Sukses


Cara Cek Porsi Keberangkatan Haji, Mudah dan Enggak Ribet

Bola.com, Jakarta - Setiap umat muslim yang beriman pasti ingin bisa berangkat haji. Hal itu karena haji merupakan satu di antara rukun Islam.

Tingginya animo umat muslim Indonesia untuk berangkat haji menyebabkan mereka harus menunggu giliran berangkat ke Tanah Suci. Lama antrean beragam, hingga puluhan tahun lamanya.

Bagi calon jemaah haji yang saat ini sedang menunggu jadwal keberangkatan bisa melakukan pegecekan terlebih dahulu agar tidak salah informasi.

Lantas, bagaimana jemaah bisa mengetahui perkiraan atau estimasi keberangkatan hajinya?

Untuk mengetahui perkiraan keberangkatan, sekarang jemaah bisa memantaunya secara online melalui fasilitas yang diberikan situs resmi Kementerian Agama.

Jadwal keberangkatan haji bisa diketahui melalui nomor porsi calon jemaah. Nomor porsi haji terdiri dari 10 digit dan nomor porsi yang tertera di bukti setoran awal di bank.

Berikut ini cara cek keberangkatan haji yang perlu diketahui para jemaah, dilansir dari laman indonesiabaik.id dan kemenag.go.id, Senin (12/6/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Cek Keberangkatan Haji di Website

1. Siapkan Nomor Porsi

Cara cek keberangkatan haji di website dimulai dengan mempersiapkan nomor porsi antrean calon jemaah haji reguler. Nomor porsi dapat dilihat di dalam berkas pendaftaran yang diterbitkan oleh Kankemenag Kab/Kota pada saat jemaah mendaftar. Ini berupa rangkaian 10 angka.

2. Siapkan Koneksi Internet Stabil

Cara cek keberangkatan haji di website selanjutnya ialah dengan menyiapkan koneksi internet yang stabil. Koneksi internet memengaruhi kelancaran proses cek jadwal keberangkatan haji atau antrean haji.

3. Situs Website Resmi Dikunjungi

Cara cek keberangkatan haji di website bagian inti adalah mengunjungi website resmi Kemenag RI. Buka mesin pencari dan website resmi haji.kemenag.go.id/sieis/estimasi.

4. Siap Melakukan Pengecekan

Cara cek keberangkatan haji di website berikutnya dengan melakukan pengecekan nomor porsi yang terdiri dari 10 digit.

Nomor ini tertera pada bukti setoran awal di bank. Masukkan nomor dan klik tombol cari untuk mengetahui perkiraan keberangkatan haji.

3 dari 4 halaman

Cara Cek Keberangkatan Haji di Aplikasi

Aplikasi cek keberangkatan haji ini bernama aplikasi Pusaka. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play (android) dan App Store (iOS).

Begini cara cek keberangkatan haji menggunakan aplikasi, seperti dilansir dari website resmi Kemenag RI:

1. Buka aplikasi Pusaka

2. Pilih menu "Islam"

3. Lihat menu "Layanan Haji & Umrah" lalu pilih menu "Estimasi Keberangkatan"

4. Masukan Nomor Porsi pada kolom yang tersedia, lalu cara cek keberangkatan haji di aplikasi tekan "Cari Nomor Porsi." Nomor porsi dapat dilihat dalam berkas pendaftaran yang diterbitkan oleh Kankemenag Kab/Kota pada saat jemaah mendaftar.

Nomor porsi berupa rangkaian 10 angka sehingga saat melakukan pengecekan, jemaah harus memastikan angka yang dimasukkan memang Nomor Porsi, bukan lainnya.

5. Pada tahap akhir pengecekan, akan muncul data Estimasi Keberangkatan yang mencakup informasi sebagai berikut:

- Nomor Porsi:

- Nama:

- Kabupaten/Kota:

- Provinsi:

- Posisi porsi pada kuota Provinsi/Kab/Kota/Khusus:

- Kuota Provinsi/Kab/Kota/Khusus:Perkiraan Berangkat Tahun Masehi:

- Perkiraan Berangkat Tahun Hijriyah:

4 dari 4 halaman

Cara Cek Keberangkatan Haji di Pihak Travel

Cara cek keberangkatan haji juga bisa dilakukan secara offline dengan menghubungi pihak travel. Khusus bagi jemaah haji plus, direkomendasikan untuk meminta bantuan travel haji plus tempat calon jemaah mendaftar,.

Bagi calon jemaah haji yang belum dapat nomor porsi sebagai bukti legal, itu berarti jemaah terdaftar di Kementerian Agama. Jemaah yang mendapat nomor porsi berarti jemaah haji kuota Depag Resmi (Haji non-kuota tidak ada nomor porsi).

Jika calon jemaah haji tidak bisa melihat perkiraan pemberangkatan, bisa jadi situs website Kemenag RI sedang dalam maintenance server atau server sedang overload. Untuk itu, jemaah haji bisa mengecek perkiraan pemberangkatan dengan menggunakan aplikasi Pusaka.

 

Sumber: Indonesiabaik, Kemenag

Baca artikel seputar haji lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer