Sukses


6 Manfaat Menyehatkan Air Jeruk Nipis bagi Tubuh

Bola.com, Jakarta - Jeruk nipis, atau biasa juga disebut jeruk purut, adalah buah sitrus yang kaya akan nutrisi dan memiliki rasa segar yang khas.

Selain digunakan sebagai bumbu atau tambahan dalam hidangan, air jeruk nipis juga dikonsumsi sebagai minuman yang menyegarkan.

Tidak hanya memberikan rasa yang enak, air jeruk nipis juga memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Satu di antara utama air jeruk nipis adalah kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berbagai penyakit.

Konsumsi vitamin C yang cukup dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, menyembuhkan penyakit jantung, dan melindungi tubuh dari infeksi.

Selain vitamin C, air jeruk nipis mengandung sejumlah fitokimia seperti limonoid, flavonoid, dan terpenoid yang memberikan manfaat kesehatan tambahan. 

Air jeruk nipis juga diketahui memiliki sifat detoksifikasi dan pencernaan yang baik. Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis membantu merangsang produksi enzim pencernaan, yang membantu memecah makanan dan meningkatkan penyerapan nutrisi. 

Berikut enam manfaat menyehatkan air jeruk nipis bagi tubuh, seperti dilansir dari Medicalnewstoday, Rabu (12/7/2023).

2 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Air Jeruk Nipis Bagi Tubuh

1. Membantu menurunkan Berat Badan

Semua orang pasti ingin menurunkan berat badannya lebih cepat agar penampilan menjadi lebih menarik. Jeruk nipis bisa membantumu.

Asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme tubuh, yang dapat membantu membakar lebih banyak kalori dan menyimpan lebih sedikit kadar lemak.

Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin setiap hari dan mengontrol makanan dapat membantu menurunkan berat badan secara signifikan.

Minumlah air jeruk nipis sebelum melakukan aktivitas fisik untuk memperkuat metabolisme tubuh. Cara lain, minumlah sebelum kamu menyantap makananmu.

2. Mengurangi Infeksi

Risiko terkena infeksi sangat tinggi saat musim flu dan demam. Jika kamu ingin menjaga agar tubuh tetap sehat maka minumlah air jeruk nipis setiap hari.

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang ada pada jeruk nipis dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan berbagai infeksi yang dapat menyebabkan deman dan flu.

3 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Air Jeruk Nipis Bagi Tubuh

3. Menurunkan Gula Darah

Air jeruk nipis kaya akan vitamin C, dan jenis vitamin ini dapat bermanfaat bagi mereka yang sedang mengidap diabetes.

Jeruk nipis memiliki indeks glikemik rendah dan membantu mengatur tubuh menyerap gula ke dalam aliran darah. Akibatnya, kamu akan memiliki sedikit gula dalam darah.

4. Membantu Mengobati Penyakit Jantung

Jeruk nipis mengandung magnesium dan potasium yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Potasium secara alami dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah, yang dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. 

Penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa senyawa pada jeruk nipis yang disebut limonin dapat mengurangi kadar kolesterol.

Tekanan darah tinggi bila menjadi satu dengan kolesterol jahat dapat mengeras dan mempersempit pembuluh darah, hal tersebut dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung.

4 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Air Jeruk Nipis Bagi Tubuh

5. Meredakan Masalah Pencernaan

Meminum air perasan jeruk nipis setiap pagi dapat meningkatkan kondisi pencernaan. Jeruk nipis memiliki rasa asam dan membantu air liur memecah makanan untuk pencernaan yang lebih baik.

Jika kamu mengalami sembelit atau susah buang air besar maka keasaman pada jeruk nipis dapat membersihkan sistem pembuangan dan merangsang aktivitas usus.

Jika kamu sering mengalami perut mulas dan sakit perut yang diakibatkan asam lambung meningkat, minumlah segelas air hangat dengan 2 sendok teh air jeruk nipis sekitar 30 menit sebelum makan, hal tersebut dapat membantu mencegah gejala sakit perut yang disebabkan meningkatnya asam lambung.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Mungkin beberapa obat perawtan kulit menawarkan obat kulit yang dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan lembut. Namun, sebenarnya kamu tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak untuk membuat kulit menjadi lebih sehat dan lembut.

Jeruk nipis mengandung vitamin C, flavonoid, dan antioksidan yang dapat memperkuat kolagen. Selain itu, meminum air jeruk nipis secara rutin dapat melembabkan dan meremajakan kulit.

Sebagai catatan, jangan pernah memberikan air jeruk nipis langsung ke permukaan kulit karena jika kulit terkena sinar matahari akan terbakar dan mengalami luka.

 

Sumber: Medicalnewstoday 

Yuk, baca juga artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer