Sukses


4 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Buah tin atau buah ara pasti merupakan buah yang sudah familier bagi kebanyakan kita arena disebutkan dalam Al-Qur'an maupun Alkitab. Selain itu, juga berkat manfaatnya.

Buah tin dikenal bermanfaat baik bagi kesuburan pria dan wanita. Akan tetapi, tentu tak hanya manfaat itu saja yang bisa diperoleh dari buah yang kaya nutrisi ini.

Buah tin/buah ara, yang punya nama Latin Ficus carica L. ini memiliki rasa manis, mempunyai warna kuning kemerahan apabila sudah matang, serta memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

Kandungan tersebut antara lain energi (74 kcal), protein (0,75 g), karbohidrat (19,18 g), serat (2,9 g), gula (16.26 g), kalsium (35 miligram (mg), magnesium (17 mg), dan kalium (232 mg).

Lalu, zat yang ada dalam buah tin yang baik untuk kesehatan, termasuk carbohydrates, cuma rines, flavonoids, fixed oil, iriterpenoid, steroid dan sterol, protein dan amino acid. Buah ini juga mengandung serat, vitamin B6, tembaga, dan antioksidan.

Selain bagus untuk kesuburan dan sistem pencernaan, buah tin bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh.

Berikut beberapa manfaat buah tin untuk kesehatan, dilansir dari laman Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, Jumat (14/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan

1. Mengatasi Anemia

Buah tin dapat membantu mengatasi gejala anemia. Kurang darah atau anemia merupakan kondisi kurangnya kadar sel darah merah dalam tubuh yang disebabkan oleh berbagai sebab. 

Satu di antara cara untuk menanggulanginya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

Kandungan zat besi dan juga multivitamin dalam buah tin dapat membantu produksi sel darah merah.

2. Mencegah Kanker

Buah tin berpotensi mencegah pertumbuhan sel kanker, terutama jenis kanker usus. Satu buah tin segar mengandung zat antioksidan seperti flavonoid yang dapat mencegah kerusakan sel karena serangan zat radikal bebas.  

Kerusakan sel akibat radikal bebas ini bisa memicu kanker. Tak hanya dari daging buahnya, manfaat buah tin dalam mencegah kanker juga bisa diperoleh dari ekstrak daunnya. 

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah tin memiliki kandungan serat larut berupa pektin yang membuat buah tin memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. 

Kadar kolesterol dan trigliserida tinggi dalam darah dapat menyebabkan terbentuknya plak yang akan memicu penyempitan pembuluh darah dan mengganggu kesehatan jantung.

4. Menjaga kesehatan tulang

Buah tin juga dipercaya sebagai buah yang baik untuk kesehatan tulang. Kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, dan fosfor dalam buah tin sangat baik untuk menutrisi tulang dan mencegah tulang keropos. 

 

Sumber: Dipertan Pangan Kab. Demak

Silakan klik tautan ini untuk mendapatkan artikel dari berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer