Sukses


Bacaan Doa setelah Salat Tahajud agar Cepat Terkabul, Lengkap beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Bacaan doa salat Tahajud penting diketahui umat muslim. Doa tersebut dibaca umat muslim setelah salat Tahajud agar keinginannya cepat terkabul.

Salat Tahajud menjadi satu di antara amalan sunah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw. kepada umatnya. Bahkan, salat Tahajud dianggap sebagai ibadah salat sunah yang paling istimewa.

Telah disebutkan juga dalam Al-Qur'an bahwa salat Tahajud dapat membuat orang yang mengamalkannya diangkat ke tempat yang terpuji di mata Allah Swt.

Namun, untuk melaksanakan salat Tahajud secara rutin dibutuhkan kesungguhan. Apalagi salat Tahajud dikerjakan pada waktu malam hingga dini hari.

Pada malam hari, biasanya orang-orang susah untuk bangun dan melaksanakan salat Tahajud. Hal tersebut yang membuat seseorang perlu mempunyai kesungguhan dalam melaksanakannya.

Setelah melaksanakan salat Tahajud, dilanjutkan dengan membaca doa. Bacaan doa ini sifatnya tidak wajib, tetapi dianjurkan oleh Allah Swt.

Berikut ini bacaan doa setelah salat Tahajud agar cepat terkabul, disadur dari Liputan6, Senin (3/7/2023).

2 dari 6 halaman

Doa setelah Salat Tahajud

Berikut ini bacaan doa setelah salat Tahajud dalam tulisan Arab:

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

3 dari 6 halaman

Doa setelah Salat Tahajud

Doa setelah salat Tahajud dalam tulisan latin:

Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa'dukal haqqu, wa liqaa'uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wan-nabiyyuuna haqqun, wa Muhammadun shallallahu 'alaihi wa sallama haqquw wassaa'atu haqqun.

Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa 'alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qoddamtu, wa maa akhkhartu, wa maa asrartu, wa maa a'lantu, wa maa anta a'lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu'akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

4 dari 6 halaman

Doa setelah Salat Tahajud

Artinya:

"Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad saw. itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya kepada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah."

5 dari 6 halaman

Tata Cara Berdoa yang Disukai Allah Swt.

Terkabulnya doa atau keinginan adalah sebuah hal yang paling dinantikan oleh setiap orang karena setiap manusia tak akan bisa hidup tanpa pertolongan dan bantuan dari Allah Swt.

Agar doa tersebut cepat terkabul, sebagai seorang muslim harus selalu memberikan usaha yang terbaik dan maksimal karena usaha saja tidak cukup dalam menjalani kehidupan. Harus dibarengi dengan doa yang senantiasa dipanjatkan hanya kepada Allah semata.

Allah Swt. berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina." (Dalam Al-Qur'an surah Al-Mu’min/40:60)

6 dari 6 halaman

Urutan Berdoa yang Benar

1. Mengucapkan Puji-pujian kepada Allah

Agar doa cepat terkabul, sebaiknya diawali dengan memberikan puji-pujian kepada Allah, seperti membaca hamdalah dan tasbih.

2. Membaca Selawat

Setelah memberikan puji-pujian pada Allah, selanjutnya adalah memberikan selawat kepada Nabi Muhammad agar kita senantiasa diberikan syafaat oleh Nabi kelak di akhirat.

3. Perbanyak Doa di Waktu yang Diijabah

Ada waktu-waktu yang diijabah untuk berdoa, seperti ketika turun hujan, antara azan dan iqomah, ketika berbuka puasa, saat sepertiga malam dan setelah selesai salat. Jadi, manfaatkan waktu tersebut untuk memperbanyak doa.

4. Harus Bersungguh-sungguh

Agar doa cepat terkabul, lakukan dengan penuh kesungguhan. Penuhi diri dengan harapan hanya kepada Allah semata.

Bersihkan hati dan akui segala dosa karena dengan kerendahan diri di hadapan Allah, akan membuat hati makin tulus dan ikhlas dalam berdoa.

5. Membaca Doa Keselamatan Dunia Akhirat

Inti dalam doa keselamatan adalah untuk memohon untuk diselamatkan di dunia dan di akhirat (dari api neraka). Adapun doa tersebut adalah:

"Rabbana atina fiddunnya hasanah wa fil akhirati hasanah wa qina adzabannar."

Artinya:

Ya Tuhan kami, berikanlah kebijakan di dunia serta kebijakan di akhirat kelak dan lidungilah kami dari azab api neraka yang pedih.

Meminta pertolongan atau berdoa kepada Allah Swt. sebaiknya dilakukan tidak hanya pada saat kondisi yang sempit atau kesusahan. Namun, berdoalah kepada-Nya dalam keadaan apa pun, baik saat sedih mau pun senang.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Fadjriah Nurdiarsih. Published: 28/3/2023)

Baca artikel seputar doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer