Sukses


Apa yang Dimaksud Deskripsi Bagian dalam Teks Laporan Hasil Observasi? Ini Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Deskripsi bagian merupakan satu di antara struktur dalam teks laporan hasil observasi. Ada tiga struktur dalam teks laporan hasil observasi, yaitu pernyataan umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat.

Teks laporan hasil observasi adalah teks menghadirkan informasi tentang suatu hal secara apa adanya lalu dikelompokkan dan dianalisis secara sistematis sehingga dapat menjelaskan suatu hal secara terperinci dan dari sudut pandang keilmuan.

Sesuai namanya, teks ini berisi hasil observasi dan analisis secara sistematis.

Teks laporan hasil observasi bisa berupa hasil riset mendalam tentang suatu benda, tumbuhan, hewan, konsep/ ekosistem tertentu. Teks laporan hasil observasi biasanya berisi dengan fakta-fakta yang bisa dibuktikan secara ilmiah.

Dari hasil observasi yang diperoleh, kemudian dibagikan ke masyarakat. Dengan begitu, masyarakat yang belum mengetahui informasi tersebut akan menjadi paham dan tahu.

Seperti yang telah disebutkan di atas, dalam teks hasil laporan hasil observasi tersebut terdapat tiga struktur. Satu di antara struktur dalam teks laporan hasil observasi ialah deskripsi bagian. Lantas, apa yang dimaksud deskripsi bagian dalam teks laporan hasil observasi?

Berikut ini penjelasan tentang deskripsi bagian dalam teks laporan hasil observasi, dilansir dari Modul Paket C Bahasa Indonesia terbitan Kemdikbud, Selasa (18/7/2023). 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tujuan dan Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

Sebelum membahas deskripsi bagian yang ada dalam struktur teks laporan hasil observasi, penting juga diketahui tujuan dan ciri-ciri dari teks tersebut. Berikut ini tujuan teks laporan hasil observasi dan ciri-cirinya:

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

Tujuan teks laporan observasi adalah untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi/penelitian secara sistematis dengan memperinci, mengklasifikasi, dan memberi informasi faktual tentang orang, hewan, objek, atau fenomena.

Ciri-ciri Teks Laporan Hasil Observasi

Setelah mengetahui pengertian dari teks LHO maka kamu perlu juga mengetahui ciri-ciri teks LHO sehingga kamu bisa membedakannya dari teks-teks lainya. Ciri-ciri tersebut adalah sebagai berikut:

1. Isi yang dibahas adalah ilmu tentang suatu objek/ konsep.

2. Objek yang dibahas bersifat umum sehingga menjelaskan ciri umum semua yang termasuk kategori/ kelompok itu (judul bersifat umum: pantai, museum, demokrasi).

3. Bertujuan menjelaskan dari sudut pandang ilmu.

4. Objek atau hal dibahas secara sistematis, diperinci bagian-bagiannya, dan objektif.

5. Memerinci objek atau hal secara sistematis dari sudut ilmu (definisi, klasifikasi, jabaran ciri objek).

3 dari 4 halaman

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Pernyataan umum/definisi umum/klasifikasi umum

Pernyataan umum/definisi umum berisi definisi, kelas/ kelompok, keterangan umum, atau informasi tambahan tentang subjek yang dilaporkan. Pernyataan umum berisi informasi umum (nama latin, asal usul, kelas, informasi tambahan tentang hal yang dilaporkan).

Pernyataan umum merupakan pembuka atau pengantar tentang hal yang akan dilaporkan. Misalnya, pada tahap pembukaan disampaikan bahwa benda-benda di dunia dapat diklasifikasikan berdasarkan kriteria persamaan dan perbedaan.

Deskripsi bagian

Berisi perincian bagian-bagian hal yang dilaporkan. Saat melaporkan tentang hewan, maka aspek yang dilaporkan mencakup ciri fisik, habitat, makanan, perilaku. Saat melaporkan tumbuhan maka aspek yang dilaporkan adalah perincian ciri fisik bunga, akar, buah atau perincian bagian yang lain.

Perincian manfaat dan nutrisi juga dapat dipaparkan pada bagian ini. Saat melaporkan suaru objek maka yang dilaporkan berupa objek, deskripsi bagian berisi klasifikasi objek dari berbagai segi dan deskripsi manfaat suatu objek, sifat-sifat khusus objek.

Deskripsi

Deskripsi manfaat berisi fungsi atau manfaat setiap objek yang diamati dalam kehidupan.

4 dari 4 halaman

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi beserta Strukturnya

                                                Lumba-Lumba Hidung Botol

 

Pernyataan umum/deskripsi umum

Lumba-Lumba Hidung Botol (Tursiops truncatus) atau Bottlenose Dolphin merupakan mamalia laut yang masuk bangsa Cetacea yang dapat hidup hingga 40-50 tahun.

Deskripsi bagian

Bentuk kepala lumba-lumba memungkinkannya untuk menahan atau melawan arus air sehingga tubuhnya dapat bergerak dengan mudah di dalam air. Lumba-lumba memiliki moncong berukuran besar dan ramping, dan tidak memiliki telinga luar. Lubang kecil yang terletak di belakang mata berfungsi sebagai telinga dalam. Saluran dari lubang tersebut dipenuhi dengan minyak sekresi. Lumba lumba memiliki pendengaran yang sangat baik, frekuensi suara yang mampu ditangkap oleh lumba-lumba mencapai 150 KHz.

Deskripsi bagian

Menggunakan alat pernapasan berupa paru-paru membuat lumba-lumba harus sering naik ke permukaan untuk menghirup udara. Pada umumnya lumba-lumba naik ke permukaan setiap 1-2 kali setiap menit. Lumba-lumba bernapas melalui blowhole, yaitu lubang hidung yang terletak di atas kepalanya. Dalam waktu kurang dari seperlima detik, lumba-lumba sudah mengosongkan kembali dan mengisi kembali paru-parunya. Lumba-lumba akan tenggelam dan menyelam kembali ke dalam laut saat udara keluar dari blowhole.

Deskripsi manfaat

Kulit lumba-lumba lembut dan kenyal. Terdapat lapisan lemak (blubber) di bawah kulitnya yang berfungsi untuk menjaga tubuh lumba-lumba agar tetap hangat. Di samping itu, blubber berfungsi sebagai tempat cadangan makanan. Daya apung lumba-lumba terbantu dengan keberadaan blubber yang lebih ringan daripada air. Hal ini menjadi inspirasi bagi produsen baju olahraga untuk menciptaka pakaian renang dengan karakteristik mirip kulit lumba-lumba.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar teks laporan hasil observasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer