Sukses


8 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Kelapa menjadi satu di antara buah favorit banyak orang. Tidak hanya dagingnya yang lezat ketika dimakan, tetapi airnya juga menyegarkan.

Sering kali orang menikmati air kelapa ketika cuaca sedang panas dan badan merasa gerah. Selain itu, air kelapa cocok dikonsumsi saat beraktivitas berat dan berkeringat atau saat seseorang sedang kehilangan banyak cairan.

Air kelapa merupakan minuman isotonik yang kaya nutrisi seperti elektrolit, klorida, potasium dan magnesium yang tinggi, serta kadar gula dan protein dalam jumlah cukup.

Selain itu, air kelapa merupakan sumber makanan berserat, yang mengandung mangan, kalsium, riboflavin, dan vitamin C.

Tak heran banyak minuman sehat yang menggunakan air kelapa sebagai bahan utamanya. Lantas, apa saja manfaat kesehatan yang tersimpan dari air kelapa?

Berikut ini delapan manfaat air kelapa untuk kesehatan, dikutip dari Healthline dan Mayoclinic, Rabu (12/7/2023).

2 dari 5 halaman

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

1. Menambah Energi

Air kelapa bisa meningkatkan hormon kelenjar tiroid, yang menyebabkan peningkatan energi. Ketika mengonsumsi air kelapa, kamu akan merasakan tubuh lebih berenergi.

Seminggu mengonsumsi air kelapa secara konsisten, kamu bisa merasa lebih berenergi dibanding sebelumnya.

2. Membantu Proses Detoksifikasi

Air kelapa memiliki kemampuan alami untuk dapat membersihkan dan detoksifikasi sendiri. Tanpa asupan cairan dan elektrolit yang tepat, tubuh akan menumpuk racun pada ginjal dan hati.

Mengonsumsi air kelapa secara rutin mampu mengeluarkan racun dari tubuh sehingga kamu memiliki risiko rendah mengalami penyakit pada organ ginjal.

3 dari 5 halaman

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh cenderung menurun ketika musim panas tiba karena cuaca yang terkadang sangat panas dan menyebabkan kamu mudah lelah dan bahkan terserang berbagai macam penyakit.

Air kelapa mengandung antivirus dan antibakteri, yang dapat membantu untuk meningkatkan dan menjaga kekebalan tubuh agar tetap kuat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Selain menyehatkan, air kelapa dapat menyegarkan tubuh ketika musim panas dengan cuaca yang cukup ekstrem.

4. Menurunkan Berat Badan

Manfaat air kelapa yang selanjutnya, yakni dapat menurunkan berat badan. Air kelapa memiliki kandungan lemak, kadar gula, dan kalori yang rendah.

Air kelapa memiliki khasiat sebagai bahan alami penurun berat badan tidak akan menimbulkan efek samping.

4 dari 5 halaman

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

5. Menurunkan Stres dan Ketegangan Otot

Mengonsumsi air kelapa mampu membantu menurunkan stres dan ketegangan otot. Kandungan elektrolit yang terdapat pada air kelapa terutama kalsium dan magnesium, dapat membantu mengurangi ketegangan otot termasuk otot jantung.

Hal ini dapat membantu menurunkan risiko serangan jantung.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Rutin mengonsumsi air kelapa selama dua minggu dipercaya mengalami penurunan tekanan darah sistolik sebanyak 71 persen.

Air kelapa mampu memberikan tekanan darah diastolik sebanyak 29 persen, dibandingkan dengan yang hanya mengkonsumsi air putih.

Hal ini didukung adanya kandungan kalium yang tinggi pada air kelapa, yang memiliki manfaat mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular.

5 dari 5 halaman

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

7. Menangani Masalah Pencernaan

Air kelapa dapat memberikan manfaat untuk kesehatan pencernaan. Keluhan mual, muntah, atau diare bisa teratasi dengan mengonsumsinya.

Air kelapa juga mengandung elektrolit sehingga dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat masalah pencernaan.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Kurangnya hidrasi yang tepat dapat menyebabkan kulit kering, bahkan terkelupas. Minum air kelapa dapat berkontribusi pada kebutuhan hidrasi harian yang meningkatkan sirkulasi dan kulit bercahaya.

Ada sekitar 10 miligram vitamin C per 100 gram air kelapa yang dapat membantu menjaga kulitmu tetap kencang dan tampak awet muda.

 

Sumber: Healthline, Mayoclinic

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer