Sukses


Macam-Macam Syarat Penangguhan Penahanan

Bola.com, Jakarta - Penangguhan penahanan adalah upaya untuk mengeluarkan tersangka sebelum waktu penahanannya selesai.

Ini merupakan satu di antara cara untuk melindungi hak asasi manusia, di mana seseorang yang menjadi tersangka atau terdakwa yang ditahan dapat mengajukan permohonan agar penahanannya ditunda.

Permohonan penangguhan penahanan umumnya didasarkan pada kesepakatan antara pelapor dan terlapor, yang diawasi oleh lembaga yang berwenang.

Namun, penangguhan penahanan tidak berarti bahwa tersangka bebas dari tahanan, melainkan penahanannya ditangguhkan asalkan tersangka setuju dengan persyaratan yang ditetapkan dalam peraturan yang berlaku.

Dasar hukum yang mengatur penangguhan penahanan ini terdapat pada KUHAP Pasal 31 ayat (1) yang menyatakan, "Berdasarkan permintaan tersangka atau terdakwa, penyidik, penuntut umum, atau hakim sesuai kewenangannya masing-masing dapat melakukan penangguhan penahanan dengan atau tanpa jaminan orang atau uang, berdasarkan syarat-syarat yang telah ditetapkan".

Agar lebih paham lagi, berikut macam-macam syarat penangguhan penahanan, dilansir dari fahum.umsu.ac.id, Rabu (28/6/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Syarat Penangguhan Penahanan

Tersangka atau terdakwa wajib untuk melapor

Syarat pertama penangguhan penahanan yaitu tersangka atau terdakwa wajib melapor. Mereka harus secara rutin menghadap ke pihak yang berwenang, seperti kepolisian atau pengadilan, sesuai jadwal yang ditentukan.

Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa mereka tetap berada di bawah pengawasan hukum.

Tersangka atau terdakwa tidak boleh keluar rumah

Syarat kedua penangguhan penahanan yaitu tersangka atau terdakwa tidak boleh keluar rumah. Mereka tidak diizinkan meninggalkan tempat tinggal mereka, kecuali ada izin resmi atau keperluan yang mendesak yang diizinkan oleh pihak berwenang.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa mereka tetap berada dalam pengawasan dan tidak melarikan diri.

Tersangka atau terdakwa tidak boleh keluar kota

Syarat ketiga penangguhan penahanan yaitu tersangka atau terdakwa tidak boleh keluar kota. Mereka tidak diizinkan meninggalkan wilayah kota atau daerah tertentu tanpa izin resmi. Hal ini bertujuan untuk membatasi pergerakan mereka dan mencegah mereka melarikan diri atau menghilangkan bukti.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Syarat Penangguhan Penahanan

 

Selain tiga syarat di atas, penangguhan penahanan juga membutuhkan jaminan. Adapun jaminannya yaitu jaminan uang dan jaminan orang.

a. Jaminan penangguhan penahanan berupa uang

Jaminan penangguhan penahanan dalam bentuk uang ditetapkan oleh pejabat yang berwenang dan jumlahnya disimpan di Kepaniteraan Pengadilan Negeri.

Apabila tersangka atau terdakwa melarikan diri dan tidak ditemukan dalam waktu tiga bulan, uang jaminan tersebut akan menjadi hak negara dan disetorkan ke kas negara.

Jika setelah lewat waktu tiga bulan tersangka atau terdakwa tertangkap kembali, mereka tidak dapat mengajukan permintaan pengembalian uang jaminan. Namun, bagi tersangka atau terdakwa yang tidak melarikan diri dan kasusnya telah selesai, uang jaminan akan dikembalikan kepada mereka.

b. Jaminan orang

Jaminan orang mengacu pada seseorang yang bersedia menjamin atau menanggung kewajiban pihak lain, termasuk konteks penangguhan penahanan. Dalam hal ini, jaminan orang adalah orang yang menjamin bahwa tersangka akan memenuhi persyaratan dalam proses penangguhan penahanan.

Jika tersangka tidak dapat memenuhi atau melanggar syarat-syarat yang ditetapkan, penjamin tersebut bertanggung jawab sepenuhnya atas hal tersebut.

Ketentuan mengenai jaminan orang yang diatur dalam Pasal 36 Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 1983 tentang Pelaksanaan KUHAP. Pasal tersebut menjelaskan, "jika penjamin adalah seorang individu, dan tersangka melarikan diri dan tidak ditemukan setelah tiga bulan, penjamin wajib membayar sejumlah uang yang ditetapkan oleh pejabat yang berwenang sesuai dengan tingkat pemeriksaan. Uang tersebut harus disetor ke kas negara melalui panitera pengadilan negeri. Jika penjamin tidak mampu membayar jumlah uang tersebut, harta miliknya dapat disita oleh juru sita untuk dijual lelang, dan hasil penjualan tersebut akan disetor ke kas negara melalui panitera pengadilan negeri".

Dalam penangguhan penahanan dengan jaminan orang, sebaiknya penjamin adalah keluarga dekat dari tersangka atau terdakwa, seperti orang tua, anak, istri, suami, dan sebagainya. Hal ini bertujuan untuk menghindari ancaman yang diatur dalam Pasal 221 KUHP jika tersangka melarikan diri.

Penasihat hukum tersangka atau terdakwa sebaiknya tidak menjadi penjamin karena mereka tidak terkebal terhadap ketentuan Pasal 221 KUHP dan untuk menjaga netralitas mereka sebagai penasihat hukum.

 

Sumber: fahum.umsu.ac.id

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer