Sukses


Cara Mudah Cek Cuaca Hari Ini, Bisa di mana Saja dan Kapan Saja

Bola.com, Jakarta - Cuaca merupakan satu di antara faktor yang dapat memengaruhi aktivitas dan keputusan kita sehari-hari. Mengetahui perkiraan cuaca dengan akurat penting untuk perencanaan kegiatan, seperti perjalanan, olahraga, atau bahkan pemilihan pakaian yang tepat.

Di era digital seperti saat ini, kita memiliki akses ke berbagai sumber informasi cuaca yang dapat diakses dengan cepat, mudah, dan bisa dari mana saja. 

Satu di antara cara yang paling umum adalah dengan menggunakan aplikasi cuaca di smartphone. Ada banyak aplikasi cuaca yang tersedia di toko aplikasi, dan sebagian besar dari mereka menawarkan informasi terperinci tentang kondisi cuaca saat ini.

Cuaca memang memengaruhi kita dalam banyak hal. Perubahan cuaca sehari-hari bahkan juga dapat memengaruhi perasaan kita dan cara kita memandang dunia.

Cuaca buruk, seperti mendung, berangin, atau badai, dapat menimbulkan kekhawatiran dan rasa cemas bagi beberapa orang.

Berikut cara mudah cek cuaca hari ini, bisa di mana saja dan kapan saja, seperti disadur dari Merdeka, Jumat (9/6/2023).

2 dari 4 halaman

Apa Itu Cuaca?

Istilah cuaca mengacu pada kondisi sementara pada atmosfer, yaitu lapisan udara yang mengelilingi Bumi.

Orang-orang mungkin menganggap cuaca sebagai keadaan atmosfer di wilayah kita sendiri. Padahal, cuaca bekerja sama seperti saat kita menjatuhkan kerikil ke dalam air. Riak-riak yang dihasilkannya dapat memengaruhi bagian air lain yang jauh dari tempat kerikil itu dijatuhkan.

Hal yang sama terjadi dengan cuaca di seluruh dunia. Cuaca di wilayahmu pada akhirnya akan memengaruhi cuaca pada wilayah lain yang letaknya ratusan hingga ribuan kilometer jauhnya.

Cuaca tidak hanya tinggal di satu tempat. Namun, juga bergerak dan berubah dari jam ke jam atau hari ke hari. Selama bertahun-tahun, kondisi cuaca tertentu ini menjadi cuaca yang akrab di suatu daerah.

Cuaca rata-rata di wilayah tertentu, serta variasi dan tingkat ekstremnya yang telah terjadi selama bertahun-tahun, disebut dengan iklim.

3 dari 4 halaman

Cara Mudah Cek Cuaca Hari Ini

Ada beberapa cara untuk cek cuaca hari ini. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah menyediakan berbagai platform untuk membantu kamu mendapatkan info tentang prakiraan cuaca.

Mulai website, aplikasi, hingga media sosial seperti Twitter,  kamu bisa mengamati prakiraan cuaca hari ini dari BMKG.

Selain bisa digunakan untuk cek cuaca hari ini, info prakiraan cuaca dari BMKG membantu kita melihat bagaimana kualitas udara di suatu wilayah. Dalam aplikasi BMKG, juga terdapat informasi peringatan terkait cuaca dan kondisi alam lainnya.

Selain melalui info BMKG, kamu bisa mengecek cuaca hari ini lewat smartphone-mu dengan memasang aplikasi cuaca, di antaranya:

AccuWeather

AccuWeather merupakan satu di antara aplikasi untuk mengecek cuaca sekitar yang populer. Aplikasi ini akan memberikan informasi bagi penggunanya terkait cuaca hari ini dan prakiraan cuaca yang akan datang.

Menariknya, aplikasi ini juga akan memberikan pemberitahuan atau peringatan apabila terjadi cuaca buruk di lokasi sesuai keberadaan penggunanya.

Selain itu, AccuWeather bisa digunakan di platform iOS, tersedia dalam dua versi, yakni versi yang gratis, tetapi berisi iklan, dan versi berbayar tanpa iklan dengan biasa sekitar Rp41 ribu.

Weather & Radar

Aplikasi cuaca yang satu ini akan memberikan informasi prakiraan cuaca hingga dua minggu ke depan. Sama seperti aplikasi cuaca lainnya, Weather & Radar akan memberikan kamu informasi seputar kelembapan udara, tekanan udara, dan hal lainnya.

Tak hanya itu, Weather & Radar dilengkapi dengan fitur radar untuk mengetahui kondisi cuaca di berbagai belahan dunia lain.

Kelebihan lain dari aplikasi ini, adalah fitur untuk melakukan swafoto dengan latar belakang sesuai kondisi cuaca.

4 dari 4 halaman

Cara Mudah Cek Cuaca Hari Ini

Morecast

Morecast adalah aplikasi cek cuaca yang memiliki interface yang akurat. Aplikasi ini memiliki desain yang menarik dengan tata letak daftar informasi yang dibuat vertikal sehingga dapat lebih mudah dipahami oleh para pengguna.

Ketika menggunakan Morecast, tampilan layar paling depan akan menampilkan kondisi cuaca saat ini dan real time. Selain itu, kamu bisa melihat cuaca secara terperinci dengan melihat keterangan di bawahnya.

Weather- The Weather Channel

Sama seperti aplikasi lainnya, Weather- The Weather Channel juga menyediakan informasi terkait prakiraan cuaca. Aplikasi ini diklaim memiliki layanan terbaik.

Para pengguna dikatakan dapat mengetahui berbagai informasi dalam aplikasi tersebut, dari prakiraan cuaca curah hujan, keadaan terkini, laporan aktivitas hingga kondisi lalu lintas.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Andre Kurniawan. Published: 29/11/2022)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer