap adalah reaksi alami yang sering kali terjadi pada manusia. Namun, terkadang kita merasa heran ketika mengalami seringnya menguap dalam situasi yang tidak biasa atau di saat yang tidak tepat.

Fenomena ini mungkin membuatmu bertanya-tanya tentang penyebab sebenarnya di balik tindakan menguap yang terjadi pada tubuh kita.

Faktor fisik maupun psikologis mungkin bisa menjadi penyebabnya. Pemahaman lebih mendalam tentang apa pemicu menguap yang berulang dapat membantu kita mengenali kondisi atau situasi tertentu yang perlu diperhatikan.

Lantas, apa saja kira-kira penyebab kita sering menguap, kendati tidak merasakan gejala mengantuk sama sekali?

Berikut 10 penyebab sering menguap yang perlu diketahui, seperti disadur dari Klikdokter, Selasa (30/5/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Penyebab Sering Menguap

1. Masalah Tidur 

Rasa lelah yang timbul karena kurang tidur bisa menjadi alasan kenapa kamu sering menguap. Apabila rasa lelah terasa berlebihan dan sering muncul pada siang hari, atau memang terdapat gangguan tidur, konsultasikan segera dengan dokter.

Seseorang bisa saja tidak sadar bahwa dirinya sedang mengalami masalah tidur. Misalnya pada penderita obstructive sleep apnea, di mana gejalanya tidak mudah tampak saat bangun. Namun, penderita dapat merasa lelah sepanjang hari.

Gejala lain yang menunjukkan bahwa seseorang mungkin memiliki masalah tidur adalah sulit konsentrasi, respons yang lebih lambat, mudah tersinggung, serta merasa tidak termotivasi.

2. Menular dari Orang Lain

Mungkin kamu sudah pernah mendengar tentang hal ini. Ketika seseorang menguap, orang lain yang melihatnya dapat "tertular" untuk menguap juga!

Bahkan ada anggapan bahwa makin mudah orang menguap karena meniru orang lain, makin baik pula kemampuan interaksi sosial dan empatinya.

3. Rasa Cemas

Rasa cemas bisa menjadi penyebab kamu menguap terus. Ini terjadi karena kecemasan akan memengaruhi jantung dan sistem pernapasan, serta level energi. Semua hal ini dapat memicu rasa sesak, menguap, dan stres.

Dengan merasa cemas, seseorang dapat menguap lebih sering dari biasanya atau lebih sering dibandingkan ketika sedang tidak cemas.

3 dari 4 halaman

Penyebab Sering Menguap

4. Rasa Bosan

Apakah kamu pernah merasa seperti ini? Saat lagi bosan, tiba-tiba kamu jadi sering menguap, tetapi tidak mengantuk. 

Ketika otak sedang terasa tidak terangsang dan mulai melambat, suhu tubuh akan turun. Alhasil kamu akan mulai merasa mengantuk dan menguap terus-menerus. Hal ini sering terjadi tanpa kamu sadari.

5. Obat-obatan Tertentu

Jika kamu sedang mengonsumsi obat tertentu, ini juga bisa menjadi penyebab kamu sering menguap.

Beberapa obat yang dapat memicu seseorang sering menguap, di antaranya antidepresan dan golongan selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI), antihistamin, dan sebagian obat antinyeri.

6. Depresi

Seseorang yang sedang mengalami depresi dapat menguap berlebihan. Pasalnya, rasa lelah merupakan satu di antara gejala depresi, maupun efek samping dari obat antidepresan yang dikonsumsi.

Apabila seseorang dengan depresi menguap lebih sering dari biasanya, konsultasikan dengan dokter. Nantinya dokter mungkin dapat mengubah dosis obat yang telah diberikan, atau mencari penyebab menguap tersebut. 

4 dari 4 halaman

Penyebab Sering Menguap

7. Gangguan pada Jantung

Menguap berlebihan dapat berhubungan dengan saraf vagus, yang berada pada bagian bawah otak dan menurun hingga jantung.

Pada sebagian kasus, menguap berlebihan dapat menandakan bahwa terdapat perdarahan di sekitar jantung, atau bahkan serangan jantung.

8. Stroke

Kondisi menguap yang terus-menerus bisa berhubungan dengan stroke. Dikatakan bahwa menguap dapat membantu mengatur dan mengurangi suhu basal tubuh dan otak setelah terjadinya cedera otak atau stroke.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa proses menguap melibatkan batang otak, yang berhubungan dengan saraf tulang belakang. Selain itu, menguap berlebihan dapat terjadi sebelum atau setelah stroke.

9. Kegagalan pada Organ Hati

Saat fase-fase akhir dari kegagalan organ hati, seseorang bisa saja sering menguap. Hal ini dipercaya terjadi karena kelelahan yang disebabkan oleh kegagalan organ hati.

Selain menguap, terdapat gejala lain seperti nafsu makan berkurang, diare, dan rasa kantuk berlebihan pada siang hari.

10. Lelah Bekerja

Hal ini juga dapat menjadi penyebab kamu menguap terus-menerus. Apalagi jika kamu menguap ketika sedang bekerja di kantor, bisa jadi itu tanda bahwa kamu sudah terlalu lama atau keras bekerja.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 30/11/2022)

Yuk, baca artikel penyebab lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer