Sukses


9 Penyebab Badan Lemas setelah Bangun Tidur

Bola.com, Jakarta - Bangun tidur di pagi hari dengan keadaan badan yang lemas dan tidak bertenaga dapat menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan.

Rasa lemas ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan menghambat produktivitas. Namun, perlu diingat bahwa badan lemas setelah bangun tidur bukanlah hal yang jarang terjadi.

Banyak faktor yang dapat menjadi penyebabnya, dan memahami faktor-faktor tersebut sangat penting untuk mengatasi masalah ini.

Kualitas tidur turut berperan besar dalam menentukan kebugaran tubuh Anda di saat bangun di pagi hari.

Selain buruknya kualitas tidur, ada faktor atau penyebab lainnya mengapa badan Anda lemas di saat bangun tidur, satu di antaranya karena stres yang berlebih.

Lantas, apa saja penyebab badan merasa lemas setelah bangun tidur?

Berikut 9 penyebab badan lemas setelah bangun tidur yang perlu diketahui, disadur dari Klikdokter, Jumat (23/6/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Penyebab Badan Lemas setelah Bangun Tidur

1. Konsumsi Kafein Berlebih

Jika Anda mengonsumsi kafein terlalu banyak, terutama pada sore dan malam hari, hal ini bisa membuat Anda melek saat mau tidur. Minuman yang mengandung kafein, antara lain kopi, teh, dan energy drink. 

Tak cuma itu, kopi dan teh bersifat diuretik sehingga akan membuat Anda lebih sering buang air kecil dan dehidrasi.

Jadi, kopi dan teh membuat badan lemas dengan dua cara, yaitu mengurangi waktu tidur Anda dan membuat Anda kekurangan cairan tubuh.

2. Konsumsi Makanan Berat sesaat sebelum Tidur

Acara-acara penting memang sering dilakukan pada malam hari. Namun, Anda tetap harus mengontrol porsi makan agar tidak membuat tubuh bekerja keras untuk mencerna makanan tersebut.

Kalau tubuh bekerja keras untuk mencerna makanan, otomatis organ dalam juga tak beristirahat. Hal ini bisa membuat badan Anda lemas saat bangun tidur.

Makanan berat yang dikonsumsi pada malam hari juga dapat meningkatkan produksi asam lambung. Kalau sudah begitu, sesak dan rasa tidak nyaman di dada akan dirasakan dan mengganggu tidur. 

3. Tekanan Darah Rendah

Tubuh yang terasa lelah saat bangun tidur kerap dirasakan oleh pengidap tekanan darah rendah atau hipotensi. Tekanan darah rendah ini umumnya sering dialami oleh wanita.

Pasalnya, tekanan darah rendah akan mengganggu sirkulasi oksigen ke otak yang membuat pengidap sering merasa lemas, termasuk saat bangun tidur.

3 dari 4 halaman

Penyebab Badan Lemas setelah Bangun Tidur

4. Anemia

Tekanan darah rendah dan anemia berbeda. Anemia adalah kurangnya kadar hemoglobin dalam darah seseorang. Namun, baik pengidap tekanan darah rendah maupun anemia dapat sama-sama mengalami rasa lemas ketika bangun tidur.

Hemoglobin adalah senyawa di dalam sel darah merah yang bertugas mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Jika kadarnya di dalam darah kurang, dapat memicu rasa lelah. 

5. Hipoglikemia

Kadar gula darah yang tinggi memang berbahaya, tetapi itu juga berlaku untuk kadar gula darah yang terlampau rendah. Sebab, tidak hanya bisa membuat badan lemas saat bangun tidur, tetapi juga kehilangan kesadaran.

Glukosa atau gula darah sangat diperlukan sebagai energi bagi tubuh untuk dapat menjalankan fungsi berbagai sel, organ, dan beraktivitas. Jika kadarnya rendah di dalam darah, tubuh bisa terasa lelah bahkan pingsan. 

6. Insomnia

Gangguan tidur insomnia dapat menyebabkan badan lelah dan pegal setelah bangun tidur. 

Insomnia terbagi menjadi tiga tipe, yaitu sulit tidur, mempertahankan tidur, serta bangun lebih cepat dari yang seharusnya dan tidak dapat tidur kembali.

Apa pun jenisnya, insomnia dapat memperpendek jam tidur dan memperburuk kualitas tidur seseorang. 

 

4 dari 4 halaman

Penyebab Badan Lemas setelah Bangun Tidur

7. Stres

Memikirkan banyak hal di malam hari akan membuat otak terus bekerja. Hal ini bisa memicu perubahan suasana hati sehingga keinginan untuk tidur teralihkan. 

Alhasil, "beban" tersebut terbawa, membuat menjadi sulit jatuh tidur. Setelah tidur pun, beban pikiran tersebut juga dapat memicu mimpi, membuat sering terbangun, dan akhirnya menyebabkan rasa lelah. 

8. Kualitas Tidur yang Buruk

Ketika kualitas tidur buruk atau sering terbangun, seluruh organ dalam tubuh tidak bisa beristirahat dengan maksimal. Alhasil, hal tersebut menyebabkan badan Anda lemas saat bangun tidur. 

Menurunnya kualitas tidur tersebut juga bisa dipengaruhi oleh mimpi. Biasanya, setelah bermimpi buruk, orang akan terbangun dan membutuhkan waktu untuk kembali tertidur.

9. Kecemasan atau Kegelisahan

Rasa cemas dan gelisah bisa menjadi penyebab badan lemas saat bangun tidur. Misal, rasa gelisah yang muncul akibat mimpi buruk kerap membuat Anda terbangun dengan jantung yang berdebar-debar.

Pada akhirnya, mimpi buruk bisa membuat badan terasa lelah. Anda pun merasa seperti tak cukup beristirahat, padahal durasi tidur ideal mungkin sudah tercukupi.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 13/6/2022).

Yuk, baca artikel penyebab lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer