Sukses


Ciri-Ciri Pelajar Pancasila yang Cerdas dan Berkarakter

Bola.com, Jakarta - Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan bagian tak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka. Program tersebut wajib diterapkan sekolah untuk seluruh pelajar Indonesia.

Profil Pelajar Pancasila adalah karakter dan kemampuan yang dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap individu peserta didik.

Hal itu dilakukan melalui budaya sekolah, pembelajaran intrakurikuler, PP5, budaya kerja, maupun ekstrakurikuler.

Dalam pelaksanaan proyeknya, guru-guru harus berkolaborasi secara lintas ilmu untuk merencanakan, memfasilitasi, dan menjalankan asesmen.

Profil pelajar Pancasila memiliki enam ciri utama. Apa saja ciri-cirinya? Mari simak ciri-ciri pelajar Pancasila di bawah ini.

Berikut ini ciri-ciri pelajar Pancasila yang cerdas dan berkarakter, dilansir dari ditsmp.kemdikbud.go.id, Selasa (11/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Pelajar Pancasila

1. Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia

Pelajar Pancasila diharapkan memiliki spiritualitas yang tinggi sehingga dapat menerapkan segala nilai-nilai baik sesuai ajaran agama dalam kehidupannya sehari-hari.

Bukan hanya memiliki keimanan dan akhlak beragama, Pelajar Pancasila juga memiliki akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, serta akhlak bernegara.

2. Berkebinekaan Global

Nilai pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika wajib menjadi nilai yang dipegang bersama oleh seluruh masyarakat Indonesia termasuk para pelajar.

Bukan hanya dengan sesama bangsa Indonesia, melainkan juga ketika berhadapan dengan bangsa atau kultur negara lain.

Pelajar Pancasila dituntut untuk dapat mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitas, tetapi tetap berpikiran terbuka ketika berinteraksi dengan budaya lain.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Pelajar Pancasila

3. Gotong Royong

Satu di antara nilai penting yang juga dijunjung oleh bangsa Indonesia adalah gotong royong. Pelajar Pancasila akan mampu melakukan kegiatan bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan tersebut terasa lebih lancar, mudah, dan ringan.

Gotong royong dapat mendorong kolaborasi, kepedulian, serta rasa ingin berbagi kepada lingkungan sekitar.

4. Mandiri

Kemandirian juga merupakan kunci penting dalam menjalani kehidupan. Meski mampu menjalankan sesuatu dengan gotong royong, Pelajar Pancasila akan mampu menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik dan penuh tanggung jawab secara mandiri.

Untuk itu, dibutuhkan kesadaran dari diri sendiri terhadap situasi yang dihadapi, serta kemampuan menciptakan regulasi diri sendiri. Kedua hal tersebut dapat membentuk pribadi tangguh dan mandiri.

4 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Pelajar Pancasila

5. Bernalar Kritis

Untuk menghadapi kompetisi global seperti saat ini dan masa mendatang maka kemampuan bernalar kritis sangat diperlukan.

Kemampuan berpikir kritis sendiri diartikan sebagai kemampuan secara objektif memproses informasi baik secara kualitatif dan kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya.

Dengan begitu, diharapkan pelajar akan mampu mengambil keputusan yang tepat.

6. Kreatif

Untuk menciptakan berbagai penemuan inovatif di masa depan diperlukan kreativitas yang tinggi. Tidak hanya sekadar menemukan gagasan-gagasan baru, sebuah inovasi diharapkan juga bermakna, bermanfaat, dan membawa dampak bagi masyarakat.

Pelajar Pancasila akan dapat mengasah kreativitas dengan menerapkan pemikiran kritis yang kemudian diolah menjadi inovasi baru.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer