Sukses


Bacaan Doa Melepas Orang Pergi Haji beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Bisa berangkat haji adalah impian banyak umat muslim di seluruh dunia. Haji merupakan satu di antara rukun Islam yang harus dilakukan sekali seumur hidup oleh mereka yang mampu secara finansial dan fisik.

Di sisi lain, momen melepas jemaah haji adalah momen yang penuh haru dan penuh keberkahan. Hal itu karena dalam perjalanan menuju Tanah Suci orang yang haji akan beribadah dengan sepenuh hati, memohon ampunan, dan berharap mendapatkan ridha Allah Swt.

Apabila keluarga, kerabat atau orang yang kita kenal hendak pergi ke Tanah suci, sebaiknya membacakan doa saat melepas kepergiannya.

Islam mengajarkan untuk membaca doa di setiap aktivitas dalam hidup, termasuk bacaan doa melepas orang yang akan pergi haji.

Berikut bacaan doa melepas orang pergi haji beserta artinya, disadur dari Dream, Jumat (9/6/2023).

2 dari 4 halaman

Hadis Tentang Doa Melepas Orang Pergi Haji

Jika keluarga, kerabat atau sahabat hendak pergi haji, dianjurkan bagi kita untuk membaca doa untuk melepas orang yang pergi haji tersebut.

Rasulullah saw. mengajarkan kepada umatnya membaca doa melepas orang naik haji. Seperti dikutip dari Kitab Al-Adzkar karya Imam Nawawi, doa ini dibaca oleh beliau pada saat satu di antara sahabatnya menyatakann diri akan melakukan perjalanan jauh. Sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dari Sahabat Anas radhiyallahu 'anhu:

"Diriwayatkan kepada kami pada Kitab At-Tirmidzi, dari sahabat Anas r.a. Ia bercerita bahwa seseorang mendatangi Rasulullah saw., ‘Wahai Rasul, aku hendak berpergian. Karenanya, berikanlah aku bekal,’ kata sahabat tersebut. ‘Zawwadakallâhut taqwâ,’ kata Rasulullah saw. ‘Tambahkan lagi ya Rasul,’ kata sahabat itu. ‘Wa ghafara dzanbaka,’ kata Rasulullah saw. ‘Tambahkan lagi ya Rasul,’ kata sahabat itu. ‘Wa yassara lakal khaira haitsumâ kunta,’ jawab Rasulullah saw. Imam At-Tirmidzi mengatakan bahwa kualitas hadits ini hasan."

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa Melepas Orang Naik Haji

Berikut bacaan doanya:

Zawwadakallâhut taqwâ, wa ghafara dzanbaka, wa yassara lakal khaira haitsumâ kunta.

"Semoga Allah membekalimu dengan takwa, mengampuni dosamu, dan memudahkanmu dalam jalan kebaikan di mana pun kau berada.”

Doa tersebut bisa dibaca untuk mendoakan jemaah haji pada saat acara walimatus safar. Doa tersebut juga bisa dibaca untuk mendoakan jemaah haji yang sudah berangkat ke Tanah Suci.

 

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa Melepas Orang Naik Haji

Doa Melepas Orang Pergi Haji Riwayat Lain 

Selain doa di atas, masih ada riwayat hadis lain yang mencantumkan bacaan doa melepas orang pergi haji. Hadis dari Salim bin Abdillah, ia berkata: Ketika seseorang yang hendak berangkat safar datang kepada Abi Abdullah bin Umar, ia mengatakan, “ mendekatlah padaku, aku akan mendoakanmu sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mendoakan kami (yang artinya): Aku menitipkan agamamu, amanahmu dan perbuatan terakhirmu kepada Allah” (HR. Ahmad)

Berdasarkan hadis tersebut, berikut bacaan doa melepas orang naik haji yang diajarkan oleh para ulama dari doa yang dicontohkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Astaudi’ullooha diinaka wa amaanataka wa khowaatiima ‘amalik.

Artinya:

"Aku menitipkan agamamu, amanahmu dan perbuatan terakhirmu kepada Allah."

Inti dari doa-doa tersebut adalah memohon kepada Allah Swt. agar senantiasa melindungi dan memberkahi orang yang beribadah haji ke Tanah Suci.

Maka itu, jangan lupa baca doa tersebut jika mendapati orang terdekatmu hendak pergi ke menunaikan rukun Islam kelima.

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 10/6/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer