Sukses


20 Contoh Kalimat Penutup Pidato yang Menarik Disampaikan

Bola.com, Jakarta - Menyampaikan kalimat penutup termasuk satu di antara unsur penting yang harus disampaikan orator ketika mengakhiri sebuah pidato.

Setidaknya, ada enam hal yang dapat dimasukkan ke bagian kalimat penutup pidato, seperti berisi permohonan maaf, berisi imbauan, berisi harapan, ucapan terima kasih, doa, dan kesimpulan.

Hal ini agar pidato yang disampaikan dapat meninggalkan kesan yang mendalam kepada para bagi audiens yang menyaksikan.

Namun, untuk membuat kalimat penutup pidato bukan sebuah perkara mudah. Bagi kamu yang kesulitan menyusun sebuah kalimat penutup pidato, tak perlu risau.

Kamu bisa menggunakan contoh-contoh kalimat penutup pidato yang menarik pada artikel ini.

Berikut ini 20 contoh kalimat penutup pidato yang bisa jadi referensi, dikutip dari laman Ayo-berbahasa dan Kataestetika, Selasa (20/6/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Contoh Kalimat Penutup Pidato

1. "Sekian pidato yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Apabila ada kesalahan, baik dari pidato saya atau gerak-gerik saya dalam menyampaikan pidato, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada semua yang sudah hadir di aula ini. Saya juga sangat berterima kasih kepada Anda semua atas atensinya."

2. "Akhirnya, bersama dengan pidato ini saya ucapkan selamat kepada para pemenang kompetisi ilmu pengetahuan alam yang telah berlangsung selama satu minggu ini. Para pemenang ini telah berkompetisi dengan penuh tanggung jawab dan sportivitas yang tinggi, seperti yang telah saya sampaikan dalam pidato saya, dan karena itu kita harus menghargai usaha mereka. Sekarang, saya akan menutup pidato ini dan kita akan berpindah ke acara selanjutnya, yaitu pemberian piala dan piagam kepada para pemenang."

3. "Akhirnya, kepada teman-teman sekalian yang lulus dari bangku SMA bersama dengan saya hari ini, saya ucapkan semoga beruntung dalam melanjutkan hidup kalian dan dalam menggapai semua impian kalian. Petualangan kita belum usai karena justru petualangan kita baru saja dimulai tepat ketika kita melangkah keluar dari SMA. Semoga kita semua menjadi orang-orang yang sukses dan bahagia menurut standar kita masing-masing. Terima kasih banyak atas kesempatan yang sudah diberikan kepada saya sebagai perwakilan lulusan untuk menyampaikan pidato saya."

4. "Sebelum saya akhiri pidato ini, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, jika ada kalimat dan tutur kata yang kurang berkenan serta kurang layak didengar. Sekian dari saya, dan saya haturkan terima kasih."

3 dari 6 halaman

Contoh Kalimat Penutup Pidato

5. "Dari banyak kata dan kalimat yang saya sampaikan di atas podium acara ini, jika baik maka ambilah dan jika itu sesuatu yang buruk maka buanglah jauh-jauh, untuk itu mari kita saling mengingatkan. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih banyak dan semoga bermanfaat."

6. "Demikian pidato yang dapat saya sampaikan pada hari ini, saya harap hadirin sekalian dapat memetik sesuatu yang bermanfaat dari pidato saya. Saya ucapkan banyak terima kasih kepada hadirin sekalian yang ada di dalam ruangan ini."

7. "Saya sangat berterima kasih atas perhatian para hadirin yang begitu besar terhadap pidato saya. Saya meminta maaf apabila dalam pidato saya ada penyampaian atau kata-kata yang terasa kurang pantas dalam hati para hadirin. Saya ucapkan selamat pagi dan semoga kita semua memiliki hari yang gemilang."

8. "Akhir kata, sebelum saya mengucapkan salam perpisahan, saya harap melalui pidato saya ini, kita semua dapat merenungkan apa saja yang mungkin dapat terjadi apabila kita tidak mendampingi anak-anak dalam proses belajar mereka. Maka itu, sebagai orang tua harus lebih aktif mencari tahu segala hal tentang dunia anak-anak. Baiklah, saya akhiri pidato saya di siang hari yang cerah ini."

4 dari 6 halaman

Contoh Kalimat Penutup Pidato

9. "Dari banyak kata yang telah terucap dan dari banyak hal yang telah kita simak bersama-sama, semoga apa yang telah saya sampaikan bisa menjadi manfaat. Untuk penutup, saya ucapkan terima kasih dan Wassalamu'alaikum Warohmatullaahi Wabarokatuh."

10. "Dalam sebuah tutur kata kadang ada kesalahan, dan itu saya sadari sebagai manusia yang penuh dosa, adapula hal-hal yang baik tak lain datang dari Tuhan, dengan demikian saya mohon maaf. Untuk penutup kalimat pidato ini saya ucapkan Wassalamu'alaikum Warohmatullaahi Wabarokaatuh."

11. "Demikianlah pidato saya pada kompetisi debat hari ini. Terima kasih pada semua hadirin yang telah menyempatkan waktunya mendengarkan pidato saya. Kepada semua peserta kompetisi hari ini, saya ucapkan semoga beruntung dan berkompetisilah dengan sportif dan integritas."

12. "Baiklah, bapak, ibu, dan para siswa sekalian, telah tiba waktunya bagi saya untuk mengakhiri pidato peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini. Saya benar-benar berharap, pendidikan di Indonesia akan terus mengalami perkembangan yang signifikan. Hal itu agar pendidikan di Indonesia bisa berdiri sejajar dengan negara-negara lain. Terima kasih, para hadirin, atas atensinya. Wassalamu'alaikum Warohmatullaahi Wabarokaatuh."

5 dari 6 halaman

Contoh Kalimat Penutup Pidato

13. "Demikian pidato saya pada pagi hari ini dalam rangka menyambut peringatan Hari Pahlawan. Semoga kita semua bisa selalu menghargai para pahlawan dan menerapkan sikap patriotisme mereka dalam diri kita masing-masing dalam kehidupan sehari-hari. Terima kasih banyak dan saya persilhakan kepada pembawa acara untuk melanjutkan agenda pada acara hari ini."

14. "Izinkan saya mengakhiri pidato saya dengan mengutip apa yang mendiang ibu saya selalu katakan, "Perjuangan para wanita akan banyak ditentang, bahkan dihancurkan. Namun, saya percaya bahwa perjuangan kita demi kesetaraan akan menghasilkan kesuksesan yang besar". Selamat Hari Kartini untuk semua wanita Indonesia, ketahuilah bahwa kalian semua adalah permata yang sangat berharga. Saya ucapkan selamat pagi dan wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh."

15. "Demikian kiranya yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf jika ada salah kata yang terucap, dan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Akhir kata, saya ucapkan wassalamu'alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh."

16. "Sekian pidato dari kami, terima kasih atas perhatiannya serta waktu yang diberikan kepada kami untuk menyampaikan sambutan di podium. Jika ada kata-kata yang kurang berkenan didengar dan menyinggung satu di antara pihak, kami ucapkan mohon maaf, penutup kata kami sampaikan wassalamu'alikum warohmatullaahi wabarokaatuh."

6 dari 6 halaman

Contoh Kalimat Penutup Pidato

17. "Tidak ada hal yang indah selain doa dan tidak ada awalan selain akhiran, untuk itu saya mengakhiri sambutan saya ini kepada Anda yang berkenan mendengarkan pidato saya, semoga bermanfaat. Terima kasih banyak atas perhatiannya. Wassalamu'alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh."

18. "Sekian yang dapat saya sampaikan, bila ada kata yang kurang berkenan di hati para hadirin, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, kebaikan datang dari Allah Swt. dan kesalahan datang dari saya selaku manusia biasa yang tidak luput dari lupa, salah dan dosa. Demikian kiranya dan akhir kata saya haturkan terima kasih. Wassalamu'alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh."

19. "Sejenak berpikir bahwa kita adalah insan yang banyak sekali ketakmampuan, untuk itu saya secara pribadi memohon pengertian atas apa yang saya sampaikan pada pidato ini. Sebelum saya tutup pidato ini, saya mohon maaf yang sangat besar, dan terima kasih atas waktunya. Wassalamu'alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh."."

20. "Setiap perkataan pasti ada kesalahan apalagi saya hanya manusia biasa. Sebelum saya tutup pidato saya ini, saya mohon maaf jika ada hal yang kurang berkenan di hati saudara, sekian dan terima kasih. Wassalamu'alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh."

 

Sumber: Ayo-berbahasa, Kataestetika

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer