Sukses


Bacaan Doa agar Dianugerahi Anak yang Saleh dan Salihah

Bola.com, Jakarta - Dianugerahi anak yang saleh dan salihah tentu impian bagi banyak orang tua. Alasannya, doa dari anak yang saleh dan salihah merupakan satu dari tiga perkara atau amalan jariyah yang tidak terputus, meski orang tua telah meninggal dunia.

Hal ini berarti saat orang tua telah meninggal dunia, masih bisa mendapatkan nilai kebajikan dan pahala sekaligus menjadi penolong di akhirat saat anak mereka mendoakannya.

Hal ini sesuai dengan hadis Rasulullah saw., dari Abu Hurairah.

"Apabila seseorang meninggal dunia maka (pahala) amalnya terputus kecuali tiga perkara: sedekah jariyah, ilmu bermanfaat, atau anak saleh yang mendoakannya." (HR. Muslim)

Sekiranya anak yang saleh dan salihah yang diharapkan oleh para orang tua adalah mereka yang patuh, cerdas, taat beragama, rajin beribadah kepada Allah, serta memiliki adab dan akhlak yang terpuji.

Maka, betapa pentingnya mendidik anak agar tumbuh menjadi seorang yang saleh dan salihah dalam Islam.

Berikut ini bacaan doa agar dianugerahi anak yang saleh dan salihah yang bisa dipanjatkan orang tua, disadur dari Dream, Kamis (1/6/2023).

2 dari 6 halaman

Bacaan Doa 1

"Allahumma barikliy fii awladiy, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho’atik, war zuqniy birrohum."

Artinya: "Ya Allah, berilah berkah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepada-Mu dan karuniakanlah hamba rezeki berupa bakti mereka."

3 dari 6 halaman

Bacaan Doa 2

"U’īdzukuma bi kalimātillāhit tāmāti min kulli syaithānin wa hāmmatin wa min kulli ‘aynin lāmmah."

Artinya: "Aku melindungi kalian berdua dengan kalimat Allah Swt. yang sempurna dari segala setan, hewan melata, dan segala penyakit lain yang ditimbulkan mata jahat." (HR. Abu Daud)

4 dari 6 halaman

Bacaan Doa 3

"Allahumma ashlih lana fi aimmatina wa jamaa’atina wa ahlina wadzurriyyatina wa amwaalina wafiimaa razaqtana wa baariklana fiihim fid dunya wal aakhiroh."

Artinya: "Ya Allah, perbaikilah untuk kami di dalam imam-imam kami, jemaah kami, keluarga kami, istri-istri kami, anak-anak turun kami, harta-harta kami dan di dalam apa-apa (rezeki) yang Engkau berikan kepada kami dan berilah kami keberkahan dalam urusan mereka di dunia dan akhirat."

5 dari 6 halaman

Bacaan Doa 4

"Allahummaj ‘al awladana awladan sholihiin haafizhiina lil qur’ani wa sunnati fuqoha fid diin mubarokan hayatuhum fid dun-ya wal akhirah."

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang saleh dan salihah, orang-orang yang hafal Al-Qur'an dan sunah, orang-orang yang paham dalam agama diberkahi kehidupan mereka di dunia dan di akhirat."

6 dari 6 halaman

Bacaan Doa 5

"Allahumma faqqih hu fid diini wa ‘allimhut ta’wiila."

Artinya: "Ya Allah, berikanlah kepahaman baginya dalam urusan agama, dan ajarkanlah dia ta'wil (tafsir ayat-ayat Al-Qur’an)." (HR. Bukhari)

 

Disadur dari: Dream.co.id (Widya Resti Oktaviana. Published: 18/10/2022)

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer