Sukses


Menpora Bangga Indonesia Raih Juara Umum ASEAN Para Games 2023, Pencapaian dengan 11 Rekor Baru

Bola.com, Phnom Penh - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, merasa bangga dengan keberhasilan kontingen Indonesia yang meraih keberhasilan telak di ajang ASEAN Para Games 2023.

Sebab, Menpora menegaskan bahwa kontingen Indonesia dipastikan meraih status juara umum secara telak di ASEAN Para Games 2023 ini. Perolehan medalinya di semua kategori menjadi yang tertinggi, baik itu emas, perak, dan perunggu.

Sampai Kamis (8/6/2023), kontingen Indonesia tercatat sudah mengumpulkan 133 emas, 132 perak, dan 76 perunggu. C

“Perolehan ini sangat hebat. Sebab, kita tidak hanya terbanyak dalam medali emas, tetapi untuk perak dan perunggu perolehan kita juga terbanyak,” kata Dito Ariotedjo dalam sesi konferensi pers, Kamis (8/6/2023).

2 dari 3 halaman

Rekor Baru

Tak hanya menyabet medali emas, perak, dan perunggu terbanyak, kontingen Indonesia juga berhasil memecahkan sejumlah rekor pada ajang ASEAN Para Games 2023 yang berlangsung di Phnom Penh, Kamboja, ini.

Dito menjelaskan, setidaknya seluruh rekor itu terbagi pada dua cabang olahraga, yakni Para Powerlifting dan Para Swimming.

“Jadi ini juara umum yang paripurna. Benar-benar paripurna. Dalam ASEAN Para Games 2023, kontingen Indonesia juga memecah rekor sebanyak 15 nomor,” ujar Dito.

“Empat nomor disumbangkan dari Para Powerlifting dan 11 nomor dari Para Swimming. Ini adalah suatu lonjakan yang sangat hebat dan membanggakan bagi perkembangan Paralympic di Indonesia,” imbuhnya.

3 dari 3 halaman

Apresiasi dari Pemerintah

Dito pun mewakili Presiden Joko Widodo memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada seluruh atlet Indonesia yang telah berjuang untuk mengharumkan nama bangsa dan negara di ASEAN Para Games 2023.

Pasalnya, catatan perolehan medali ini menjadi rekor baru yang diciptakan Indonesia. Jumlah medali ini menjadi yang terbanyak dalam sejarah keikutsertaan Indonesia di ajang ASEAN Para Games di luar sebagai tuan rumah.

“Saya sebagai wakil pemerintah mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada NPC dan juga Ketua Kontingen yang sudah memberikan support,” ujar lelaki berusia 32 tahun tersebut.

“Ini menjadi tonggak sejarah perolehan medali emas terbanyak sebanyak adanya penyelenggaraan ASEAN Para Games yang diikuti kontingen Indonesia di luar Indonesia. Selain menjadi tuan rumah tahun lalu, ini menjadi perolehan terbanyak. Ini merupakan sejarah.”

Video Populer

Foto Populer