Sukses


Pengertian Artikel, Jenis, Cara Menulis, dan Contohnya

Bola.com, Jakarta - Artikel adalah satu di antara bentuk komunikasi tertulis yang memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi, pendapat, dan pemikiran kepada pembaca.

Artikel biasanya dipublikasikan di berbagai media, seperti surat kabar, majalah, jurnal, blog, dan situs web. Dalam artikel, penulis dapat mengekspresikan ide-ide mereka dengan lebih terperinci, mengulas topik-topik tertentu, atau memberikan wawasan baru kepada pembaca.

Tujuan utama dari artikel adalah memberikan informasi yang bermanfaat dan mendalam kepada pembaca, sekaligus membangun pemahaman dan kesadaran akan topik yang dibahas.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai artikel, kamu bisa membaca pengertian beserta jenis dan contohnya di bawah ini.

Berikut pengertian artikeljenis, cara menulis, dan contohnya, disadur dari Liputan6, Rabu (14/6/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pengertian Artikel

Secara umum, artikel adalah sebuah karya tulis yang berisi pendapat mengenai fakta, fenomena, data, hingga kejadian tertentu yang ditulis menggunakan bahasa ilmiah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian artikel adalah suatu karya tulis yang ditulis secara lengkap.

Kendati teks artikel berisikan pendapat atau opini dari penulis, konteks opininya tetap berangkat dari konteks fakta yang sesungguhnya. 

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Artikel

1. Narasi

Artikel narasi merupakan jenis artikel yang isinya menceritakan tentang rangkaian peristiwa secara sistematis, mulai awal, tengah hingga akhir.

Di dalam narasi terdapat tokoh, konflik, dan penyelesaian. Contoh artikel narasi adalah autobiografi, biografi, dan kisah pengalaman.

2. Deskripsi

Sesuai namanya, artikel deskripsi adalah jenis artikel berupa karangan yang menggambarkan mengenai suatu hal kepada pembaca sehingga pembaca seolah-olah bisa merasakan, melihat, dan mendengar isi dari deskripsi tersebut.

3. Eksposisi

Artikel eksposisi merupakan jenis artikel yang isinya menjelaskan atau memberikan informasi tentang suatu topik yang tujuannya untuk menambah wawasan pembacanya.

Artikel eksposisi umumnya dilengkapi dengan gambar, grafik, dan informasi pendukung lainnya.

4. Argumentasi

Artikel argumentasi merupakan suatu karangan yang dibuat untuk membuktikan kebenaran mengenai suatu pendapat dengan menyajikan fakta atau data sebagai alasan.

Di dalam artikel ini umumnya terdapat unsur opini dan data, serta fakta yang menjadi pendukung opini.

5. Persuasi

Artikel persuasi merupakan artikel yang isinya bertujuan untuk memengaruhi pembaca sehingga bersedia melakukan sesuatu yang disarankan oleh penulis dalam karangannya.

Artikel ini biasanya digunakan dalam kampanye-kampanye. Contohnya kampanye anti narkoba yang berisi mengenai bahaya narkoba.

4 dari 5 halaman

Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar

Untuk memudahkan kamu dalam menulis artikel, terlebih dahulu ketahui langkah-langkah menulis artikel yang baik dan benar. Berikut penjelasannya:

1. Memilih topik atau gagasan.

2. Mengetahui dan memahami pembaca.

3. Mempelajari segi teknis penerbitan.

4. Memulai menulis dengan outline.

5. Membuat tulisan dengan paragraf yang berbobot.

6. Menyajikan gagasan pokok secara eksplisit.

7. Memberi ilustrasi yang baru dan menarik.

8. Menggunakan bahasa yang hidup.

9. Menutup tulisan dengan paragraf yang kuat

10. Menyunting tulisan dengan teliti.

5 dari 5 halaman

Contoh Artikel

Sejarah Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Cirebon adalah daerah bersejarah bagi umat Islam Indonesia, terutama Jawa Barat. Dari kota ini, ajaran Islam menyebar ke seantero Tatar Sunda. Terdapat satu di antara masjid yang jadi saksi sejarahnya, yakni Masjid Sang Cipta Rasa.

Usia masjid ini sudah sangat tua, berdiri sejak 1480 masehi. Berdasarkan catatan sejarah, arsitekturnya dirancang langsung oleh Sunan Kalijaga. Itu artinya, masjid ini berdiri saat masa penyebaran Islam oleh Wali Songo.

Meski arsiteknya Sunan Kalijaga, yang menginisiasi pembangunannya adalah Syarif Hidayatullah atau yang kita kenal Sunan Gunung Djati.

Pada masa itu, Sunan Gunung Djati adalah pemimpin dakwah hebat yang gerakannya mampu menjangkau hingga wilayah Banten.

Mengingat kuatnya unsur historis dari masjid ini, sampai sekarang orang-orang sering menyengaja datang berkunjung. Mereka menjadikan masjid ini sebagai pusat 'wisata' religi yang menambah keimanan.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Ayu Rifka Sitoresmi. Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 23/2/2022)

Yuk, baca artikel pengertian lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer