Sukses


3 Fakta Menarik Usai Maximilian Gunther Juara Formula E Jakarta 2023: Sejarah di Ancol!

Bola.com, Jakarta - Pembalap Maserati MSG Racing, Maximilian Gunther, meraih gelar juara pada balapan kedua Formula E 2023 Jakarta yang digelar di Jakarta International e-Prix Circuit, Ancol, Jakarta, Minggu (4/6/2023) sore WIB. Maximilian Gunther finis dengan catatan waktu 44 menit 57,285 detik.

Maximilian Gunther menjadi yang tercepat di Formula E 2023 Jakarta setelah melahap 38 lap. Pembalap asal Jerman itu unggul +2,822 detik dari Jake Dennis (Avalanche Andretti Formula E) yang finis kedua.

Adapun Mitch Evans (Jaguar TCS Racing) melengkapi podium ketiga. Pembalap asal Selandia Baru itu selisih 18,498 detik dari Maximilian Gunther.

Sejumlah fakta menarik mengiringi kemenangan Maximilian Gunther di Formula E 2023 Jakarta. Lantas, apa saja fakta menarik yang terjadi?

2 dari 4 halaman

Kemenangan Perdana

Kemenangan di Jakarta International e-Prix Circuit menjadi yang pertama buat Maximilian Gunther. Ini merupakan prestasi terbaik yang pernah dicapai sejauh ini oleh Gunther di Formula E 2023.

Sebelumnya, Gunther hanya mampu finis ketiga pada dua edisi Formula E 2023. Pencapaian itu diraih pada balapan perdana di Berlin dan Jakarta.

Gunther juga menjadi pembalap perdana Maserati MSG Racing yang jadi juara pada Formula E 2023. Ini menjadi bukti adanya peningkatan kualitas dari mobil garapan pabrikan asal Monako itu.

3 dari 4 halaman

Pembalap Ketiga

Maximilian Guenther menjadi pembalap ketiga yang berhasil menjadi juara di Formula E edisi Jakarta. Tahun lalu, Mitch Evans yang berhasil menjadi juara di Jakarta International e-Prix Circuit.

Kemudian ada Pascal Wehrlein (TAG Heuer Porsche Formula E Team) yang meraih juara pada balapan pertama Formula E 2023 Jakarta. Pada balapan kedua, Wehrlein harus puas finis di urutan keenam.

Maximilian Gunther berhasil menjadi juara setelah meraih pole position pada balapan tersebut. Adapun pencapaian rekor lap tercepat dimiliki Jake Dennis (Avalanche Andretti Formula E) dengan catatan 1 menit 9,171 detik.

4 dari 4 halaman

Cetak Sejarah

Kemenangan Maximilian Guenther juga sangat berarti buat pabrikan Maserati. Maximilian Guenther menjadi pembalap pertama sejak 66 tahun yang mengantar mobil Maserati ke podium teratas. 

Pembalap terakhir Maserati yang berhasil meraih gelar juara pada balapan single seaters adalah Juan Manuel Fangio. Prestasi itu diraih pada balapan di Nurburgring, Jerman, pada 1957.

Tambahan 25 poin membuat Maximilian Guenther kini berada di peringkat ketujuh klasemen sementara Formula E 2023. Maximilian Guenther mengoleksi 70 poin atau terpaut 54 poin dari Pascal Wehrlein di puncak klasemen.

Video Populer

Foto Populer