Sukses


7 Manfaat Menyehatkan Buah Bit yang Patut Dicoba

Bola.com, Jakarta - Buah bit mungkin bukan termasuk buah yang populer. Padahal, buah tersebut dapat dijadikan berbagai makanan dan minuman. Apalagi buah bit memiliki cukup banyak manfaaat bagi kesehatan.

Buah bit dulu hanya sering diambil akarnya saja sebagai bahan pengobatan. Namun, seiring berjalannya waktu buah, batang, dan daun dari tanaman bit juga diambil untuk dimanfaatkan.

Banyak cara untuk mengolah buah bit agar menjadi makanan, seperti merebus, mengukus, menggoreng, dan dijadikan berbagai macam campuran masakan.

Bit mengandung banyak nutrisi yang baik dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti protein, serat, vitamin C, kalium, dan folat.

Ada berbagai manfaat menyehatkan dengan mengonsumsi buah bit, di antaranya menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga kesehatan kulit.

Berikut tujuh manfaat menyehatkan buah bit yang patut dicoba, seperti dikutitp dari Lifehack, Rabu (19/7/2023).

2 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Buah Bit

1. Menurunkan Berat Badan dan Menyehatkan Pencernaan

Buah bit dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan metabolisme tubuh. Hal tersebut dilakukan dengan cara merangsang saraf di usus serta membantu tubuh mencerna makanan lebih baik. 

Selain itu bit mengandung serat yang dapat bermanfaat dalam kesehatan pencernaan dan perut terasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi makan berlebihan.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah bit tinggi akan kandungan folat, yang memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan kulit dan melindunginya dari berbagai masalah.

Folat melindungi kulit dengan cara merangsang produksi dan perbaikan sel. Folat juga dapat melindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari.

3 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Buah Bit

3. Membantu Mencegah Kanker

Ada beberapa kandungan dalam buah bit yang dapat membantu melawan kanker, yang pertama adalah betacyanin, yang telah dikaitkan dengan pengurangan tumor dan lesi prakanker. Betacyanin juga merupakan senyawa yang membuat buah bit berawarna merah gelap.

Kedua, adalah betanin, yang telah efektif melawan dan mencegah munculnya tumor hati dan kulit.

4. Mengurangi Kolesterol

Jika kamu sedang berusaha menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, kamu dapat menggunakan buah bit untuk membantu usaha tersebut.

Bit merupakan sumber serat makanan yang sangat baik, yang telah terbukti dapat menurunkan kolesterol. Kandungan Flavonoid dan karotenoid dalam buah bit juga membantu mencegah kolesterol jahat (LDL) teroksidasi dan disimpan di arteri.

4 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Buah Bit

5. Menjaga Energi saat Berolahraga

Buah bit dapat mengurangi konsumsi oksigen dalam otot. Saat berolahraga, kamu dapat menjaga stamina dan lebih banyak energi sehingga tubuh tidak cepat mengalami kelelahan.

6. Menjaga Kesehatan Hati

Bit mengandung nutrisi yang sering dikenal sebagai betaine, yang merupakan lipotrope dan bermanfaat untuk mengurangi munculnya lemak di dalam hati.

Konsumsi bit dengan cara direbus atau dijadikan sebagai campuran sup sayuran.

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Buah bit baik untuk menjaga fungsi atau kinerja otak, khususnya bagi mereka yang telah berusia lanjut dan sering kehilangan memori.

Bit dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak, yang selanjutnya dapat membantu melawan demensia. Selain itu, bit dapat meningkatkan fungsi kognitif pada orang-orang dari segala usia.

 

Sumber: Lifehack 

Yuk, baca juga artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer