Sukses


6 Manfaat Menyehatkan Bayam yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Bayam adalah satu di antara jenis sayuran hijau yang kaya akan nutrisi dan memiliki berbagai manfaat positif bagi kesehatan tubuh kita.

Sayuran ini telah dikenal sejak lama sebagai satu di antara makanan yang baik untuk menjaga kesehatan dan memberikan kontribusi signifikan dalam menyediakan berbagai zat gizi penting.

Bayam juga merupakan sayuran yang rendah kalori, tetapi kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Di dalamnya terdapat kandungan yang melimpah, termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin K, zat besi, kalsium, dan magnesium.

Selain itu, bayam mengandung senyawa antioksidan seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata dan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Lantas, apa saja manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi bayam secara rutin?

Berikut enam manfaat menyehatkan bayam yang perlu diketahui, seperti dikutip dariĀ Holistichealth, KamisĀ (6/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Bayam

1. Menyehatkan Tulang

Tulang perlu asupan vitamin K untuk menjaga kesehatan dan mencegah dari berbagai penyakit. Bayam merupakan satu di antara sayuran yang kaya akan kandungan vitamin K.

Asupan vitamin K yang cukup dapatĀ menurunkan dan mengendalikan aktivasi osteoklas yang berlebihan. Osteoklas adalah sel yang biasanya dapat memecah kepadatan tulang seiring berjalannya usia.

Bayam juga merupakan sayuran yang dapat dijadikan sebagai pengganti susu karena kandungan kalsium di dalamnya sehingga dapat menurunkan risiko terkena osteoporosis.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Seperti sayuran hijau lainnya, bayam memiliki kadar kalori yang cukup rendah. Dengan hal itu, bayam dapat membantu dalam usahamu untuk menurunkan berat badan.

Bayam juga cukup tinggi kandungan seratnya, serat adalah nutrisi penting yang dapat memberikan efek kenyang lebih cepat dan lebih lama untuk perut.

Dengan ini bayam bagus untuk dikonsumsi karena dapat mencegah mengonsumsi makanan terlalu berlebihan, yang biasanya merupakan penyebab utama memiliki berat badan yang berlebih.

3 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Bayam

3. Meningkatkan Penglihatan

Satu ikat bayam yang kamu konsumsi dapat memberikan kebutuhan vitamin A dalam sehari. Hal tersebut adalah sesuatu yang bagus untuk mata yang mengalami kelelahan.

Beta karoten adalah bentuk vitamin A yang sering ditemukan dalam tanaman seperti bayam, dan beta karoten bermanfaat untuk membantu pertumbuhan sel dan penglihatanĀ yang lebih baik.

Selain itu berbagai kandungan dalam bayam sepertiĀ Fitokimia membantu mencegah berbagai masalah kesehatan mata, satu di antaranya adalah katarak.

4. Mencegah Kanker

Bayam mengandungĀ banyakĀ senyawa flavonoid berbeda yang memiliki sifat anti-inflamasi danĀ senyawaĀ antikanker.Ā Ekstrak bayam telahĀ terbukti dapatĀ memperlambat pembelahan sel kanker lambung dan mengurangi risiko kanker kulit.

Selain itu antiinflamasi yang terdapat dalam bayam juga dapat mengurangi peradangan, yang terkadang menjadi penyebab dari munculnya berbagai macam penyakit.

4 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Bayam

5.Ā Menyehatkan Kulit

Bayam adalah satu di antara sayuran yang mengandung banyak air antioksidan, kedua kandungan tersebut dapat memulihkan bekas luka yang diderita oleh kulit.

Selain itu bayam bermanfaat dalam mencegah timbulnya jerawat pada kulit, membantu menghentikan penuaan dini, melindungi kulit dari sinar UV, dan menghilangkan lingkar hitam pada mata.

6. Mencegah Asma

Bagi kamu yang sering terserang penyakit asma atau sering mengalami sesak napas di berbagai kondisi, mungkin memasukkan bayam ke daftar menu makananmu akan membantu mengatasinya.

Beberapa kandungan yang terdapat dalam bayam sepertiĀ beta karoten, vitamin C, vitamin E, kalium dan magnesium memiliki sifat antiashma.

Ā 

Sumber:Ā Holistic Health

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer