Sukses


Presiden Jokowi Serahkan Bonus Rp 320 Miliar untuk Atlet Peraih Medali di ASEAN Para Games 2023

Bola.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo menyerahkan bonus kepada atlet-atlet Indonesia yang sukses meraih juara umum pada ASEAN Para Games (APG) 2023. Total bonus yang diserahkan senilai Rp 320 miliar.

Bertempat di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (3/72023), Presiden Jokowi secara simbolis menyerahan bonus kepada perwakilan atlet, pelatih, dan asisten pelatih peraih medali di APG 2023.

Dalam acara penyerahan bonus tersebut hadir pula Menpora Dito Ariotedjo, Ketua NPC Indonesia Senny Marbun, dan CdM Indonesia untuk APG 2023 Andi Herman, serta sejumlah Menteri Indonesia Maju.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih dan memuji kerja keras kontingen Merah-Putih yang telah berjuang sekuat tenaga, sehingga mengantarkan Indonesia keluar sebagai juara umum APG 2023 di Phnom Penh, Kamboja pada 3-9 Juni 2023.

"Terima kasih. Bangsa, negara dan rakyat sangat bangga dengan saudara-saudara sekalian yang telah berhasil meraih juara umum di ASEAN Para Games 2023. Prestasi ini adalah yang ketiga kalinya secara berturut-turut," ucap Presiden Jokowi.

"Berkat kegigihan saudara-saudara sekalian, Indonesia berhasil membawa pulang raihan 158 medali emas, 148 perak, dan 95 perunggu. Ini capaian yang luar biasa!” puji Presiden Jokowi sambil mengangkat dua jempol tangannya.

 

2 dari 2 halaman

Kucurkan Rp 320 Miliar

Atas prestasi itu, pemerintah mengucurkan bonus senilai Rp 525 juta bagi peraih medali emas, Rp 315 juta untuk peraih medali perak, dan 157,5 juta rupiah bagi peraih medali perunggu. Total anggaran negara yang dibutuhkan bagi bonus tersebut lebih dari Rp 320 miliar.

"Saya berpesan supaya manfaatkan bonus yang ada ini untuk terus berlatih demi memacu prestasi. Jangan belikan barang-barang mewah. Belikan barang-barang untuk investasi jangka panjang," kata Presiden Jokowi.

NPC Indonesia mengirimkan total 268 atlet untuk berlaga di APG 2023. Hasilnya sebanyak 126 atlet mampu meraih medali emas, 91 atlet meraih medali perak, dan 20 atlet meraih medali perunggu.

Rata-rata usia kontingen Indonesia yakni 26 tahun dan sebanyak 19 persen berusia di bawah 22 tahun.

Video Populer

Foto Populer