Sukses


9 Contoh Kegiatan Pelestarian Udara yang Bisa Dilakukan

Bola.com, Jakarta - Udara adalah satu di antara sumber kehidupan yang paling penting bagi manusia dan makhluk lainnya. Namun, dalam beberapa dekade terakhir, kondisi udara kita telah mengalami penurunan kualitas yang signifikan akibat aktivitas manusia yang tidak ramah lingkungan.

Polusi udara telah menjadi masalah serius yang memengaruhi kesehatan manusia dan ekosistem secara luas di seluruh penjuru dunia.

Pelestarian udara adalah langkah-langkah yang harus diambil untuk memperbaiki kualitas udara dan meminimalkan dampak negatif polusi udara.

Ada beberapa contoh kegiatan pelestarian udara yang perlu dilakukan setiap orang. Hal ini menjadi tanggung jawab bersama agar udara tetap bersih dan sehat.

Berikut sembilan contoh kegiatan pelestarian udara yang wajib diketahui, seperti disadur dari Merdeka, Jumat (2/6/2023).

2 dari 4 halaman

Contoh Kegiatan Pelestarian Udara

Mengurangi Penggunaan Kendaraan Bermotor

Satu di antara penyebab kabut asap yang umum terjadi, yaitu berasal dari asap kendaraan bermotor. Asap kendaraan mengandung bahan kimia seperti nitrogen oksida, karbon monoksida, hidrokarbon, dan berbagai bahan yang mudah menguap lainnya.

Ketika beberapa bahan kimia tersebut bersentuhan dengan sinar matahari, akan timbul reaksi kimiawi yang mengubahnya menjadi kabut asap.

Umumnya, kabut asap yang berasal dari kendaraan bermotor ini sering ditemukan di beberapa negara dengan populasi kendaraan bermotor yang besar, tak terkecuali di Indonesia

Mengurangi Emisi

Contoh kegiatan pelestarian udara yang berikutnya, yaitu mengurangi emisi atau gas sisa pembakaran, baik pembakaran hutan maupun mesin. Sebab, asap kendaraan dan cerobong asap pabrik menjadi penyumbang terbesar kotornya udara, khususnya di wilayah perkotaan atau kawasan industri.

Satu di antara contoh kegiatan pelestarian udara yang bisa dilakukan adalah menggunakan bahan industri yang aman untuk lingkungan. Selain itu, pemasangan filter pada cerobong asap pabrik bisa dilakukan.

Mengurangi Penggunaan Gas Kimia

Mengurangi dan menghindari penggunaan gas-gas kimia adalah satu di antara contoh kegiatan pelestarian udara. Penggunaan gas kimia, seperti produk parfum, dapat merusak dan mencemari udara. Selain itu, hal ini akan merusak lapisan di atmosfer bumi.

Agar mendapatkan udara bersih, perlu untuk menghindari serta mengurangi penggunaan bahan gas kimia dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, gas kimia memang berbahaya bagi lapisan atmosfer dan ozon.

3 dari 4 halaman

Contoh Kegiatan Pelestarian Udara

Mengurangi Aktivitas Membakar dan Merokok

Contoh kegiatan pelestarian udara agar tetap bersih selanjutnya, yaitu mengurangi aktivitas membakar dan merokok.

Kegiatan membakar sampah di musim kemarau atau daun kering yang terbakar merupakan faktor penyebab pencemaran udara. Aktivitas merokok juga dapat memperburuk kualitas udara.

Maka itu, agar udara tetap bersih dan terhindar dari polusi, ada baiknya untuk mengurangi aktivitas membakar dan merokok. Dengan begitu, kualitas udara akan makin baik dan mengurangi polusi udara.

Hindari Penggunaan Bahan Kimia

Contoh kegiatan pelestarian udara selanjutnya, yaitu menghindari penggunaan produk dengan bahan kimia. Produk yang menggunakan bahan kimia atau berbau kuat, seperti cat atau parfum sebaiknya jangan digunakan di luar rumah.

Kamu juga harus mulai berkebun mulai dari sekarang. Jika kamu memiliki lahan di belakang rumah, pertimbangkan untuk memulai berkebun dengan menanam buah dan sayuran. Dengan begitu, udara di sekitarmu akan jauh lebih bersih.

Hindari Penggunaan Plastik

Mengurangi penggunaan plastik bisa menjadi satu di antara contoh kegiatan pelestarian udara agar tetap bersih. Penggunaan produk plastik, seperti kantong plastik, sangat berbahaya bagi lingkungan karena membutuhkan waktu lama untuk terurai.

Plastik sulit terurai karena bahannya terbuat dari minyak. Sebagai gantinya, bisa menggunakan kantong kertas yang merupakan alternatif yang lebih baik karena mudah terurai dan dapat didaur ulang.

4 dari 4 halaman

Contoh Kegiatan Pelestarian Udara

Penghijauan

Penghijauan menjadi satu di antara contoh kegiatan pelestarian udara yang efektif. Tanaman hijau di sekitar rumah berperan penting untuk menjaga udara tetap bersih dan terhindar dari polusi.

Selain itu, tanaman akan menancapkan akarnya ke dalam tanah sehingga lubang yang dihasilkan akar tersebut menjadi jalur air untuk masuk ke tanah lebih jauh. Dengan adanya tanaman di sekitar rumah, dapat melancarkan penyerapan air hujan yang akan menjauhkan lingkungan dari banjir.

Menghemat Listrik

Contoh kegiatan pelestarian udara lainnya, yaitu menghemat listrik. Cukup dengan mematikan lampu saat tidak digunakan, berperan penting untuk mengurangi polusi udara.

Sebab, energi yang diambil oleh lampu berkontribusi terhadap polusi udara sehingga konsumsi listrik yang lebih sedikit bisa menghemat energi sekaligus membuat polusi berkurang.

Naik Transportasi Umum

Contoh kegiatan pelestarian udara selanjutnya, yaitu naik transportasi umum. Dengan menggunakan transportasi umum atau carpooling, dapat meminimalkan polusi udara.

Selain itu, naik transportasi umum, seperti kereta atau bus, akan menghasilkan polusi ozon beberapa kali lebih banyak dan emisi CO2 hingga 30 kali.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Jevi Nugraha. Published: 30/9/2022)

Yuk, baca artikel contoh dalam tema lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer