Sukses


Bacaan Doa agar Bayi Tidur Nyenyak, Ketahui Cara Menenangkannya Menurut Islam

Bola.com, Jakarta - Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik bagi bayi mereka, termasuk tidur yang nyenyak dan berkualitas.

Tidur yang cukup dan berkualitas penting bagi pertumbuhan bayi. Maka, penting bagi orang tua untuk memperhatikan pola tidur bayinya.

Namun, terkadang bayi sulit tidur atau sering terbangun di malam hari. Hal tersebut yang sering menimbulkan kekhawatiran dan kelelahan bagi orang tua.

Di sisi lain, doa menjadi satu di antara bentuk komunikasi spiritual dengan Yang Maha Kuasa. Doa memiliki kekuatan yang luar biasa dalam memberikan ketenangan, keberkahan, dan perlindungan bagi kita, termasuk bayi kita.

Dalam doa, kita memohon kepada Allah Swt. agar memberikan tidur yang nyenyak, perlindungan, dan keberkahan bagi bayi kita.

Islam juga mengajarkan beberapa cara untuk menenangkan bayi dan membuat mereka bisa kembali tertidur dengan lelap.

Berikut bacaan doa agar bayi tidur nyenyak dan cara menenangkannya menurut Islam, disadur dari Dream, Selasa (11/7/2023).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa agar Bayi Tidur Nyenyak

Doa agar Bayi Tidur Nyenyak yang Dibaca Nabi Muhammad saw.

اللَّهُمَّ غَارَتِ النُّجُومُ وَهَدَأَتِ الْعُيُونُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّومٌ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ أَهْدِئْ لَيْلِيْ وَأَنِمْ عَيْنِي

Allâhumma ghâratin nujûm wa hada’atil ‘uyûn, wa anta hayyun qayyûmun, lâ ta’khudzuhû sinatun wa lâ naum. Yâ hayyu, ya qayyûm, ahdi’ laylî wa anim ‘aynî.

Artinya: "Wahai Tuhan, bintang-bintang mengorbit, mata-mata terpejam, sedangkan Engkau Maha Hidup kekal lagi Maha Terjaga (terus menerus mengurus makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak pula tidur. Wahai yang Maha Hidup dan Terjaga, redupkanlah malam, dan lelapkanlah mataku.”

 

Doa agar Bayi Bisa Tenang

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَآءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Bismillâhirrahmânirrahîm. Bismillâhilladzî lâ yadlurru ma’a ismihi syaiun fil ardli wa lâ fis samâ`i wa huwas sami’ul ‘alim.

Artinya: "Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dengan menyebut asma Allah, Zat yang dengan asma-Nya, tidak akan bisa membahayakan apapun yang ada di bumi dan langit. Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

 

Membaca Ayat Kursi (Al-Baqarah Ayat 255)

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Artinya: "Allah, tidak ada Tuhan selain Dia. Yang Maha Hidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Maha Tinggi, Maha Besar." (QS. Al-Baqarah: 255)

3 dari 3 halaman

Cara Menenangkan Bayi Menurut Islam

Setelah mengetahui bacaan doa agar bayi tidur nyenyak, umat muslim juga perlu mengetahui cara-caranya. Mengingat segala upaya selain diiringi dengan doa, juga tidak boleh ketinggalan ikhtiarnya.

Berikut adalah ikhtiar yang bisa umat muslim praktikkan:

Memberikan Pelukan

Cara menenangkan bayi yang pertama menurut Islam adalah dengan memberikan pelukan. Seperti kita ketahui, Allah Swt. menciptakan makhluk di dunia ini tidak hanya berupa manusia saja.

Namun, ada juga makhluk lain seperti jin dan setan yang tugasnya mengganggu manusia. Bisa jadi, seorang bayi yang menangis disebabkan oleh gangguan makhluk-makhluk tersebut.

Kondisi bayi yang belum bisa bicara, membuatnya hanya bisa menangis. Jadi, jika sang bayi menangis, segeralah memberikan pelukan hangat untuk menenangkannya.

Memberikan ASI

Dalam Islam diajarkan bahwa setelah bayi lahir hingga usianya dua tahun, usahakan untuk memberinya Air Susu Ibu (ASI).

ASI tak hanya sebagai minuman, tetapi juga makanan pokok bagi bayi. Di dalamnya terkandung nutrisi yang lengkap dan tentu saja dibutuhkan untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi.

Nah, ASI juga bisa diberikan ketika bayi menangis dan rewel. Cara tersebut cukup ampuh membuah bayi tenang dan fokus untuk minum ASI. Bahkan tak jarang si bayi juga langsung ketiduran setelah merasa kenyang.

Memutarkan Murottal

Cara selanjutnya untuk menenangkan bayi yang menangis dan rewel adalah dengan memutarkan murottal. Suara murottal yang membaca ayat-ayat Al-Qur'an dengan merdu mampu membuat bayi menjadi tenang.

Bahkan orang tua yang mendengarkannya pun juga bisa merasa tenang. Menyadari saat anak sedang rewel, perasaan orang tua pun juga turut menjadi gelisah. Apalagi jika kondisi sedang lelah. Mendengarkan murottal bisa membuat perasaan menjadi lebih tenang.

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 21/10/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer