Sukses


Arti Suspensi beserta Sifat dan Contohnya

Bola.com, Jakarta - Suspensi adalah fenomena kimia yang sering kita jumpai sehari-hari. Dalam suspensi mencampurkan dua zat yang berbeda memerlukan beberapa tindakan yang membuat dua zat ini dapat bercampur dan dapat digunakan, sebagai contoh adalah dengan dikocok.

Suspensi didefinisikan sebagai campuran homogen partikel dengan diameter lebih besar dari 1000 nm sehingga partikel dapat terlihat dengan mata telanjang.

Lantaran partikel terlarut berukuran lebih besar, oleh karena itu, mereka tidak melewati kertas saring. Maka, teknik pemisahan fisik filtrasi dapat digunakan untuk memisahkan partikel tersuspensi.

Partikel dalam suspensi mudah terlihat dengan mata telanjang. Partikel-partikel ditarik ke bawah wadah yang berisi media pendispersi (air).

Sebagian partikel dalam suspensi mengendap ke dasar saat campuran dibiarkan. Namun, suspensi adalah campuran yang partikelnya tidak mengendap.

Agar lebih paham lagi, berikut penjelasan lebih lanjut tentang suspensi, disadur dari Liputan6, Senin (10/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Sifat Suspensi

- Campuran heterogen terdiri dari dua atau lebih zat.

- Menunjukkan efek Tyndall karena ukuran partikel yang besar.

- Suspensi tidak stabil. Ini karena partikel-partikel yang mengendap di dasar larutan dibiarkan tidak tersentuh untuk sementara waktu.

- Partikel dalam suspensi dapat dipisahkan melalui metode fisik, seperti proses filtrasi.

- Partikel zat terlarut, dalam kasus suspensi, tidak larut dalam pelarut. Mereka tetap ditangguhkan dalam jumlah besar selama penangguhan.

- Suspensi bersifat buram.

- Partikel yang tersebar mudah terlihat dengan mata telanjang. Ukuran partikel lebih besar dari 1 nanometer.

- Ketika partikel mengendap, itu tidak menghamburkan cahaya pada mereka.

3 dari 3 halaman

Contoh Suspensi

- Minyak dikocok dalam air 

Minyak yang dikocok dalam air membentuk suspensi karena perbedaan sifat zat yang membentuk suspensi. Molekul air bersifat polar, yang membuat mereka tertarik satu sama lain dengan kuat.

Ini kebalikan dari sifat partikel minyak, yang nonpolar, atau hidrofobik, menolak molekul air. Molekul air menampilkan "kelengketan", yang diamati dalam pergerakan dua tetesan air satu sama lain. Ketika dibiarkan tidak terganggu, suspensi memisahkan kedua jenis partikel tersebut.

- Debu di udara

Ini adalah contoh suspensi gas padat. Partikel debu mengandung berbagai jenis partikel, seperti butiran serbuk sari atau rambut. Partikel-partikel ini ringan dan karenanya, diangkat oleh angin dan sistem ventilasi.

Partikel-partikel tersebar di udara sehingga membentuk suspensi. Partikel-partikel ini akhirnya mengendap ke dasar bumi.

- Jelaga di udara 

Jelaga terdiri dari partikel karbon yang dipancarkan melalui proses pembakaran batu bara dan sumber energi kaya karbon lainnya. Juga dikenal sebagai asap hitam, jelaga membentuk suspensi gas padat di udara.

Ini terlihat di pembangkit listrik serta kendaraan. Cerobong asap yang menghitam adalah hasil dari pengendapan jelaga.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Woro Anjar Verianty, Editor: Anugerah Ayu Sendari. Published: 1/12/2022)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer