Sukses


Arti Shooting dalam Sepak Bola beserta Jenis-jenisnya

Bola.com, Jakarta - Sepak bola adalah satu di antara cabang olahraga yang populer di dunia. Sepak bola kerap menjadi ajang pemersatu baik untuk sekadar fun match atau nobar.

Jika kamu satu di antara penggemar olahraga ini, pasti sangat familier dengan istilah shooting. Shooting (menembak/menendang bola) merupakan upaya terakhir untuk mencetak gol.

Dalam sepak bola ada beberapa istilah atau teknik dasar yang harus dikuasai.

Istilah atau teknik dasar tersebut seperti shooting (menembak/menendang bola), dribbling (menggiring bola), passing (mengumpan), heading (menyundul), menghentikan bola, intercept (merebut bola), dan goalkeeping (khusus bagi kiper).

Shooting adalah teknik untuk menendang bola ke arah gawang lawan. Keterampilan shooting ini penting dikuasai oleh pemain sepak bola, khususnya bagi seorang penyerang.

Penyerang dengan teknik shooting yang di atas rata-rata kerap menjadi ujung tombak bagi tim untuk memenangkan pertandingan.

Agar lebih paham lagi, ketahui jenis-jenis shooting dalam sepak bola, disadur dari Merdeka, Jumat (14/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Shooting

Shooting Standar

Kamu mungkin menggunakan shooting standar lebih sering dari jenis shooting lainnya. Tendangan ini juga dinilai lebih unggul dari straight shoot.

Banyak penendang menggunakan shooting standar karena akan meningkatkan akurasi dan kekuatan tembakannya.

Untuk melakukan shooting standar, datangi bola dengan sedikit miring dan tendang bola dengan area di sekitar buku jari jempol kakimu.

Straight Shoot

Mengapa menggunakan straight shoot jika shooting standar lebih unggul? Karena adakalanya dalam permainan bola datang dari sudut yang tidak memungkinkan untuk menendang atau kamu harus menunda tembakan ke gawang.

Misalnya, kamu sedang menggiring bola dan ada pemain bertahan di sekitar kamu. Para bek akan memblokir tembakan jika kamu melakukan sentuhan ke samping dan menembak.

Jika menggunakan tembakan lurus, kamu bisa menembak dengan cepat sebelum bek bereaksi. Straight shoot juga lebih mudah menjaga bola tetap rendah.

Menembak bola rendah sering kali lebih efektif daripada bola yang tinggi di udara. Gunakan tendangan lurus saat kamu melakukan tembakan satu sentuhan agar bola tidak melayang di atas gawang.

Untuk melakukan tendangan lurus juga tidak sulit. Cukup arahkan bola lurus ke gawang lalu tendang dengan bagian tali sepatu dan kunci pergelangan kaki kamu.

3 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Shooting

Chip Shot

Ingin membuat penonton terkesan? Cobalah berlatih chip shot. Namun, ini tidak semudah jenis tembakan yang sebelumnya. Dan juga, teknik ini akan lebih baik digunakan dalam situasi ketika penyerang berhadapan 1 lawan 1 dengan kiper.

Jika kamu mampu menguasainya, gunakan chip shot ketika 1 vs 1 dengan kiper yang telah meninggalkan garis gawang terlalu jauh.

Jika dilakukan dengan benar, bola hasil chip shot akan melambung tinggi melewati kepala kiper dan jatuh ke dalam gawang.

Tentu ini menjadi pemandangan indah bagi penonton yang melihatnya langsung di stadion.

Tembakan Melengkung

Gunakan tembakan melengkung untuk menendang bola di sekitar pemain bertahan, mencetak skor dari sudut yang sulit, atau untuk mengejutkan kiper.

Gunakan satu di antara bagian kaki untuk melakukan gerakan melengkung. Gunakan bagian dalam atau luar kaki untuk menghasilkan belokan pada bola yang melesat.

Jika dilakukan dengan benar, hasil tendangan ini juga akan menjadi gol indah yang akan selalu diingat.

 

Disadur dari Merdeka.com (Penulis: Andre Kurniawan. Published: 22/11/2022)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer