Sukses


5 Manfaat Biodiesel dalam Kehidupan Sehari-hari

Bola.com, Jakarta - Biodiesel adalah minyak dari tumbuham atau hewan yang sudah dipakai sebagai alternatif, kemudian digabung dengan minyak solar untuk mobil dan armada industri dengan mesin diesel.

Biodiesel menggunakan bahan baku minyak sawit mentah (Crude Palm Oil), minyak nyamplung, minyak jarak, minyak kelapa, Palm Fatty Acid Distillate (PFAD), dan minyak ikan. Bodiesel dapat digunakan pada mesin diesel tanpa modifikasi.

Menurut American Society of Testing Material (ASTM), biodiesel merupakan mono-alkil ester yang terdiri dari asam lemak rantai panjang yang didapatkan dari lemak terbarukan, seperti minyak nabati dan lemak hewani.

Mono-alkil ester dapat berupa metil ester atau etil ester. Hal tersebut ditentukan oleh sumber alkohol yang digunakan.

Metil ester atau etil ester adalah senyawa yang relatif stabil, berwujud cairan pada suhu ruang (titik leleh antara 4 derajat – 18 derajat), bersifat nonkorosif, dan titik didihnya rendah.

Penggunaan biodiesel untuk mesin diesel dapat dilakukan tanpa memodifikasi. Di pasaran, biodiesel ditulis dengan kode tertentu, seperti B100 yang menunjukkan jika biodiesel tersebut 100 persen murni.

Kemudian B20 yang menyatakan persentase komposisi campuran biodiesel 20 persen dan solar 80 persen.

Berikut manfaat biodiesel yang penting untuk diketahui, dinukil dari Indonesiabaik dan rimbakita, Selasa (20/6/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Manfaat Biodiesel

  1. Mengurangi pencemaran hidrokarbon yang tidak terbakar, karbon monoksida, sulfur dan hujan asam
  2. Biodiesel yang berasal dari minyak goreng bekas akan mengurangi beban sampah atau limbah bagi lingkungan
  3. Biodiesel yang berasal dari tumbuhan (nabati) tidak menghasilkan gas karbondioksida setinggi bahan bakar fosil
  4. Energi dari mesin diesel yang menggunakan biodiesel lebih sempurna dibanding menggunakan solar
  5. Pembakaran biodiesel cenderung tidak mengjasilkan asam hitam seperti pembarakn solar. Selain itu, aroma khas pembakaran biodiesel mirip dengan aroma minyak bekas menggoreng makanan
3 dari 3 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Biodiesel

1. Kelebihan

Biodiesel dapat digunakan pada mesin diesel tanpa melakukan perubahan, serta menghasilkan tingkat polusi yang lebih rendah daripada solar. Biodiesel dianggap tidak menyumbang pemanasan global sebanyak bahan bakar fosil.

Pembakaran biodiesel menghasilkan hidrokarbon yang tidak terbakar, karbon monoksida, partikulat, dan udara beracun yang lebih rendah dibandingkan dengan pembakaran bensin.

Menurut National Biodiesel Board, keuntungan yang didapatkan ketika menggunakan biodiesel adalah:

  • Biodiesel dapat langsung dipakai pada motor diesel tanpa melakukan modifikasi signifikan dan memiliki risiko kerusakan yang sangat kecil
  • Biodiesel mempunyai efek pelumasan yang lebih baik daripada solar. Berdasarkan perhitungan, penambahan 1 persen biodiesel dapat meningkatkan pelumasan sekitar 30 persen.
  • Biodiesel memberikan konsumsi bahan bakar, horse power, dan torsi yang hampir sama dengan solar
  • Biodiesel dapat diperbarui dan memiliki siklus karbon yang tidak menyebabkan pemanasan global. Emisi CO2 secara keseluruhan berkurang sebesar 78 persen dibandingkan dengan mesin diesel yang menggunakan bahan bakar fosil

2. Kekurangan

Kelemahan biodiesel disebabkan oleh faktor sumber bahan baku pembuatannya. Pada umumnya, bahan baku biodiesel yang menggunakan tanaman pangan akan menyebabkan peningkatan harga pangan dan kemungkinan menimbulkan kelaparan apabila ketersediaan sumber daya yang terbatas.

 

Sumber: Indonesiabaik, rimbakita

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer