Sukses


Arti Produser beserta Tugas-tugasnya

Bola.com, Jakarta - Produser adalah seseorang yang bertanggung jawab mengelola dan mengawal proses pembuatan film dari awal sampai film itu selesai.

Produser terlibat di semua proses pembuatan film, mulai pengembangan, pencarian dana, praproduksi, produksi, pascaproduksi, hingga film tersebut didistribusikan dan bertemu dengan penontonnya.

Bisa dibilang produser merupakan "Chief Executive Officer (CEO)" dari sebuah film. Sementara sutradara adalah "Chief Creative Officer (CCO)" dari sebuah produksi film.

Sutradara dan produser adalah partner yang selalu bekerja bersama-sama. Bahkan ada yang menyebut hubungan sutradara dan produser layaknya hubungan suami dan istri, mengacu pada kedekatan dan visi yang sama di antara keduanya.

Agar lebih paham, berikut penjelasan lebih lanjut tentang produser, dilansir dari laman Studioantelope, Rabu (14/6/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Tugas Produser dalam Pengembangan

Memperkerjakan Penulis

Jika seorang produser tertarik dengan sebuah ide, produser akan bekerja sama dengan penulis untuk mewujudkan ide tersebut. Output-nya tentu saja naskah film.

Budgeting

Produser membuat estimasi budget produksi film dari draf naskah yang ada untuk kebutuhan pencarian dana ke investor. Faktor yang berpengaruh antara lain honor untuk aktor dan kru dan jumlah hari syuting.

Pencarian Dana

Jika draf naskah dan budgeting sudah selesai, produser mencari pihak yang berpotensi mau bekerja sama untuk mendanai proyek filmnya.

Sumber dana bisa dari rumah produksi lainnya, studio film, investor perorangan, investor perusahaan, atau pihak manapun yang tertarik dengan proyek film ini.

Produser akan membuat perjanjian dengan pihak tersebut mengenai pengembalian modal dan pembagian keuntungan dengan masing-masing pihak.

3 dari 6 halaman

Tugas Produser dalam Praproduksi

Pra-produksi adalah tahap dalam pembuatan film di mana naskah yang telah rampung, di-breakdown untuk berbagai macam kepentingan seperti budgeting (penganggaran), scheduling (penjadwalan), sampai categorization (pengkategorian).

Berikut yang harus dilakukan produser:

Membentuk Tim

Produser bekerja sama dengan line producer untuk membentuk team yang terdiri dari kru berbagai departemen, seperti penyutradaraan, produksi, casting, kamera dan pencahayaan, artistik, penata pakaian, dan tim pascaproduksi.

Casting

Produser bekerja sama dengan sutradara dan casting director untuk mencari aktor yang sesuai. Ada beberapa pertimbangan produser dalam memilih aktor, seperti kemampuan akting, kecocokan dengan karakter, popularitas, portfolio aktor di film-film sebelumnya.

Memantau Persiapan Produksi

Saat proses persiapan produksi sutradara akan membuat director's treatment dan storyboard. Produser memantau dan menjadi teman diskusi dari sutradara dalam proses pengembangan kreatif di persiapaan produksi.

4 dari 6 halaman

Tugas Produser Film dalam Produksi

Tahap produksi adalah tahap di mana naskah film diterjemahkan menjadi gambar dan suara, atau lebih dikenal dengan proses syuting.

Di proses syuting, berikut yang harus dilakukan produser:

Memantau Keseluruhan Produksi

Saat proses syuting, sutradara yang akan memimpin kru dan aktor di lapangan, produser memantau apakah proses syuting berjalan dengan baik dan sesuai rencana.

Teman Diskusi

Terkadang saat proses syuting, sutradara membutuhkan teman untuk bertukar pikiran dalam membuat adegan. Produser bisa menjadi teman diskusi yang baik untuk sutradara karena produser dapat memberikan perspektif lain.

5 dari 6 halaman

Tugas Produser dalam Pascaproduksi

Setelah proses syuting selesai, semua hasil syuting akan dibawa ke rumah pascaproduksi (post-house). Penyunting gambar atau editor akan mulai memilih hasil syuting untuk kemudian dirangkai mengikuti naskah.

Di proses pascaproduksi, berikut yang harus dilakukan produser:

Memantau Proses Pascaproduksi

Produser dapat memberikan pendapatnya untuk proses editing, baik itu untuk kepentingan storytelling ataupun pertimbangan lainnya untuk kepentingan penjualan film.

6 dari 6 halaman

Tugas Produser dalam Distribusi

Setelah film jadi, produser akan mendistribusikannya sesuai dengan yang sudah direncanakan di awal, baik itu ke bioskop dalam negeri, festival film, ataupun OTT (Over-the top).

 

Sumber: Studioantelope

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer