Sukses


8 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Daun salam atau Syzygium polyanthum merupakan tanaman herbal yang sering digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. Tidak hanya itu, daun salam memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Selain digunakan sebagai penyedap masakan, daun dan minyaknya juga berguna sebagai obat alternatif bagi sebagian orang.

Namun, kamu harus berhati-hati bila memiliki kondisi medis tertentu. Berkonsultasilah dengan dokter sebelum mengonsumsinya secara rutin.

Daun salam memiliki berbagai kandungan untuk menurunkan kolesterol, melancarkan pencernaan, hingga mencegah kanker.

Untuk mendapatkan khasiat dari kandungan tersebut caranya mudah, yakni cukup menjadikan daun salam sebagai air rebusan.

Berikut ini beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan yang perlu diketahui, dilansir dari yankes.kemkes.go.id, Selasa (11/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

1. Menurunkan kadar asam urat

Daun salam merupakan obat herbal untuk asam urat. Daun salam mengandung senyawa aktif kuersetin, miristin, dan mirisetin yang berperan untuk menurunkan kadar asam urat.

Untuk mengatasi asam urat, kamu cukup merebus daun salam dengan 10 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Minum air rebusan tersebut dua kali sehari.

2. Menurunkan gula darah, kolesterol, dan trigliserida

Daun salam bisa membantu menurunkan kadar glukosa darah, kolesterol, dan trigliserida sehingga bermanfaat untuk menyembuhkan diabetes tipe 2.

Antioksidan dalam daun salam mendukung tubuh untuk memproses insulin dengan lebih efisien, menjadikannya pilihan yang baik bagi penderita diabetes dan penderita resistensi insulin.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mengeringkan daunnya dan menjadikannya bubuk, kemudian mengonsumsinya secara rutin dengan menambahkan satu sendok teh menjadi dua ke dalam 200 mililiter (ml) air.

3 dari 5 halaman

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

3. Penghilang rasa sakit

Minyak atsiri daun salam bernama Eugenol dan Methyl chavicol efektif membunuh bakteri dan jamur. Selain itu, minyak daun salam baik untuk mengobati peradangan dan nyeri umum, seperti keseleo, artritis dan rematik.

Memijat tubuh dengan minyak daun salam diketahui dapat membantu meredakan migrain dan sakit kepala. Ini juga bisa meningkatkan sirkulasi darah dan memberi rasa nyaman.

4. Mengurangi kecemasan dan stress

Manfaat rebusan daun salam yang lainnya adalah mengurangi kecemasan dan stres. Daun salam mengandung zat bernama linalol yang mampu menurunkan hormon stres dalam tubuh. Zat ini biasanya banyak terkandung di dalam aromaterapi.

4 dari 5 halaman

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

5. Mencegah hipertensi

Manfaat daun salam lainnya yakni bisa menjadi obat untuk menurunkan tekanan darah yang ada dalam tubuh sehingga dapat menghindarkan kamu dari hipertensi.

Daun salam yang mengandung flavonoid yang cukup tinggi dipercaya mampu menurunkan tekanan darah.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Asam caffeic merupakan senyawa organik penting yang ditemukan dalam daun salam. Senyawa itu berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Asam caffeic dapat membantu menghilangkan LDL atau kolesterol jahat dari sistem kardiovaskular.

5 dari 5 halaman

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Air rebusan daun salam juga dipercaya mengandungan berbagai vitamin B6, B12, C, dan D yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Adanya vitamin C di dalam air rebusan tersebut ampuh untuk melawan radikal bebas.

Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh akan baik dan membuat orang tidak mudah terserang penyakit.

Untuk mendapatkan khasiatnya, kamu cukup mengambil 10 hingga 15 daun salam yang segar. Setelah itu, rebus dalam tiga gelas air hingga tersisa satu gelas saja dan minum secara teratur.

8. Menurunkan Berat Badan

Daun salam cocok bagi kamu yang sedang berjuang menurunkan berat badan atau diet. Dilansir Times of India, mengunyah beberapa lembar daun salam setiap hari bisa membantu meluruhkan lemak.

Namun, kamu tetap harus memperhatikan kebersihannya. Kamu yang ingin mendapatkan manfaat daun salam untuk diet juga bisa mencoba resep rekomendasi Step to Health, seperti berikut:

Rebus 1 liter air dengan 1 sendok makan kayu manis bubuk, 6 lembar daun salam, dan 1 sendok makan madu murni. Minum air rebusan ini di pagi hari saat perut masih kosong.

 

Sumber: Kemkes

Baca artikel seputar manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer