Sukses


Cara Mudah Mendapatkan Teman di Sekolah Baru

Bola.com, Jakarta - Hari pertama masuk sekolah sering membuat siswa baru berdebar-debar. Pasalnya, bertemu dengan lingkungan dan orang-orang baru kerap memberikan rasa canggung.

Terkadang, ada kekhawatiran dari siswa baru tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan dan berakhir sulit mendapatkan teman.

Namun, sebagai makhluk sosial, kamu perlu membuang jauh kekhawatiran tersebut. Pasalnya, jika kamu menutup diri akan membuatmu terasa asing.

Bagi kamu yang membutuhkan tips bergaul yang pas, cara-cara berikut bisa menjadi altertanif atau bahan membuat obrolan.

Berikut tips dan cara bergaul di sekolah bagi siswa baru, dilansir dari smadwiwarna.sch.id, Selasa (18/7/2023).

2 dari 3 halaman

Cara Mudah Mendapatkan Teman di Sekolah Baru

1. Perluas Wawasan

Memiliki wawasan dan pengetahuan luas mengenai berbagai hal akan membuatmu disukai oleh banyak teman. Hal ini dikarenakan teman baru akan lebih mudah membuka obrolan untuk membicarakan berbagai hal.

Meski kamu memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas, sebisa mungkin untuk tidak sombong dan takabur. Kamu harus selalu rendah hati supaya disukai oleh banyak orang. Jika kamu sombong maka orang lain menjadi enggan untuk berteman.

2. Perhatikan Penampilan

Penampilan menjadi hal pertama yang akan dilihat oleh orang lain yang belum saling mengenal. Sebelum mengenal kepribadian dan sifatmu, penampilan akan menjadi perhatian yang utama.

Itulah mengapa kamu harus selalu berpenampilan menarik. Berpenampilan menarik bukan berarti kamu harus tampil mewah dengan riasan berlebihan. Namun, kamu harus berpenampilan rapi dan bersih sehingga teman baru tidak sungkan untuk berkenalan denganmu.

3. Banyak Bergabung dengan Teman

Kamu harus berteman atau berbaur siapa pun tanpa memilih atau membeda-bedakan. Usahakan untuk tidak membuat kelompok yang isinya satu kalangan saja.

Hal ini dikarenakan akan mempersempit lingkup pertemanan. Meskipun kamu harus berbaur dengan teman dari berbagai karakter dan sikap, bukan berarti tidak memilih teman.

Hindari untuk berteman dengan teman yang memberikan dampak negatif, mengingat anak sekolah sangat rentang untuk terpengaruh kenakalan remaja.

3 dari 3 halaman

Cara Mudah Mendapatkan Teman di Sekolah Baru

4. Jangan Ragu Bercanda dengan Teman Baru

Orang yang humoris atau suka bercanda biasanya akan memiliki banyak teman. Hal ini dikarenakan orang tersebut memiliki kepribadian yang ramah, hangat, dan bersahabat.

Jika kamu merupakan orang yang pendiam atau penyendiri maka orang lain menjadi enggan mengajak bercanda karena takut tersinggung.

Kamu boleh bercanda dengan teman baru tetap jangan berlebihan dan diucapkan di waktu yang tepat. Selain itu, gunakan kata-kata yang sopan dan tidak merendahkan orang lain untuk mencegah pihak lain tersinggung.

5. Belajar Memulai Obrolan

Cara bergaul yang baik di sekolah selanjutnya, yaitu belajar memulai obrolan. Berada di lingkungan baru, tetapi kamu pasif dan pemalu maka akan sulit untuk mendapatkan teman baru.

Meski belum saling mengenal, tidak ada salahnya untuk mengajak ngobrol terlebih dahulu. Jika tidak terbiasa seperti ini, berarti kamu harus belajar memulai obrolan.

Kamu bisa mengajak ngobrol teman baru dengan bahan obrolan yang ringan atau bisa dengan sekadar menyapa dan bertanya tentang sesuatu.

Kalimat sapaan yang kamu lontarkan kepada teman baru akan diikuti dengan obrolan yang seru sehingga bisa saling ngobrol membicarakan berbagai hal.

 

Sumber: smadwiwarna.sch.id

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer