Sukses


5 Contoh Kata Pengantar untuk Kliping yang Bisa Dijadikan Referensi

Bola.com, Jakarta - Pada pelajaran bahasa Indonesia SD, SMP, hingga SMA kita akan diajari cara membuat kliping.

Kliping bisa diartikan sebuah sumber informasi yang terbuat dari berbagai potongan atau guntingan yang diambil dari sejumlah sumber. Misalnya majalah, koran, tabloid, dan media massa lainnya.

Setelah dikumpulkan, nantinya potongan tersebut disusun secara rapi dan sedemikian rupa sesuai tema yang diinginkan di selembar kertas, karton, atau buku tulis menggunakan lem.

Adapun tujuan membuat kliping yaitu untuk menggabungkan berbagai informasi mengenai suatu topik tertentu hingga menjadi satu.

Kliping terdiri dari beberapa struktur, dan satu di antara bagian yang penting dalam sebuah karya tulis kliping ialah kata pengantar.

Kendati begitu, masih banyak orang kebingungan membuat kata pengantar yang baik dan benar ketika ditugaskan membikin kliping.

Untuk mengatasi kesulitan tersebut, kamu bisa menyimak beberapa contoh kata pengantar untuk tugas kliping pada artikel ini.

Berikut ini lima contoh kata pengantar untuk kliping yang bisa dijadikan referensi, dikutip dari laman Gurupendidikan dan Made-blog, Jumat (2/6/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Contoh Kata Pengantar untuk Kliping 1

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya sehingga tugas kliping Bahasa Indonesia ini dapat tersusun.

Kliping Bahasa Indonesia ini kami buat untuk memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kliping ini berisi tentang Seni dan Budaya Indonesia.

Semoga kliping ini bisa memberikan manfaat kita semua, terutama bagi kami. Kami menyadari bahwa kliping ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan kliping ini.

Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan kliping ini dari awal sampai akhir. Apabila ada kekeliruan kata atau kalimat, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

 

Purworejo, 5 Januari 2021

Penyusun

3 dari 6 halaman

Contoh Kata Pengantar untuk Kliping 2

Puji syukur saya ucapkan atas ke hadirat Allah Swt. karena dengan rahmat dan karunia-Nya saya masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan kliping ini. Tidak lupa saya ucapkan kepada dosen pembimbing dan teman-teman yang telah memberikan dukungan dalam menyelesaikan kliping ini.

Penulis menyadari bahwa dalam pembuatan kliping ini masih banyak kekurangan, oleh sebab itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Dan semoga dengan selesainya kliping ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman.

 

Gorontalo, 8 Oktober 2010

Penulis

4 dari 6 halaman

Contoh Kata Pengantar untuk Kliping 3

Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena pertolongan-Nya, kliping ini dapat selesai. Terima kasih saya ucapkan untuk Pak Budi selaku guru yang membimbing pembuatan kliping ini.

Tak lupa kepada kedua orang tua saya. Doa dan dukungan mereka sangat besar dalam menunjang keberhasilan saya saat ini.

Kliping mengenai kebudayaan Indonesia dilaksanakan untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia. Kebudayaan merupakan ciri khas bangsa yang harus dilestarikan. Harapannya adalah kebudayaan Indonesia dapat lestari, walaupun saat ini digerus masuknya budaya asing ke Nusantara.

Akhirnya dengan selesainya kliping ini dapat menjadi media informasi untuk pembaca yang ingin mempelajari budaya Indonesia. Kritik dan saran membangun saya harapkan demi kebaikan. Semoga budaya kita dapat tetap menjadi ciri khas bangsa.

 

Jakarta, 11 Januari 2019

Penulis

5 dari 6 halaman

Contoh Kata Pengantar untuk Kliping 4

Segala puji bagi Allah Swt. yang telah melimpahkan segala rahmat-Nya kepada penyusun sehingga penyusun dapat menyelesaikan tugas keliping "Olahraga".

Adapun penyusunan keliping ini ditujukan untuk memenuhi kewajiban kami sebagai siswa dalam melengkapi satu di antara tugas mata pelajaran Penjaskes.

Penyusun menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan, meski kami telah berusaha semaksimal mungkin sesuai kemampuan kami. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan.

Semoga dengan adanya makalah ini dapat menambah wawasan bagi kami pada khususnya dan bagi pambaca pada umumnya.

 

Ketapang, 5 Januari 2019

Penyusun

6 dari 6 halaman

Contoh Kata Pengantar untuk Kliping 5

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, taufik dan hidayah-Nya sehingga kelompok saya dapat menyelesaikan penyusunan kliping berjudul "Pelanggaran HAM" dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga kliping ini dapat dipergunakan sebagai satu di antara media pembelajaran.

Harapan saya, semoga kliping ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi kliping ini sehingga ke depannya dapat lebih baik.

Kliping ini saya akui masih banyak kekurangan karena. Oleh kerena itu, saya harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan kliping ini.

 

Cimanggu, 5 Januari 2020

Penyusun

 

Sumber: Gurupendidikan, Made-blog

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer