Sukses


7 Cara Mengirimkan Doa untuk Orang yang Telah Meninggal

Bola.com, Jakarta - Satu di antara momen yang paling sulit dalam kehidupan kita adalah saat kita kehilangan orang yang kita cintai. Mengirim doa untuk orang yang sudah meninggal sangat dianjurkan bagi yang masih hidup.

Doa adalah cara yang penuh rasa kasih dan penuh arti untuk menghormati dan mengenang orang yang telah pergi.

Doa juga dapat menjadi sarana untuk menenangkan pikiran dan hati kita sendiri saat kita merasakan kehilangan yang mendalam.

Cara mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal juga sering diajarkan oleh para ulama. Tergantung bagaimana sikap kita mau mengamalkan doa itu atau tidak.

Sebab, saudara atau orang terdekat lainnya yang sudah meninggal tentu sangat mengharapkan doa-doa dari kita yang masih hidup di dunia.

Bagi umat muslim yang ingin mendoakan keluarga, saudara, dan kerabat yang sudah meninggal, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Berikut cara mengirimkan doa untuk orang yang telah meninggal, disadur dari Dream, Senin (5/6/2023).

2 dari 5 halaman

Cara Mengirimkan Doa untuk Orang yang Telah Meninggal

1. Berdoa Ketika Mendengar Kabar Duka

Mendengar kabar duka dari orang-orang terdekat tentu membuat kita bersedih. Kehilangan orang-orang terdekat sangat berat dirasakan.

Namun, sebaiknya jangan hanya bersedih, berdoalah ketika mendengar kabar duka tersebut. Saat mendengar kabar duka, segeralah menyebut nama Allah Swt. Kemudian dilanjutkan dengan memanjatkan doa dengan mengucapkan innalillaahi wa inna ilaihi rojiuun.

Dengan mengucap doa tersebut saat mendengar kabar duka, menunjukkan bahwa kita hanyalah manusia yang bisa pasrah dan menerima keputusan Allah tentang kematian.

2. Sebut Nama Orang yang Sudah Meninggal

Cara mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal selanjutnya adalah dengan menyebut nama almarhum atau almarhumah saat memanjatkan doa.

Agar doa itu bisa sampai kepada orang yang sudah meninggal, lebih baik sebutkanlah nama lengkapnya.

Hal ini seperti kata Ibnu Sholah, "Dan hendaklah ia memperjelas dengan doanya itu, kalau ia berdoa untuk si Fulan".

3 dari 5 halaman

Cara Mengirimkan Doa untuk Orang yang Telah Meninggal

3. Bacakan Surah Al-Fatihah

Cara mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal selanjutnya adalah dengan membacakan surah Al-Fatihah.

Surah Al-Fatihah memiliki banyak keutamaan, sampai-sampai dinyatakan dalam sebuah riwayat bahwa pahala membaca surah Al-Fatihah adalah sebagaimana niat pembacanya.

Seseorang yang membaca surah Al-Fatihah untuk orang yang meninggal biasanya mengajukan permohonan pengampunan dan ganjaran bagi orang yang didoakan.  

Al-Qur’an memerintahkan manusia untuk mendoakan orang-orang yang telah meninggal dunia.

Seperti kata Quraish Shihab, "Anda benar bahwa surah Al-Fatihah dibutuhkan oleh orang yang hidup. Namun, mengakhiri doa sesuai tuntunan Allah dan Rasul-Nya juga dibutuhkan oleh orang yang telah meningggal dunia."

4. Doa Saat Mendengar Kabar Duka

Setelah mengetahui cara mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal, kamu juga bisa mengucapkan doa berikut saat mendengar kabar duka.

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, wa inna ila rabbina lamunqalibun, allahummaktubhu 'indaka fil muhsinin, waj'al kitabahu fi 'illiyyiin, wakhlufhu fi ahlihi fil ghabirin, wa la tahrimnaa ajrahu wala taftinna ba'dahu.

Artinya:

"Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali. Dan sesungguhnya kepada Tuhan kamilah kami kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisi-Mu termasuk golongan orang-orang yang baik. Jadikanlah catatannya di 'illiyyin. Gantilah ia di keluarganya dari orang-orang yang meninggalkan. Janganlah Engkau haramkan bagi kami pahalanya dan janganlah Engkau beri fitnah kepada kami sesudahnya."

4 dari 5 halaman

Cara Mengirimkan Doa untuk Orang yang Telah Meninggal

5. Doa untuk Orang yang Meninggal Dunia

Selain doa itu, kamu juga bisa membaca doa ini saat ada orang laki-laki yang meninggal dunia:

Allaahummaghfir lahu warham hu wa’aafi hii wa’fu anhu wa akrim nuzula hu wa wassi’ madkhola hu waghsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adkhil hul jannata wa ‘aidz hu min ‘adzaabil qobri wa fitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya:

"Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke surga, dan lindungilah dari siksa kubur serta fitnahnya, dan dari siksa api neraka."

6. Doa Tahlil untuk Orang yang Sudah Meninggal

Selain bacaaan doa di atas, kamu juga boleh membaca doa tahlil untuk orang yang sudah meninggal. Doa-doa berikut ini juga termasuk cara mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal.

الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ حَمْدًا يُّوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِىءُ مَزِيْدَهُ، يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلَالِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ، سُبْحَانَكَ لَا نُحْصِى ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ، فَلَكَ الحَمْدُ قَبْلَ الرِّضَى وَلَكَ الحَمْدُ بَعْدَ الرِّضَى وَلَكَ الحَمْدُ إِذَا رَضِيْتَ عَنَّا دَائِمًا أَبَدًا

Artinya:

"Aku berlindung kepada Allah dari setan yang dilontar. Dengan nama Allah yang maha pengasih, lagi maha penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam sebagai pujian orang yang bersyukur, pujian orang yang memperoleh nikmat sama memuji, pujian yang memadai nikmat-Nya, dan pujian yang memungkinkan tambahannya. Tuhan kami, hanya bagi-Mu segala puji sebagaimana pujian yang layak bagi kemuliaan dan keagungan kekuasaan-Mu. Maha suci Engkau, kami tidak (dapat) menghitung pujian atas diri-Mu sebagaimana Kaupuji diri sendiri. Hanya bagi-Mu pujian sebelum rida. Hanya bagi-Mu pujian setelah ridha. Hanya bagi-Mu pujian ketika Kau meridai kami selamanya."

5 dari 5 halaman

Cara Mengirimkan Doa untuk Orang yang Telah Meninggal

7. Doa untuk Kelapangan Kubur

Berikut doa untuk kelapangan kubur:

اللَّهُمَّ اِنَّهُ نَزَلَ بِكَ وَاَنْتَ خَيْرُ مَنْزُوْلٍ بِهِ وَاَصْبَحَ فـَـقِـيْرًا اِلـَى رَحْمَتِكَ، وَاَنْتَ غَنِيٌّ عَنْ عَذَابِهِ وَقـَـدْ جِئْنَاكَ رَاغِبِيْنَ اِلـَـيْكَ شُفـَـعَاءَ لـَـهُ، اللـّٰهُمَّ اِنْ كَانَ مُحْسِنًا فَزِدْ فِيْ اِحْسَانِهِ وَاِنْ كـَانَ مُسِيْئًا فَتَجَاوَزْ عَنْهُ وَلـَـقـِّـهِ بِرَحْمَتِكَ رِضَاكَ وَقِهِ فِتْنَةَ اْلقـَـبْرِ وَعَــَذابَهُ وَافْسَحْ لـَـهُ فِيْ قـَــبْرِهِ وَجَافِ اْلاَرْضَ عَنْ جَنْبَيْهِ وَلـَــقـِّـهِ بِرَحْمَتِكَ اْلاَمْنَ مِنْ عَذَابِكَ حَتَّى تَبْعَثَــهُ آمِنًا اِلـَى جَنَّتِكَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Artinya:

"Ya Allah, dia kembali kepada-Mu. Engkau adalah sebaik-baik tempat kembali. Ia membutuhkan rahmat-Mu. Sementara Engkau tidak perlu menyiksanya. Kami mendatangi-Mu seraya mengharap kepada-Mu agar dapat memberikan syafa’at baginya. Ya Allah, jika ia orang baik maka tambahkanlah kebaikannya. Jika ia orang jahat maka maafkanlah keburukannya. Pertemukan ia dan rida-Mu berkat rahmat-Mu. Peliharalah ia dari fitnah dan azab kubur. Lapangkanlah kuburnya. Jauhkanlah dinding bumi dari kedua sisi badannya. Pertemukanlah ia dan keamanan berkat rahmat-Mu dari azab-Mu hingga Engkau membangkitkannya dalam keadaan aman menuju surga-Mu berkat rahmat-Mu, wahai Zat Yang Maha Pengasih."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 4/11/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer