Sukses


Contoh Teks MC Perpisahan Sekolah yang Bisa Jadikan Referensi

Bola.com, Jakarta - Acara perpisahan sekolah merupakan sesuatu hal yang lumrah dan menjadi tradisi hampir di setiap sekolah Indonesia, baik itu jenjang SD, SMP, maupun SMA.

Acara perpisahan sekolah diselenggarakan untuk melepas siswa dan siswinya tingkat akhir yang akan lulus dan telah siap melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

Perpisahan sekolah kerap menjadi momen emosional dan tak pernah terlupakan untuk para siswa kelas 6 SD, kelas 9 SMP, serta kelas 12 SMA.

Maka itu, acara perpisahan ini harus dibawakan dengan baik. Di sini, peran seorang MC atau pembawa acara sangat penting.

Bagi kamu yang berkesempatan menjadi MC pada acara perpisahan sekolah maka memerlukan teks MC.

Adapun tujuannya untuk meminimalkan kesalahan dalam memandu sebuah acara sehingga mood semua yang hadir pada acara yang diselenggarakan tetap merasa nyaman dan senang menikmatinya.

Untuk membantumu, berikut ini contoh teks MC perpisahan sekolah, yang bisa jadikan sebagai referensi, dikutip dari laman Blog-wandi dan Amalilmukita, Senin (12/6/2023).

2 dari 4 halaman

Contoh Teks MC Perpisahan Sekolah 1

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bismillahirrohmairrohim,

Yth. Kepala sekolah (...).

Yth. Bapak/Ibu wali kelas 7, 8, dan 9,

Yth. dewan guru, staf, dan para undangan.

Pada kesempatan yang bahagia ini, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah Swt., yang telah memberikan rahmat dan berkah-Nya sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul dalam acara perpisahan siswa-siswi SMP (...).

Selawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah Muhammad saw. Kepada keluarga beliau, para sahabat serta kaum muslmin yang senantiasa beristikamah dalam menjalankan syariat Islam hingga akhir zaman nanti.

Hadirin sekalian yang dirahmati Allah, adapun susunan acara pada pagi ini adalah sebagai berikut:

  • Pembukaan
  • Kata Sambutan
  • Prosesi pelepasan
  • Hiburan
  • Penutupan

Hadirin sekalian, untuk memulai acara marilah kita buka acara ini dengan bacaan basmallah bersama-sama.

Hadirin sekalian yang dirahmati Allah, acara selanjutnya adalah "Kata Sambutan". Sambutan pertama akan disampaikan oleh ..., kepadanya dipersilakan.

Selanjutnya adalah sambutan dari perwakilan ... , kepadanya dipersilakan.

Terima kasih saya sampaikan. Sambutan selanjutnya akan disampaikan oleh ... , kepadanya dipersilakan.

Terima kasih saya sampaikan.

Hadirin sekalian. Kini kita memasuki acara inti, yakni prosesi wisuda siswa-siswi kelas 9 SMP (...) yang akan dipandu oleh wali kelas 9. Kepadanya dipersilakan.

Hadirin sekalian, inilah acara yang kita tunggu-tunggu, yakni acara hiburan yang akan menghibur Anda semua dengan penampilan-penampilan dari siswa-siswi SMP (...).

Hadirin sekalian, tibalah kita di pengujung acara yakni penutupan, mari kita tutup acara perpisahan siswa-siswi SMP (...) ini dengan bacaan hamdalah, Alhamdulillah, ..

Hadirin yang saya hormati, acara demi acara telah kita lalui bersama. Semoga apa yang telah kita lalui diterima oleh Allah Swt. Saya selaku pembawa acara mengucapkan terima kasih atas perhatiannya. Mohon maaf apabila terdapat hal-hal atau kata-kata yang kurang berkenan di hati hadirin sekalian.

Terima kasih, wabillahi taufiq wal hidayah, wassalamualaikum Wr. Wb.

3 dari 4 halaman

Contoh Teks MC Perpisahan Sekolah 2

Assalaamualaikum Wr. Wb.

Kepala Sekolah yang saya hormati,

Bapak/lbu Guru yang saya hormati,

Para undangan yang saya muliakan dan siswa-siswa SMA (...) yang saya cintai.

Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah Swt., yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita. Hanya dengan rahmat-Nya semata, pada hari ini kita dapat melaksanakan acara pelepasan siswa-siswa kelas SMA (...) tahun (...) .

Adapun susunan acara kita pada hari ini yaitu:

  • Pembukaan
  • Sambutan (Kepala Sekolah, Wakil Kelas 12, Wakil Siswa)
  • Penerimaan hadiah untuk siswa berprestasi
  • Hiburan
  • Doa
  • Penutup

Hadirin, marilah kita awali acara ini dengan doa agar apa yang kita lakukan hari ini dapat membawa kebaikan bagi kita semua, berdoa mulai.

Hadirin yang berbahagia,

Kita ikuti acara yang kedua, yaitu sambutan-sambutan:

Sambutan yang pertama dari Kepala Sekolah SMA (...). Yang terhormat Bapak/Ibu (...), saya persilakan.

Demikianlah pesan-pesan dari Kepala Sekolah. Dalam sambutan beliau tadi, Kepala Sekolah berpesan kepada para alumni SMA (...) agar tetap menjaga nama baik almamaternya.

Selanjutnya, sambutan dari wakil wali siswa kelas 12, kepada Bapak/Ibu (...), saya persilakan.

Dua bentuk harapan telah kita dengarkan. Sekarang, tiba saatnya kita dengarkan suara hati dari para siswa yang akan meninggalkan sekolah ini. (Nama siswa) sebagai wakil siswa kelas 12, saya persilakan memberikan sambutan.

Hadirin yang saya muliakan,

Dalam menempuh ujian akhir tahun ini, siswa SMA (...) telah mengukir prestasi akademik yang gemilang. Nilai tertinggi tahun ini dicapai oleh teman kita (Nama siswa) dari kelas 12 (...). Juara dua dicapai oleh (Nama siswa) dari kelas 12 (...), dan juara tiga dicapai (Nama siswa) dari kelas 12 (...).

Saya persilakan ketiganya naik ke pentas untuk menerima penghargaan. Untuk menyerahkan penghargaan, saya persilakan Kepala Sekolah SMA (...) menuju pentas.

Terima kasih, Kepala Sekolah dan para pemenang dipersilakan duduk kembali.

Beberapa acara telah kita lalui bersama. Dan sekarang tibalah kita pada acara yang kita nantikan, yaitu acara hiburan. Siswa-siswi SMA (...) akan menunjukkan kreasi terbaiknya. Sebagai pembuka, kita sambut (jenis pertunjukkan) yang akan dibawakan (...). Tepuk tangan yang meriah.

Tak terasa, tiga jam telah kita lewati bersama. Berbagai rangkaian acara terah kita lalui. Tibalah saatnya kita akan mengakhiri acara ini. Untuk itu, marilah kita tutup acara ini dengan pembacaan doa dari Bapak (...). Kepada Bapak, waktu dan tempat kami sediakan.

Dengan berakhirnya pembacaan doa tadi maka berakhir pulalah acara perpisahan hari ini. Mudah-mudahan acara hari ini memberi kesan mendalam bagi kita semua.

Sebagai pembawa acara saya mohon maaf jika ada hal yang kurang berkenan. Jayalah terus siswa SMA (...). Terus maju meraih cita di ujung sana.

Wassalaamualaikum Wr. Wb.

4 dari 4 halaman

Contoh Teks MC Perpisahan Sekolah 3

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua.

Yang terhormat Kepala Sekolah/Madrasah... , Bapak/Ibu Guru, Bapak/Ibu Dewan Komite, Bapak/Ibu Orang Tua (Wali Murid) Kelas... dan..., Bapak/Ibu Tamu Undangan, serta teman-temanku siswa-siswi... (Nama Sekolah) yang berbahagia...

Alhamdulillahirobbilalamiin... Segala puji bagi Allah Swt. Yang telah memberikan kepada kita semua kenikmatan yang tak terhingga di antaranya kesadaran iman, kesehatan serta kesempatan yang berbahagia ini sehingga kita dapat bersama-sama dapat berkumpul dalam acara perpisahan siswa-siswi kelas... (Nama Sekolah).

Selanjutnya selawat serta salam semoga senantiasa Allah Swt. curahkan kepada Nabi Muhammad saw. yang mana dari beliaulah kita mendapatkan contoh maupun teladan terbaik bagi kita dalam menjalani berbagai segi kehidupan sehari-hari sehingga kita semua dapat dirida-Nya dan semoga kita semua mendapatkan syafaat dari beliau pada hari pembalasan kelak. Amiin.

Selamat datang kami ucapkan kepada seluruh hadirin, dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kami haturkan atas kehadiran Bapak/Ibu hadirin sekalian yang telah meluangkan waktunya dengan rela meninggalkan aktivitas sehari-hari untuk hadir dalam acara ini.

Saya di sini sebagai pembawa acara, oleh karena itu saya akan membacakan susunan acara perpisahan siswa-siswi kelas... (Tingkat/Kelas dan Nama Sekolah) tahun pelajaran... , selengkapnya sebagai berikut:

  • Pembukaan acara perpisahan oleh pembawa acara.
  • Pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang akan dibawakan oleh saudara/i (...) dan,
  • Sambutan ketua panitia acara perpisahan oleh Bapak/Ibu (...),
  • Sambutan Kepala Sekolah (...),
  • Hiburan pembukaan; tari persembahan tari daerah dan pembacaan puisi oleh siswa.
  • Sambutan dari wali murid kelas/perwakilan guru; Penyerahan siswa-siswi kepada orang tua (wali murid) serta pesan dan kesan dari guru terhadap orang tua (Wali Murid) dan siswa-siswi.
  • Sambutan dari perwakilan orang tua (wali murid) kelas... ; Penerimaan siswa-siswi kembali kepada orang tua (wali murid) serta kesan dari orang tua kepada sekolah.
  • Hiburan; Pementasan kreativitas pelajar oleh siswa-siswi (nama sekolah).
  • Sambutan dari perwakilan siswa-siswi kelas (nama siswa); Pesan dan kesan terhadap guru/sekolah serta adik-adik kelas.
  • Sambutan dari perwakilan adik-adik Kelas; Perwakilan siswa-siswi.
  • Hiburan; Pentas seni oleh siswa-siswi (nama sekolah).
  • Pengumuman tentang kelulusan siswa.
  • Penyerahan kenang-kenangan ataupun hadiah.
  • Pembacaan doa.
  • Sayonara; Saling berjabat tangan antara guru dan orang tua (Wali Murid), siswa-siswi kelas (...) dengan siswa-siswi adik kelas, siswa-siswi kelas (...) dengan majelis guru, orang tua/wali murid, dan seluruh hadirin.
  • Penutup.

Hadirin sekalian yang kami hormati,

Memasuki acara yang pertama adalah pembukaan, marilah kita bersama-sama mengawali acara perpisahan kelas... (tingkat/kelas dan nama sekolah) tahun pelajaran (...) ini dengan bacaan Basmalah; Bismillahirohmanirrohim.

Semoga seluruh rangkaian acara pada acara perpisahan hari ini dapat berjalan dengan baik dan lancar karena perlindungan dan rida-Nya, amin.

Hadirin sekalian yang kami hormati,

Memasuki acara yang kedua yaitu Pembacaan ayat suci Al-Qur'an yang akan dibawakan oleh Saudara/i (...) dengan Sari Tilawah oleh saudara/i (...). Kepada saudara/i (...) dan saudara/i (...), waktu dan tempat kami persilahkan.

Memasuki acara yang ketiga yaitu sambutan dari Ketua Panitia yang akan disampaikan oleh Bapak/Ibu (...). Kepada Bapak/Ibu (...), waktu dan tempat kami persilahkan.

Hadirin sekalian yang berbahagia, demikian sambutan dari ketua panitia, kepada Bapak/Ibu (...), kami ucapkan terima kasih.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Memasuki acara yang keempat yaitu sambutan dari Kepala Sekolah (nama sekolah) yang akan disampaikan oleh Bapak/Ibu (...). Kepada Bapak/Ibu (...), waktu dan tempat kami persilahkan.

Hadirin sekalian yang berbahagia, demikian sambutan dari Bapak/Ibu Kepala Sekolah (nama sekolah). Kepada Bapak/Ibu (...), kami ucapkan terima kasih.

Dan seterusnya...

Hadirin sekalian yang berbahagia, demikian acara demi acara telah kita lalui bersama-sama dengan baik dan lancar. Sebelum kita akhiri acara ini sebagai ucapan syukur atas sukses terselenggaranya acara ini marilah kita bersama-sama mengucapkan Hamdalah, Alhamdulillahirobbilalamin.

Akhirnya saya sebagai pembawa acara mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kesalahan tutur kata jika ada kesalahan sikap maupun kata-kata yang kurang berkenan di hati hadirin sekalian. Terima kasih atas segala perhatian dan semoga dari acara ini kita semua mendapatkan hal-hal yang positif dari Allah Swt. Amin.

Akhirulkalam, wassalamualaikum Wr. Wb.

 

Sumber: Blog-wandi, Amalilmukita

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer