Sukses


8 Manfaat Mengagumkan Berdiri bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Dalam kehidupan modern saat ini, kebanyakan dari kita sering menghabiskan banyak waktu dalam posisi duduk, baik di meja kerja, di mobil, atau di depan layar gadget di mana hal tersebut kurang baik untuk kesehatan.

Kita sering kali lupa bahwa tubuh manusia sebenarnya dirancang untuk bergerak dan berdiri.

Berdiri merupakan kegiatan yang sederhana, akan tetapi memiliki dampak positif yang luar biasa pada kesehatan tubuh dan pikiran manusia.

Satu di antara manfaat utama berdiri adalah meningkatkan postur tubuh. Dengan berdiri tegak, kita dapat memperbaiki posisi tulang belakang, mengurangi risiko masalah postur seperti bungkuk, dan menjaga keseimbangan otot tubuh.

Selain itu, berdiri membantu menguatkan otot-otot tubuh, termasuk otot inti dan kaki, serta meningkatkan kekuatan tulang.

Ingat, duduk terlalu lama dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh. Duduk terlalu lama bahkan dapat menimbulkan nyeri di titik-titik tertentu dan berkaitan erat dengan berbagai penyakit.  

Berikut delapan manfaat mengagumkan berdiri bagi kesehatan yang jarang diketahui, seperti disadur dari Klikdokter, Kamis (1/6/2023).

2 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Berdiri bagi Kesehatan

1. Membakar Kalori 

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, berdiri bisa menjadi satu di antara cara membakar kalori lebih banyak. Jadi, perbanyaklah aktivitas berdiri kamu dalam sehari untuk membantu menurunkan berat badan.

2. Menurunkan Gula Darah

Angka diabetes terus menanjak. Hal ini dipengaruhi oleh minimnya aktivitas fisik. Nah, berdiri tegak bisa membantu menurunkan gula darah. 

Berdiri sebanyak dua jam sehari mampu menurunkan kadar gula darah hingga dua persen.

3. Menurunkan Kolesterol Jahat

Sebuah penelitian dalam European Heart Journal menunjukkan, berdiri lebih banyak dapat menurunkan kolesterol. Peneliti menemukan, berdiri sebanyak dua jam dapat menurunkan lemak jahat sebesar 14 persen. 

Jumlah kolesterol baik (HDL) di dalam aliran darah yang menyehatkan jantung pun akan meningkat berkat manfaat berdiri.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Berdiri bagi Kesehatan

4. Mencegah Bekuan Darah 

Ketika duduk dalam waktu lama, risiko terbentuknya bekuan darah meningkat. Hal ini khususnya dialami orang yang duduk lama pada perjalanan panjang menggunakan pesawat. 

Meluangkan waktu dengan berdiri dan berjalan dapat menurunkan risiko bekuan darah.

5. Postur Tubuh Lebih Baik

Duduk terlalu lama, terlebih dengan posisi yang salah, dapat menyebabkan gangguan postur tubuh. Pada akhirnya, kondisi ini menyebabkan nyeri dan kaku otot. 

Biasakanlah untuk berdiri atau sekadar berjalan sejenak. Hindari posisi bungkuk dan menunduk saat duduk dan menggunakan komputer. 

6. Menurunkan Risiko Nyeri Otot

Duduk pada posisi yang sama dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan nyeri otot pada beberapa bagian, misalkan tulang belakang dan leher. Lakukanlah peregangan berkala dan berdiri sejenak untuk mengurangi risiko ini.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Berdiri bagi Kesehatan

7. Meningkatkan Mood

Jika bekerja dalam durasi lama di depan komputer dalam posisi duduk, pastikan kamu beristirahat sejenak di antara waktu bekerja. 

Tidak hanya baik untuk kesehatan otot, perubahan posisi dapat memberikan perubahan suasana hati yang dapat berdampak pada kualitas pekerjaan.

8. Melatih Ketahanan Otot

Penelitian menemukan, manfaat berdiri lama akan melatih otot-otot di perut, pantat, dan kaki untuk membuat tubuh tetap tegak pada waktu yang lama. Jadi, pastikan kamu menghabiskan waktu yang cukup dengan berdiri untuk mendapatkan otot yang kuat.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 30/11/2022)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer