Sukses


Manfaat Mendoakan Orang yang Sudah Meninggal, Ketahui Hukumnya

Bola.com, Jakarta - Setiap individu pada akhirnya akan meninggal dunia. Mendoakan mereka yang telah meninggal menjadi satu di antara cara untuk mengenang dan menghormati mereka yang telah berpulang.

Pada dasarnya, tujuan mendoakan orang yang sudah meninggal adalah untuk memberikan penghormatan, mengungkapkan rasa cinta, dan memohonkan keberkahan serta ampunan bagi mereka di kehidupan setelah mati.

Cara mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal juga sering diajarkan oleh para ulama. Tergantung bagaimana sikap kita mau mengamalkan doa itu atau tidak.

Sebab, saudara atau orang terdekat lainnya yang sudah meninggal tentu sangat mengharapkan doa-doa dari kita yang masih hidup di dunia.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai mendoakan seseorang yang sudah meninggal, kamu bisa membaca landasan hukum dan manfaat jika melakukannya.

Berikut hukum dan manfaat mendoakan orang yang sudah meninggal, disadur dari Dream, Selasa (6/6/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Hukum Mendoakan Orang yang Sudah Meninggal

Islam menganjurkan umatnya untuk selalu peduli dengan sesamanya. Termasuk kepada saudara muslim yang meninggal dunia.

Bentuk kepedulian itu bisa ditujukan dengan mendoakan orang yang meninggal tersebut. Bahkan hal ini sangat dianjurkan dalam agama Islam.

Imam al-Nawawi dalam al-Adzkar juga mengatakan bahwa para ulama sudah bersepakat tentang doa yang dibacakan kepada orang yang sudah meninggal, di mana pahala dan manfaatnya bisa sampai kepada mereka.

Pendapat ini juga diperkuat dengan adanya dalil berikut:

Surat Al-Hasyr Ayat 10

Dalil yang pertama adalah berasal dari Al-Qur'an melalui surah Al-Hasyr ayat 10 berikut ini:

وَالَّذِيْنَجَاۤءُوْمِنْۢبَعْدِهِمْيَقُوْلُوْنَرَبَّنَااغْفِرْلَنَاوَلِاِخْوَانِنَاالَّذِيْنَسَبَقُوْنَابِالْاِيْمَانِوَلَاتَجْعَلْفِيْقُلُوْبِنَاغِلًّالِّلَّذِيْنَاٰمَنُوْارَبَّنَآاِنَّكَرَءُوْفٌرَّحِيْمٌࣖ

Artinya: "Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Ansar), mereka berdoa, 'Ya Tuhan kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau tanamkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, Sungguh, Engkau Maha Penyantun, Maha Penyayang'."(QS. Al-Hasyr: 10)

Hadis Nabi

Dalil yang kedua adalah berasal dari Nabi Muhammad saw. yang ketika hidup pernah membacakan doa untuk seorang muslim yang meninggal dunia. Berikut bacaannya:

اللهم اغفر لأهل البقيع الغرقد

Artinya: "Ya Allah ampunilah dosa ahlul Baqi’ al-Gharqad."

Melalui kedua dalil di atas, dapat disimpulkan bahwa mendoakan orang yang sudah meninggal dunia adalah bentuk perbuatan yang sangat dianjurkan dalam Islam.

Maka itu, penting untuk mendoakan orang yang sudah meninggal, baik itu anggota keluarga, maupun saudara sesama muslim. Dengan begitu, Allah Swt. akan memberikan keringanan dosa dan akan memberikan tempat yang terbaik di akhirat.

3 dari 3 halaman

Manfaat Mendoakan Orang yang Sudah Meninggal

Berdoa adalah bagian dari perintah agama Islam kepada setiap umatnya. Tidak hanya berdoa untuk diri sendiri dan orang lain saja, tetapi juga berdoa untuk orang yang sudah meninggal dunia.

Hal ini karena mendoakan orang meninggal memiliki manfaat yang sangat istimewa. Dalam sebuah hadis Abu Darda, Rasulullah saw. bersabda:

"Tidaklah seorang muslim mendoakan saudaranya ketika (orang yang didoakan itu) tidak ada kecuali para malaikat akan mengatakan, 'Bagi kamu juga seperti itu'."(HR. Muslim)

Orang yang sudah meninggal diibaratkan sebagai orang yang tenggelam, di mana ia meminta pertolongan yang dalam hal ini ada berupa doa.

Doa-doa tersebut sangat mereka nantikan sebagai penolong. Doa itu bisa datang dari keturunannya, saudara, maupun teman. Rasulullah saw. pun bersabda:

"Siapa menolong mayit dengan membacakan ayat-ayat Al-Qur'an dan zikir Allah akan memastikan surga baginya."(HR. Ad-Darimy dan Nasa’i dari Ibnu Abbas).

Dengan mendoakan orang yang sudah meninggal maka ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan, yakni sebagai berikut:

  • Mayit bisa mendapatkan manfaat dari amal yang sudah dilakukan saat ia masih hidup di dunia.
  • Bacaan doa dan istighfar yang dikirimkan dari sesama umat Islam untuk si mayit bisa memberikan manfaat yang sangat istimewa. Di mana doa tersebut adalah hadiah yang sangat besar untuk orang yang sudah meninggal.

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 4/11/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer