Sukses


Doa Rasulullah pada Jumat Pagi, Amalan Penuh Rahmat dan Berkah

Bola.com, Jakarta - Rasulullah saw. mengajarkan kepada umatnya bahwa Jumat adalah hari yang penuh berkah. Hal yang sering dijadikan kesempatan umat muslim untuk mendapatkan ampunan dan keberkahan dalam hidup.

Di antara banyak amalan yang dianjurkan pada hari Jumat, satu di antaranya adalah membaca doa yang diajarkan oleh Rasulullah saw. pada pagi hari.

Doa Rasulullah pada Jumat pagi memiliki keistimewaan dan keberkahan tersendiri. Doa ini adalah permohonan kepada Allah Swt. untuk memberikan rahmat, ampunan, dan keberkahan.

Doa ini juga mencerminkan kesadaran kita akan keagungan Allah dan kebutuhan kita akan petunjuk dan bimbingan-Nya.

Doa Rasulullah pada Jumat pagi adalah bentuk ibadah yang bermakna dan mengandung nilai spiritual yang mendalam.

Dalam doa ini, kita menyampaikan rasa syukur atas karunia dan keberkahan yang Allah berikan, permohonan ampunan atas dosa, dan permintaan perlindungan dari berbagai cobaan dalam kehidupan.

Berikut doa Rasulullah di Jumat pagi yang bisa menjadi amalan mencari rahmat dan berkah, disadur dari Dream, Kamis (13/7/2023).

2 dari 3 halaman

Doa Rasulullah di Jumat Pagi

Sebenarnya banyak doa Rasulullah pada Jumat pagi. Dari sekian banyak doa tersebut, berikut satu di antaranya yang perlu kamu amalkan setiap Jumat pagi dibaca sebanyak tiga kali.

Astaghfirullāhalladzī lā ilāha illā huwal hayyul qayyūmu, wa atūbu ilaihi

Artinya:

"Aku memohon ampun kepada Allah, Dzat yang tiada tuhan selain Dia yang Maha Hidup, lagi Maha Tegak. Aku bertaubat kepada-Nya."

3 dari 3 halaman

Riwayat Hadis tentang Doa Rasulullah Jumat Pagi

Doa Rasulullah pada Jumat pagi di atas dikutip dari Kitab Al-Adzkar karya Imam Nawawi. Doa Rasulullah pada Jumat pagi ini berat diamalkan jika tidak dibiasakan. Namun, apabila mau mengamalkannya maka seseorang akan mendapatkan keutamaan yang luar biasa.

Keutamaan doa Rasulullah Jumat pagi ini tertuang dalam sebuah riwayat hadis berikut ini:

"Diriwayatkan kepada kami dari Ibnu Sinni dari Anas r.a., dari Nabi Muhammad saw. bahwa ia bersabda, 'Siapa saja yang berdoa pada pagi hari sebelum salat pagi di hari Jumat dengan bacaan, 'Astaghfirullāhalladzī lā ilāha illā huwal hayyul qayyūmu, wa atūbu ilaihi’ sebanyak tiga kali, niscaya Allah mengampuni dosanya meski sebanyak buih di lautan'."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 21/10/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer