Sukses


Jenis-Jenis Influencer yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Influencer adalah orang yang memiliki followers atau pengikut dalam jumlah besar dan memiliki dampak yang besar bagi publik.

Digital influencer adalah kemampuan untuk memengaruhi, mengubah pendapat, dan perilaku secara online. Sederhananya, influencer adalah mereka yang memberikan pengaruh di media sosial.

Dalam pemasaran, satu di antara strategi pemasaran adalah influencer, yang berperan untuk memberikan pengaruh dengan karakter influencer itu sendiri, mengubah opini dan mengubah perilaku audiensnya secara online.

Dengan memenuhi tugasnya, influencer biasanya menerima promosi yang disetujui. Advokasi atau endorsement adalah promosi atau iklan yang dilakukan oleh figur publik, termasuk influencer.

Agar lebih paham lagi, berikut jenis-jenis influencer, dilansir dari laman Dailysocial, Kamis (8/6/2023).

2 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Influencer

A. Jenis Influencer Berdasarkan Jumlah Followers

• Influencer Mikro

Influencer mikro adalah seseorang yang memiliki sekitar 10.000 followers. Influencer mikro digunakan secara efektif untuk mempromosikan produk.

Kekuatan influencer mikro adalah keterlibatan mereka dengan pengikut mereka. Dengan memahami pengikutnya, influencer mikro mampu membuat konten yang lebih relevan dengan pengikutnya.

• Influencer Makro

Influencer makro adalah influencer dengan lebih dari 100.000 followers. Umumnya influencer makro adalah orang-orang yang dikenal luas, meski tidak setenar selebritas.

Dengan jumlah followers yang banyak, influencer makro memiliki kemungkinan untuk mempromosikan produk ke lebih banyak orang. Selain itu, penggunaan influencer makro bisa membuat produk atau brand terlihat eksklusif.

• Influencer Premium

Influencer premium adalah influencer terbaik dengan followers terbanyak. Influencer premium adalah influencer dengan jutaan pengikut.

Persentase pembelian produk melalui rekomendasi dari top influencer mungkin tidak setinggi influencer lainnya, tetapi tetap menjanjikan karena jangkauan postingan dari influencer premium sangat besar.

3 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Influencer

B. Jenis Influencer Berdasarkan Media yang Digunakan

Selebgram

Selebgram atau selebritis Instagram adalah figur publik yang menggunakan media sosial Instagram sebagai alat untuk mempromosikan produk. Selebgrams menggunakan popularitasnya untuk menjalankan iklan dalam kemitraan dengan merek perusahaan.

Contoh Selebgram di Indonesia adalah Rachel Venya, Awkarin, Fadil Jaidi, dan masih banyak lagi.

YouTuber

Pengguna YouTube adalah orang yang mengunggah video dengan informasi, termasuk informasi produk, untuk pengguna YouTube. Peran youtuber cukup besar, karena lebih dari 90 persen pengguna internet mempelajari produk baru melalui youtube.

Bermitra dengan YouTuber yang memiliki followers banyak, bisa membawa suatu produk menjadi perhatian penonton.

Contoh YouTuber di Indonesia adalah Atta Halilintar, Deddy Corbuzier, Ria Ricis, dan masih banyak lagi lainnya.

Blogger

Seorang blogger adalah seseorang yang memiliki dan memelihara sebuah blog. Beberapa blog digunakan untuk membuat ulasan produk dengan ulasan berbeda. Ketika seorang blogger merekomendasikan suatu produk, itu menarik pembaca untuk mencoba produk tersebut.

Contoh blogger di Indonesia adalah Sonia Eryka dan Julia Marius (anakjajan.com).

 

Sumber: Dailysocial

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer