Sukses


Contoh-Contoh Ide Bisnis untuk Anak Sekolah, Bisa Dilakukan saat Masa Liburan

Bola.com, Jakarta - Saat ini, menekuni dunia bisnis dan menjadi pengusaha merupakan pekerjaan yang menjanjikan. Wajar banyak orang memilih untuk terjun di dunia bisnis demi bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Untuk memulai bisnis itu tidak tergantung pada usia seseorang. Selagi masih muda dan produktif, tak masalah jika kamu sudah mulai menimba ilmu bisnismeski masih duduk di bangku sekolah.

Meski setiap hari mendapat jatah uang saku dari orang tua, tak ada salahnya untuk punya penghasilan sendiri. Selain itu, berbisnis bagi anak sekolah bisa dijadikan sarana untuk mengisi waktu luang ketika libur sekolah.

Ada banyak ide bisnis yang bisa dicoba dan ditekuni anak sekolah. Apa saja contoh ide bisnis tersebut?

Berikut ini beberapa contoh ide bisnis yang bisa dicoba anak sekolah, disadur dari Liputan6, Senin (26/6/2023).

2 dari 4 halaman

Bisnis yang Bisa Dicoba Anak Sekolah

1. Buka Les Privat untuk Siswa SD-SMP

Bagi anak SMA, bisa mencoba bisnis les privat untuk anak SD atau SMP. Hal itu memungkinkan karena anak SMA sudah melewati pelajaran di SD dan SMP.

Sangat menyenangkan ketika bisa berbagi ilmu sekaligus mendulang rupiah. Bisnis ini sangat cocok buat kamu yang berbakat mengajar. Misalnya untuk pelajaran komputer, bahasa Inggris, matematika, dan sebagainya.

Kamu bisa tawarkan jasa ini ke kenalan orang tua, teman-teman, atau tetangga. Modalnya antara lain kamus, stationary, dan lainnya.

2. Event Organizer

Pekerjaan ini mendukung untuk kamu yang cukup supel dan punya relasi di sana-sini. Untuk awalan, kamu bisa atur perayaan kecil-kecilan seperti ulang tahun, syukuran, atau lainnya.

Pastikan untuk memerhatikan hal-hal detail seperti dekorasi, kelengkapan, properti, kenyamanan tamu, dan makanan. Lalu perluas lagi jaringan seperti kerja sama dengan vendor.

3. Blogging

Aktivitas blogging saat ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebab, banyak sumber pendapatan yang bisa kamu maksimalkan. Misalnya, dengan memonetisasi Google Adsense, content placement, atau review.

Kontennya bisa menyesuaikan bakat atau kecenderungan tema yang kamu sukai. Kebanyakan blogger populer hanya fokus pada satu tema.

3 dari 4 halaman

Bisnis yang Bisa Dicoba Anak Sekolah

4. Jadi Content Creator di Instagram

Profesi selebgram sudah bukan hal baru lagi saat ini. Mula-mula, tentukan dulu apa saja yang menjadi fokusmu. Misalnya di bidang kuliner, jalan-jalan, atau fesyen. Kurang lebih sama alurnya dengan jadi blogger.

Kalau konten kamu menarik dan punya banyak follower, kesempatan jadi endorser bakal terbuka lebar-lebar. Dari situlah keran penghasilan mulai terbuka.

5. Jasa Ketik

Apa kamu punya keahlian mengetik dengan cepat? Manfaatkan kemampuanmu untuk mendapatkan bisnis baru. Banyak orang yang membutuhkan jasa ketik ini.

Jasa ini biasanya meliputi pengetikan dari dokumen hard copy untuk kemudian disimpan menjadi soft copy. Profesi ini begitu diburu oleh para pegawai, baik yang negeri maupun swasta.

6. Jual atau Beli Buku Bekas

Punya buku bekas yang masih layak baca? Daripada bertumpuk-tumpuk, kenapa tidak kamu jual saja? Tidak usah mahal-mahal. Cukup sekitar 30-40 persen dari harga beli.

Sekarang sudah banyak tempat untuk jualan, misalnya di marketplace. Biar cepat laku, usahakan terapkan bisnis ini untuk buku yang berpotensi langka atau berstatus limited edition.

4 dari 4 halaman

Bisnis yang Bisa Dicoba Anak Sekolah

7. Jadi Reseller Snack

Kamu dan temanmu yang suka ngemil bisa bisnis jualan snack. Tawarkan snack ke teman sekelas atau guru. Apalagi kalau produk yang kamu jual lagi booming. Misalnya makaroni pedas, lidi-lidian, atau keripik.

Biar tidak mengganggu pelajaran, buka lapaknya pas istirahat saja.

8. Jualan Pulsa

Bisnis ini lumayan banyak dilakukan oleh anak-anak sekolah. Untuk memulainya juga tidak memerlukan modal banyak.

Bisnis jualan pulsa juga cepat menyebar karena di sekolah banyak pangsa pasarnya, yakni teman-teman sendiri. Sebagai langkah awal, cari dulu agen pulsa terdekat yang ada di kotamu.

9. Jadi Babysitter

Jika kamu punya jiwa keibuan, pas jadi babysitter. Durasi pekerjaannya sama sekali tidak menyita waktu belajarmu. Namun, kamu wajib menjalaninya secara profesional agar anak yang jadi tanggungan selalu aman.

Berhubung tidak datang dari institusi khusus, kamu bisa tawarkan ke orang terdekat dulu. Misalnya saudara atau tetangga.

10. Jasa Pindahan

Untuk sekali pindahan, kamu bisa mengantongi uang Rp200 ribu sampai Rp500 ribu. Namun, untuk menjalankan bisnis ini, kamu memerlukan rekan kerja. Kalau punya banyak teman, ajak saja.

Di kota-kota besar, kebanyakan orang tidak punya banyak waktu untuk kemas-kemas. Jadi, modal usaha ini seputar lakban, gunting, cutter, tali, dan kardus.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Fitriana Monica Sari. Editor: Nurseffi Dwi Wahyuni. Published: 22/3/2019)

Baca artikel seputar contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer