Sukses


AVC Challenge Cup 2023: Jadwal Mepet, Tim Voli Putri Indonesia Siap Tempur Hadapi Australia

Bola.com, Gresik - Timnas voli putri Indonesia baru saja bereuforia dengan status juara Grup A dalam AVC Challenge Cup 2023. Mereka menang 3-0 (25-17, 25-20, 25-10) atas Filipina di GOR Tri Dharma, Gresik, Selasa (20/6/2023) malam.

Menurunkan formasi utama Megawati Hangestri, Wilda, Agustin Wulandari, Medi Yoku, Ratri Wulandari, dan Arneta (setter), Indonesia mendapat perlawanan sengit dari Filipina.

Beberapa serangan yang dilancarkan anak-anak Indonesia bisa dibendung blok rapat pemain lawan. Namun, melalui variasi serangan, tuan rumah meninggalkan lawannya dalam pengumpulan angka dan menang 25-17.

Pada set kedua, Filipina berusaha mengubah pola permainan, tetapi serangan dari pemain-pemain Indonesia lebih efektif dalam menghasilkan angka. Kendati Filipina sempat mendekat 20-19, tuan rumah tidak terbendung dan kembali unggul 25-20.

Tertinggal dua set, permainan Filipina makin sulit berkembang dan sering melakukan kesalahan sendiri. Kondisi ini membuat Indonesia melaju jauh 10-4.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ganti Strategi

Pelatih Timnas Indonesia Alim Suseno mulai mengganti beberapa pemain utamanya, di antaranya Megawati, Ratri dan Arneta dengan memasukkan Tisya (setter), Hani Budiarti dan Aulia.

Hal serupa juga dilakukan kubu Filipina, tetapi perubahan itu tidak memperbaiki keadaan. Mereka terus tertekan dan sulit mengembangkan permainan. Indonesia akhirnya berhasil mengambil set ketiga dengan skor 25-10 untuk memastikan juara grup.

"Set pertama dan kedua cukup ketat mainnya. Filipina pertahanannya lumayan rapat dan pemain kami juga beberapa kali melakukan kesalahan sendiri," kata Alim Suseno, pelatih tim voli putri Indonesia, usai pertandingan.

3 dari 4 halaman

8 Besar

Tak menunggu lama, tim voli putri sudah harus bersiap menatap pertandingan babak delapan besar Pool E. Anak asuh Alim Suseno akan menghadapi Australia di tempat yang sama, Rabu (21/6/2023) malam.

Australia sendiri berstatus sebagai runner-up Grup C yang hanya berisikan dua tim bersama India. Australia dipaksa kalah 1-3 saat berjumpa India pada Minggu (18/6/2023) lalu.

Tim voli putri menghadapi masalah receive atau penerimaan bola servis dari anak asuhnya masih harus diperbaiki saat menghadapi laga berikutnya melawan Australia.

"Australia tim yang bagus dan pemain-pemainnya punya postur tubuh tinggi, jadi kita mesti bagus saat receive agar bisa memainkan strategi," kata Wilda Siti Nurfadilah, kapten tim voli putri Indonesia.

4 dari 4 halaman

Tantang India

Setelah Australia, Indonesia masih akan menghadapi India dalam persaingan di Pool E pada Jumat (23/6/2023). Persaingan di Pool E nanti akan menjadi penentu untuk melaju ke babak semifinal.

Kemenangan atas Australia atau India nanti akan jadi modal berharga buat tim putri Indonesia untuk bisa melaju ke semifinal yang digelar 24 Juni 2023.

Video Populer

Foto Populer