Sukses


Bacaan Doa sebelum Berangkat Kerja agar Hari Penuh dengan Berkah

Bola.com, Jakarta - Bagi setiap umat beragama, doa menjadi satu di antara sarana memohon pertolongan atau bantuan kepada Tuhan. Dengan memanjatkan doa diharapkan kemudahan selalu menyertai di setiap perjalanan.

Tak terkecuali untuk umat muslim, doa menjadi hal penting yang harus dipanjatkan pada setiap akan memulai atau mengakhiri sebuah kegiatan.

Selain itu, memanjatkan doa kepada Tuhan tentu menjadi cara untuk menunjukkan keimanan dan kepercayaannya pada Sang Pencipta.

Satu di antara bacaan doa yang penting untuk dipanjatkan adalah ketika akan berangkat bekerja. Dengan memanjatkan doa ini kita berharap diberi kemudahan dan rezeki yang berkah dari Allah Swt.

Saat melakukan suatu pekerjaan ada kalanya kita juga merasa malas karena berbagai godaan, dengan berdoa kepada Allah Swt. sebelum bekerja, kita akan dijauhkan dari berbagai hal yang menghalangi kita dalam melakukan pekerjaan.

Berikut doa sebelum berangkat kerja agar hari penuh dengan berkah, disadur dari Merdeka, Jumat (23/6/2023).

2 dari 5 halaman

Bacaan Doa Sebelum Berangkat Kerja agar Hari Penuh dengan Berkah

Doa Pagi Hari

Doa pagi hari ini merupakan bacaan doa yang selalu dipanjatkan Rasulullah sebelum mengawali aktivitas. Dengan doa ini, Anda bisa memohon perlindungan dari Allah serta memohon keselamatan dari pagi, siang, sore, hingga malam hari.

Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru.

Artinya :

"Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali." (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya)

3 dari 5 halaman

Bacaan Doa sebelum Berangkat Kerja agar Hari Penuh dengan Berkah

Doa Berangkat Kerja

Dengan memanjatkan doa ini, Anda bisa memohon kepada Allah agar senantiasa diberi berkah dari pekerjaan yang dilakukan sehari-hari.

Selain itu, Anda juga bisa memohon perlindungan agar tetap melakukan perbuatan baik serta rezeki yang halal. Berikut doa berangkat kerja yang bisa Anda panjatkan:

Allahummarzuqnii rizqan halaalan thayyibaa, wasta’milnii thayyibaa. Allahummaj’al ausa’a rizqika ‘alayya ‘inda kibari sinnii wanqithaa’i ‘umrii. Allahummakfinii bihalaalika ‘an haraamika. wa aghninii bifadhlika ‘amman siwaaka. Allahumma in nii as-aluka rizqan waasi’an naafi’an. Allahumma innii as-alukan na’iimaan muqiiman, alladzii laa yahuulu wa laa yazuulu. (Dibaca sebanyak 3x)

Artinya:

"Ya Allah, berilah padaku rezki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rezki yang luas dan berguna. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu nikmat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang."

4 dari 5 halaman

Bacaan Doa sebelum Berangkat Kerja agar Hari Penuh dengan Berkah

Doa agar Semangat Beraktivitas

Setelah mengetahui bacaan doa pagi hari dan doa berangkat kerja, ketahui juga doa agar semangat beraktivitas. Harus diakui bahwa rasa malas memang sering kali muncul ketika Anda hendak memulai aktivitas di setiap harinya.

Jika tidak dapat dikelola dengan baik, rasa malas justru dapat menghambat Anda untuk melakukan kegiatan yang produktif.

Maka itu, penting untuk memanjatkan doa pada Allah agar dijauhkan dari rasa malas dan senantiasa diberi semangat setiap kali beraktivitas.

Berikut bacaan doa agar semangat beraktivitas yang bisa Anda terapkan:

Allahumma waffiqna li tha‘atika, wa atmim taqshirana, wa taqabbal minna, innaka antas sami‘ul ‘alim. Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘alihi wa shahbihi wa sallam. Walhamdulillahi rabbil ‘alamin.

Artinya :

"Ya Allah, bimbinglah jalan kami pada jalan ketaatan kepada-Mu, sempurnakanlah kekurangan kami, terimalah ibadah kami. Sungguh, Kau maha mendengar lagi mengetahui. Semoga Allah melimpahkan selawat dan salam-Nya kepada Nabi Muhammad saw., keluarga, dan para sahabatnya."

5 dari 5 halaman

Bacaan Doa sebelum Berangkat Kerja agar Hari Penuh dengan Berkah

Doa saat Memulai Kerja

Selain bacaan doa berangkat kerja, Anda juga perlu membaca berdoa saat akan memulai pekerjaan. Anda bisa memohon kebaikan dari setiap kegiatan yang dilakukan.

Tak hanya itu, doa ini juga berisi permohonan perlindungan dari segala keburukan yang ada. Berikut bacaan doa saat akan memulai kerja, yang bisa dipraktikkan:

Allahumma innii asaluka min khairi hadzal amali wa khairi maa fiihi, wa’audzubika min syarri haadzal amali wasyarri maa fiihi innaka ‘alaakulli syaiin qadiir

Artinya:

"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan pekerjaan ini dan segala kebaikan yang ada di dalamnya, dan aku berlindung kepada-Mu daripada keburukan pekerjaan ini dan segala keburukan yang ada di dalamnya. Sesungguhnya di atas segala sesuatu itu Engkaulah yang maha berkuasa menentukannya."

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Ayu Isti Prabandari. Published: 12/9/2021)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer