Sukses


Arti Variabel Dependen beserta Karakteristik dan Contohnya

Bola.com, Jakarta - Variabel dependen adalah apa yang diukur dalam percobaan. Ini adalah perubahan karena adanya perubahan pada variabel independen.

Variabel penelitian ini disebut dependen karena "bergantung" pada variabel independen. Dalam eksperimen ilmiah, kamu tidak dapat memiliki variabel dependen tanpa adanya variabel independen.

Variabel dependen juga disebut variabel output, kriteria, atau konsekuensial. Kondisi itu disebabkan akibat atau pengaruh yang ditimbulkan oleh variabel bebas. Penelitian ini mengamati dan mengukur variabel dependen untuk mengetahui pengaruh variabel independen.

Di sini, variabel dependen disebut juga variabel yang terpengaruh atau dihasilkan karena variabel independen. Variabel terikat tidak dapat berubah kecuali terjadi sesuatu yang lain atau memengaruhi itu. Yang dapat memengaruhi variabel terikat adalah variabel bebas.

Agar lebih paham lagi, berikut penjelasan lebih lanjut dari variable dependen, dilansir dari lamanĀ Mbiznetmarket, Senin (17/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Karakteristik Variabel Dependen

1. Variabel dependen mengacu pada jenis variabel yang mengukur pengaruh variabel bebas pada eksperimen.

2. Peneliti memutuskan untuk mengukur variabel dependen karena menurutnya variabel tersebut mencerminkan proses yang seharusnya dipengaruhi oleh variabel independen.

3. Variabel dependen disebut dengan variabel terikat karena dianggap tergantung pada beberapa variasi variabel independen.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Variabel Dependen

Sebagai contoh, "konsumsi kopi mengarah pada peningkatan produktivitas". Kalimat ini tidak akan masuk akal jika kamu dibingungkan tentang penentuan variabel independen atau variabel dependen serta membuat kalimat terbalik "produktivitas meningkatkan konsumsi kopi".

Terkadang sulit untuk membedakan antara variabel dependen dan independen. Jika kamu tidak yakin, tanyakan kepada dirimu variabel mana yang dipengaruhi atau yang memengaruhi.

Cobalah untuk membangun kalimat kausal di mana variabel independen adalah penyebab dan variabel dependen adalah akibat.Ā 

Jika kamu mengubah satu variabel, tentang apakah itu? Misalnya, jika memeriksa laju pertumbuhan tanaman yang menggunakan pupuk berbeda, dapatkah kamu mengidentifikasi variabelnya? kamu bisa memikirkan apa yang nantinya akan kamu ukur dalam penelitian yang akan dilakukan.

Jenis pupuk merupakan variabel independen. Tingkat pertumbuhan adalah variabel dependen.

Jadi, untuk menjalankan percobaan, kamu bisa menggunakan satu pupuk dan mengukur perubahan tinggi tanaman dari waktu ke waktu. Kemudian beralih ke pupuk lain dan ukur tinggi tanaman selama periode yang sama.

Ā 

Sumber:Ā Mbizmarket

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer