Sukses


Keutamaan Hari Jumat bagi Umat Islam dan Bacaan Doa di Jumat Sore

Bola.com, Jakarta - Dalam agama Islam, Jumat adalah hari yang memiliki makna dan keistimewaan yang luar biasa.

Dalam Al-Qur'an dan hadis Nabi Muhammad saw. terdapat penekanan khusus terhadap pentingnya menjadikan Jumat sebagai hari yang istimewa dalam menjalankan ibadah dan meningkatkan spiritualitas kita.

Hari Jumat memiliki nilai dan keberkahan yang tidak dimiliki oleh hari-hari lain dalam seminggu. Allah Swt. telah memberikan keutamaan dan keistimewaan tertentu kepada hari ini sehingga menjadikannya sebagai waktu yang penuh berkah dan kesempatan yang baik untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Keutamaan hari Jumat bagi umat Islam meliputi berbagai aspek kehidupan, termasuk kesejahteraan spiritual, rezeki, dan keberkahan dalam keluarga dan kehidupan pribadi.

Selain itu, ada pula beberapa doa yang bisa dipanjatkan pada sore hari di hari Jumat, yang akan memberikanmu kemudahan rezeki dan menjalani kehidupan di dunia.

Berikut keutamaan hari Jumat bagi umat Islam dan bacaan doa di Jumat sore, seperti disadur dari Dream, Jumat (30/6/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Keutamaan Hari Jumat bagi Umat Islam

Diciptakannya Nabi Adam as

Keutamaan hari Jumat yang pertama adalah diciptakannya Nabi Adam a.s., di mana Nabi Adam a.s. adalah nabi sekaligus manusia pertama yang diciptakan oleh Allah Swt. Hal ini seperti dijelaskan dalam sebuah hadis dari riwayat muslim berikut:

"Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam a.s. diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat."(HR. Muslim)

Pahala Dilipatgandakan

Sebagian besar umat Islam sudah mengetahui bahwa pada hari Jumat pahala dilipatgandakan oleh Allah Swt. jika mengerjakan amalan yang diperintahkan. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam firman-Nya surat Al-Baqarah ayat 261, berikut:

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

Artinya: "Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui."(QS. Al-Baqarah: 261)

3 dari 4 halaman

Keutamaan Hari Jumat bagi Umat Islam

Waktu Mustajab untuk Berdoa

Keutamaan hari Jumat berikutnya adalah menjadi waktu yang mustajab untuk berdoa. Kendati umat Islam bisa berdoa kapan saja, hari Jumat adalah hari yang paling tepat untuk memanjatkan doa kepada Allah Swt. dan lebih besar peluangnya untuk dikabulkan.

Seperti yang dijelaskan dalam hadis berikut:

"Pada hari Jumat ada 12 jam. Di antaranya ada satu waktu, apabila ada seorang muslim yang memohon kepada Allah di waktu itu, niscaya akan Allah berikan. Carilan waktu itu di pengujung hari setelah Ashar." (HR. Abu Dawud)

Dosa Diampuni Allah Swt.

Setiap manusia tentu tidak luput dari dosa. Namun, selama hidup di dunia ini, Allah Swt. membuka lebar-lebar pintu maaf bagi siapa pun yang hendak bertobat dengan hati yang tulus dan ikhlas karena Allah Swt. Hal ini dijelaskan dalam hadis berikut:

"Barang siapa berwudu kemudian memperbaiki wudunya, lantas berangkat Jumat, dekat dengan Imam dan mendengarkan khotbahnya maka dosanya di antara hari tersebut dan Jumat berikutnya ditambah tiga hari diampuni."(HR. Muslim)

Terjaga dari Fitnah Kubur

Keutamaan dari hari Jumat juga bisa menjaga umat Islam dari fitnah kubur. Hal ini dijelaskan oleh Imam Ahmad dan Imam Tirmidzi yang meriwayatkan dari Abdillah bin ‘Amr bin al-‘Ash, barang siapa yang meninggal dunia pada hari Jumat maka ia terjaga dari fitnah kubur.

Dalilnya adalah sebagai berikut:

"Tiada seorang Muslim yang mati di hari atau malam Jumat, kecuali Allah menjaganya dari fitnah kubur."

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa di Jumat Sore

Bacaan Doa Jumat Sore Pendek

Astaghfirullahalladzi la ilaha illa huwal hayyul qayyumu, wa atubu ilaihi.

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah, Zat yang tiada tuhan selain Dia yang maha hidup, lagi maha tegak. Aku bertobat kepada-Nya."

Umat Islam juga bisa membaca doa lainnya, yakni doa untuk memohon dilancarkan rezekinya, memohon diberi keturunan, dan sebagainya sesuai harapanmu. Kemudian amalkanlah bacaan-bacaan berikut ini:

Membaca salawat

Bismillahir rahmaanir rahiim, Allaahumma shalli ‘alaa Muhammadin wa aali Muhammad.

Artinya: "Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, sampaikanlah selawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya."

Membaca surat Al-Kahfi

Dengan membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat maka umat Islam yang membacanya akan dinaungi cahaya kebaikan di antara dua Jumat, seperti yang dijelaskan dalam hadis berikut:

"Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka Allah memberinya sinar cahaya di antara dua Jumat." (HR. An-Nasai dan Al Hakim)

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Widya Resti Oktaviana. Published: 23/9/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer