Sukses


Apa itu Tipografi? Yuk, Pahami Penjelasan Lengkapnya

Bola.com, Jakarta - Tipografi adalah teknik memilih teks dalam proses desain grafis. Secara umum, tipografi adalah teknik dalam melakukan penyusunan huruf dan teks di dalam suatu pembuatan visual supaya dapat terbaca dan menarik untuk dilihat.

Seni ini berkaitan erat dengan pemilihan jenis huruf atau yang dikenal dengan sebutan font.

Tipografi akan menentukan estetika di dalam suatu desain grafis. Oleh sebab itu, perlu kemampuan khusus untuk dapat menyusun tipografi yang menarik secara visual dan dapat diterima dengan baik oleh pembacanya.

Contoh tipografi yang mungkin sering ditemui adalah tipografi di desain poster dan kemasan. Ketika kamu menyaksikan tulisan di dalam suatu poster atau desain kemasan, itulah yang dinamakan dengan tipografi.

Meski berkaitan erat dengan desain grafis, tipografi sebenarnya juga dapat digunakan pada seni-seni murni. Satu di antara seni non-desain grafis yang memanfaatkan tipografi adalah puisi.

Tipografi puisi adalah struktur yang membentuk suatu puisi, mulai tepi kanan-kiri, baris, hingga penggunaan huruf kapitalnya.

Agar lebih paham, berikut penjelasan lebih lanjut tentang tipografi, dilansir dari sampoernauniversity.ac.id, Rabu (28/6/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Elemen Tipografi

Huruf Teks

Huruf teks adalah huruf yang dipilih untuk memberikan penjelasan tertentu. Jadi, huruf teks ini sifatnya adalah pendukung dari huruf utama. Penyusunan huruf teks penting dilakukan supaya teks mudah dibaca dengan jelas. 

Usahakan agar dapat mempertimbangkan mengenai ukuran, warna, dan jenis font agar para pembaca dapat membaca dalam kondisi apa pun. 

Huruf Judul

Huruf judul adalah huruf utama dari suatu publikasi visual. Huruf judul umumnya memiliki ukuran yang lebih besar dari huruf teks. Jadi, huruf judul ini juga perlu mempertimbangkan jenis font yang dipilih, ukuran, dan warna. 

3 dari 5 halaman

Fungsi Tipografi

Mudah Dibaca

Mudah dibaca adalah satu di antara fungsi utama dari tipografi. Jadi, tipografi dibuat supaya pembaca dapat dengan mudah memahami teks yang dituliskan. Di sini, pemilihan font, ukuran, dan warna akan sangat menentukan. 

Menarik Perhatian

Selain untuk memberikan kemudahan, tipografi berfungsi untuk menarik perhatian para pembaca. Tipografi ini bahkan lebih penting ketimbang ilustrasi dari suatu desain publikasi. Pasalnya, tujuan dari desain publikasi itu tercantum pada tipografi. 

Maka itu, perlu penyusunan yang dapat menarik perhatian calon pembacanya.

Memperkuat Tema Visual

Tipografi menentukan kesan visual di dalam suatu desain grafis. Misalnya ketika ingin membuat poster yang bertemakan misteri. Pemilihan font dan warna harus menyesuaikan dengan desain yang ada agar kesan horor makin kuat. 

Namun, berbeda ketika kita sedang membuat poster yang bertemakan horor, menggunakan warna font yang cenderung berwarna tentunya akan menghilangkan kesan horor. 

Memperkuat Karakter

Memperkuat karakter merupakan satu di antara fungsi dari tipografi, terutama untuk pembuatan desain produk. Pemilihan jenis dan warna tipografi akan menentukan karakter produk. 

Misalnya produk yang dikhususkan untuk laki-laki akan dibuat dengan jenis font yang tegak, tebal, dan tegas agar memperkuat karakter kelaki-lakian mereka.

4 dari 5 halaman

Prinsip Tipografi

Readability

Readability maksudnya adalah tipografi harus dapat terbaca. Seperti diketahui, tujuan utama pembuatan tipografi adalah untuk memudahkan para calon pembacanya.

Itulah mengapa di dalam tipografi harus memenuhi prinsip readability. Readability ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya jenis font, jarak antarhuruf, ukuran, sampai kombinasinya.

Legibility

Legibility pada dasarnya hampir sama dengan readability, yaitu kemudahan untuk dibaca. Prinsip ini juga harus diterapkan supaya para pembaca dapat dengan mudah memahami apa isi teks.

Legibility ini dipengaruhi oleh jenis font dan ukurannya. Makin mudah dibaca maka tipografi akan makin baik pula.

Visibility

Visibility maksudnya adalah tipografi dapat terlihat dalam jarak tertentu. Hal ini berarti tipografi disarankan untuk jangan terlalu kecil supaya dapat terlihat oleh para pembaca sejauh apa pun jarak penglihatannya.

Selain itu, jenis font akan menentukan visibility karena dalam beberapa kasus, tipografi terlihat dengan jelas, tetapi tidak bisa terbaca.

Estetika

Tipografi harus memenuhi prinsip estetika. Kendati mungkin selera dan karakter tiap desainer pasti berbeda, ada estetika-estetika tertentu yang menjadi pakem di dalam tipografi.

Estetika ini akan memengaruhi keindahan tipografi sehingga dapat menarik perhatian orang. Makin bagus tipografi dibuat maka akan makin membuat orang penasaran pula. Alhasil, tujuan tipografi pun akan terpenuhi.

5 dari 5 halaman

Cara Penggunaan Tipografi

Pemilihan Jenis dan Warna Font

Pemilihan font merupakan satu di antara faktor yang akan menentukan kesan dari tipografi. Oleh karena itu, usahakan untuk memilih font yang sesuai tujuan desain yang diinginkan.

Sesuaikan pula, font dengan latar belakangnya. Hal ini berkaitan dengan warna dari teks, jadi apabila latar belakang berwarna gelap, usahakan agar teks menggunakan warna yang terang dan sebaliknya.

Menentukan Ukuran

Ukuran patut dipertimbangkan ketika sedang membuat suatu desain. Tentukan ukuran font sesuai output yang akan dihasilkan. Misalnya untuk publikasi cetak, ukuran font juga usahakan yang cenderung besar.

Ukuran font juga diusahakan jangan sampai terlalu kecil.

Pengaturan Jarak Antar Teks

Jarak antarteks atau spasi perlu diperhatikan agar tipografi lebih enak untuk dibaca. Usahakan agar spasi membuat tulisan lebih mudah untuk dibaca. Selain itu, berikan pula jarak teks dengan tepi dari desain agar tidak terlalu memenuhi desain utama.

 

Sumber: sampoernauniversity.ac.id

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer