Sukses


4 Bahaya Terlalu Sering Minum Soda bagi Kesehatan Gigi

Bola.com, Jakarta - Minuman soda dalam berbagai rasa yang menggugah selera, telah menjadi satu di antara minuman favorit di banyak negara, termasuk di Indonesia.

Namun, sedikit yang menyadari bahwa kebiasaan minum soda yang berlebihan dapat menyebabkan masalah serius pada kesehatan gigi.

Gigi merupakan satu di antara aset berharga yang perlu kita jaga dengan baik. Namun, mengonsumsi soda secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan gigi yang serius, termasuk pembusukan gigi.

Tingginya kandungan gula, asam, dan bahan tambahan dalam soda dapat merusak struktur gigi dan meningkatkan risiko terjadinya kerusakan gigi.

Agar kamu lebih memahami soal efek buruk soda untuk gigi, kamu bisa menyimak artikel di bawah ini.

Berikut empat bahaya terlalu sering minum soda bagi kesehatan, disadur dari Klikdokter, Selasa (4/7/2023).

2 dari 4 halaman

Bahaya Terlalu Sering Minum Soda bagi Kesehatan Gigi

1. Erosi Gigi

Erosi gigi dapat terjadi ketika asam dan gula di dalam minuman soda berkontak langsung dengan enamel gigi. Enamel adalah lapisan luar untuk melindungi gigi. 

Suasana asam dalam mulut akibat minuman soda dalam jangka waktu lama akan menyebabkan terkikisnya lapisan enamel. Gigi akan terasa sensitif atau lebih ngilu dari biasanya.

2. Gigi Berlubang

Lapisan enamel yang terkikis lama-kelamaan akan menyebabkan karies gigi, kemudian membuat gigi berlubang.

Bahaya minum soda untuk kesehatan gigi ini dapat berkembang seiring berjalannya waktu kamu bila rutin minum soda. Kondisi gigi berlubang bahkan dapat diperparah oleh kesehatan mulut yang buruk.

3 dari 4 halaman

Bahaya Terlalu Sering Minum Soda bagi Kesehatan Gigi

3. Noda Gigi

Efek buruk soda untuk gigi berikutnya adalah noda di gigi. Gula yang menempel pada gigi dapat mengakibatkan plak. Bila dibiarkan, lama-lama gigi akan berwarna kuning ataupun cokelat kehitaman. Hal ini tentu dapat mengurangi rasa percaya diri saat mengobrol atau tertawa.

4.Gigi Sensitif

Gigi sensitif juga menjadi bahaya minum soda bagi kesehatan gigi. Jika permukaan enamel gigi terpapar minuman soda terus-menerus maka mineralnya akan larut.

Apalagi jika kamu memiliki kebiasaan buruk seperti sikat gigi terlalu kencang atau tekniknya salah, mineral gigi bisa makin terkikis. Hal ini biasanya akan menimbulkan penurunan gusi dan hipersensitivitas dentin atau gigi sensitif. 

4 dari 4 halaman

Tips Minum Soda yang Aman untuk Kesehatan Gigi

Jangan sampai kamu mengalami bahaya minum soda bagi kesehatan gigi di atas. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah berhenti mengonsumsi minuman yang merusak gigi seperti soda. 

Bila sulit menghentikan kebiasaan tersebut, ikuti beberapa tips dari Journal of Dentistry berikut ini agar kerusakan gigi setidaknya dapat berkurang:

  • Batasi jumlah minuman soda.
  • Pilih soda rendah karbonasi (paling tidak menyebabkan erosi gigi), jangan minum terlalu lama dan akhiri dengan makanan seperti keju atau susu tawar.
  • Gunakan sedotan agar soda tidak berkontak langsung dengan gigi.
  • Jangan minum soda seperti berkumur atau lama menahannya di rongga mulut.
  • Perbanyak air putih terutama setelah mengonsumsi minuman bersoda.
  • Hindari langsung menggosok gigi setelah minum soda, tunggu setidaknya sekitar 30-60 menit setelahnya.
  • Gunakan pasta gigi mengandung fluoride agar gigi terlindungi dari kerusakan.
  • Hindari minuman soda sebelum tidur.

Minuman yang merusak gigi seperti soda sebaiknya tidak sering dikonsumsi. Efek buruk soda untuk gigi akan menurunkan kesehatan gigi dan kepercayaan diri.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 30/1/2023)

Baca artikel seputar kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

 

Video Populer

Foto Populer