Sukses


Contoh Kiamat Sugra beserta Dalil yang Menyertainya

Bola.com, Jakarta - Kiamat adalah satu di antara rukun iman dalam Islam. Seorang muslim yang beriman wajib memercayai kedatangan kiamat atau hari akhir agar terus memacu dirinya untuk selalu berbuat kebaikan.

Islam membagi kiamat menjadi dua, yaitu kiamat kubra dan kiamat sugra. Kiamat kubra adalah kiamat yang hanya akan terjadi sekali, sedangkan kiamat sugra dapat terjadi beberapa kali dalam kehidupan.

Secara lebih terperinci, kiamat sugra adalah matinya setiap individu manusia dan bisa juga berupa bencana-bencana alam. Sedangkan, kiamat kubra adalah hancur dan berakhirnya seluruh fisik dan hukum dunia fana.

Kiamat sugra memiliki fungsi yang penting dalam kehidupan umat muslim. Contoh kiamat sugra seperti kematian dan bencana alam berfungsi agar umat Islam selalu mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Agar lebih paham lagi, berikut contoh kiamat sugra beserta dalilnya, disadur dari Liputan6, Kamis (8/6/2023).

2 dari 3 halaman

Dalil Kiamat Sugra

1. Ar Rahman, ayat 26-27

كُلُّ مَنْ عَلَيْهَا فَانٍۖ وَّيَبْقٰى وَجْهُ رَبِّكَ ذُو الْجَلٰلِ وَالْاِكْرَامِۚ٢٦

Semua yang ada di atasnya (bumi) itu akan binasa. (Akan tetapi,) wajah (zat) Tuhanmu yang memiliki kebesaran dan kemuliaan tetap kekal.

2. Ali Imran, ayat 185

كُلُّ نَفْسٍ ذَاۤىِٕقَةُ الْمَوْتِۗ وَاِنَّمَا تُوَفَّوْنَ اُجُوْرَكُمْ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ ۗ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَاُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا الْحَيٰوةُ الدُّنْيَآ اِلَّا مَتَاعُ الْغُرُوْرِ

Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Hanya pada hari Kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasanmu. Siapa yang dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh dia memperoleh kemenangan. Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya.

3. Al-Araf ayat 51-52 

الَّذِيْنَ اتَّخَذُوْا دِيْنَهُمْ لَهْوًا وَّلَعِبًا وَّغَرَّتْهُمُ الْحَيٰوةُ الدُّنْيَاۚ فَالْيَوْمَ نَنْسٰىهُمْ كَمَا نَسُوْا لِقَاۤءَ يَوْمِهِمْ هٰذَاۙ وَمَا كَانُوْا بِاٰيٰتِنَا يَجْحَدُوْنَ

51. (yaitu) orang-orang yang menjadikan agamanya sebagai permainan dan senda gurau, dan mereka telah tertipu oleh kehidupan dunia. Maka pada hari ini (Kiamat), Kami melupakan mereka sebagaimana mereka dahulu melupakan pertemuan hari ini, dan karena mereka mengingkari ayat-ayat Kami.

وَلَقَدْ جِئْنٰهُمْ بِكِتٰبٍ فَصَّلْنٰهُ عَلٰى عِلْمٍ هُدًى وَّرَحْمَةً لِّقَوْمٍ يُّؤْمِنُوْنَ

52. Sungguh, Kami telah mendatangkan Kitab (Al-Qur'an) kepada mereka, yang Kami jelaskan atas dasar pengetahuan, sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.

Al Hajj, ayat 7

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ

Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur.

3 dari 3 halaman

Contoh Kiamat Sugra

- Kematian

- Bencana alam seperti gunung meletus, banjir, kebakaran hutan, tanah longsor, badai, dan lain-lain.

- Mewabahnya penyakit menular

- Fitnah merajalela

- Lenyapnya ilmu pengetahuan.

- Diserahkannya urusan kepada orang yang bukan ahlinya.

- Maraknya perzinaan

- Adanya kematian yang mendadak.

- Sebagian orang menjadi murtad

- Lebih banyak jumlah wanita dibanding lelaki

- Banyaknya peminum khamar

-Lunturnya kejujuran

-Bermunculan nabi-nabi palsu

- Masjidil haram dihancukan

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Fitriyani Puspa Samodra, Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 9/12/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer