Sukses


Manfaat Jambu Jamaika atau Bol untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Jambu jamaika atau bol masih termasuk kerabat jambu-jambuan. Jambu jamaika bentuknya sekilas mirip jambu air.

Bedanya, jambu jamaika ukurannya lebih besar. Kulit buah jambu jamaika berwarna merah segar, ada pula sebagian jenisnya yang berwarna putih dan merah muda.

Jambu jamaika rasanya tidak manis seperti halnya jambu air. Rasa jambu jamaika cenderung hambar dan kering.

Di balik bentuk dan rasanya yang unik, jambu jamaika punya manfaat tak terduga untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan jambu bol punya segudang nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Jambu yang satu ini mengandung banyak vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Jambu jamaika juga mengandung protein, lemak, serat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, B2, B3, C dan lainnya.

Kandungan gula pada jambu bol juga tidak tergolong tinggi sehingga jambu ini diklaim cocok untuk mengontrol gula darah dan mencegah diabetes.

Berikut ini manfaat jambu jamaika atau bol untuk kesehatan yang perlu diketahui, dilansir dari pemkomedan.go.id dan manfaat.co.id, Selasa (4/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat Mengonsumsi Jambu Jamaika atau Bol

1. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang dimiliki jambu jamaika sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Dengan mengonsumsi jambu jamaika secara teratur, dapat membantu terhindar dari gangguan mata.

Tak hanya itu, buah ini juga bisa membantu memperbaiki penglihatan hingga menjadi lebih cerah. Maka itu, bagi kamu yang ingin memiliki mata sehat bisa rutin mengonsumsi jambu jamaika.

2. Menjaga kesehatan kulit

Dengan kandungan vitamin C dan vitamin A di dalamnya, buah jamaika bisa membantu menjaga kulit agar tetap sehat. Menjadikan kulit lebih cerah dan segar.

3. Membantu melancarkan sistem pencernaan

Buah jambu jamaika mengandung serat yang dapat membantu memperlancar sistem pencernaan sehingga membuatmu terhindar dari sembelit atau kesulitan buang air besar.

Jambu jamaika memiliki cukup banyak kandungan air sehingga sekaligus dapat membantu memperlancar buang air kecil sehingga proses pengeluaran racun dalam tubuh melalui sekresi air kencing dapat berlangsung dengan baik.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mengonsumsi Jambu Jamaika atau Bol

4. Sumber energi dan karbohidrat

Memiliki kandungan manfaat karbohidrat dan energi yang tinggi. Mengonsumsi beberapa buah jambu jamaika saja sudah membuatmu merasa kenyang sehingga cocok dijadikan sebagai santapan diet yang sehat.

5. Membantu menguatkan tulang

Jambu jamaika memiliki kandungan zat besi yang penting untuk pertumbuhan tulang. Dengan memenuhi kebutuhan zat besi dapat membantu mencegah pengeroposan tulang.

6. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin C yang terkandung dalam buah jambu jamaika penting untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga kita bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit.

7. Meredakan sariawan

Konsumsi buah jambu jamaika dengan kandungan vitamin C-nya merupakan satu di antara alternatif herbal untuk mengatasi masalah sariawan.

Selain itu, untuk mengatasi sariawan, kamu juga bisa memanfaatkan air seduhan kulit kayu pohon jambu jamaika.

8. Membantu menurunkan demam

Air seduhan dari daun, buah, dan biiji buah jambu jamaikan dapat membantu menurunkan demam.

9. Mencegah terkena penyakit diabetes

Konsumsi langsung buah jambu jamaika dapat membantu mengurangi kadar gula berlebih dalam darah sehingga mencegah dari terkena penyakit diabetes.

Selain buah, seluruh bagian pohon seperti daun, batang, maupun akar jambu jamaika juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati diabetes.

4 dari 4 halaman

Manfaat Bagian Lain Tanaman Jambu Jamaika

Ternyata tidak hanya buahnya saja, bagian lain dari pohon jambu jamaika seperti daun, akar, dan lain-lainnya juga memiliki manfaat.

Berikut adalah manfaat pohon jambu jamaika:

Mengobati infeksi mulut dan tenggorokan

Untuk mengobati infeksi pada mulut, tenggorokan, sakit perut, serta gangguan pencernaan lainnya, kamu bisa mengkonsumsi jus dari daun jambu jamaika.

Melembabkan kulit

Jus daun muda jambu jamaika bisa dijadikan sebagai alternatif untuk melembabkan kulit secara alami.

Meredakan disentri

Air seduhan akar pohon jambu jamaika dapat membantu menyembuhkan penyakit disentri. Selain itu, air seduhan akar ini bisa mengatasi bengkak dan meredakan nyeri haid.

Sebagai Antibiotik

Kulit kayu, biji, dan daun jambu jamaikan mengandung antibotik dan memiliki efek terhadapa tekanan darah dan pernapasan.

Mengatasi gatal-gatal

Akar jambu bol bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi gatal-gatal dengan cara mengoleskan akar yang sudah dihaluskan pada bagian kulit yang gatal.

 

Sumber: pemkomedan.go.id, manfaat.co.id

Baca artikel seputar manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer