Sukses


Apa Itu Teks Ulasan? Yuk, Pahami Penjelasan dan Contohnya

Bola.com, Jakarta - Teks ulasan adalah sebuah teks yang berfungsi untuk menimbang, menilai, dan mengajukan kritik terhadap sebuah karya atau peristiwa yang diulas.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, ulasan adalah kupasan, tafsiran, atau komentar.

Sedangkan mengulas mempunyai arti berupa memberikan penjelasan, komentar, menafsirkan dalam bentuk pendapat dan sebagainya.

Struktur teks ulasan terdiri dari judul, pendahuluan/orientasi, isi resensi/ulasan, penilaian (kelebihan dan kekurangan), rangkuman/kesimpulan.

Demikian penjelasan singkat mengenai teks ulasan. Untul lebih jelasnya bisa memahami contoh-contohnya.

Agar lebih paham lagi, berikut contoh teks ulasan dilansir dari laman Deepublishstore, Kamis (20/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Contoh Teks Ulasan Buku

Judul: Review Buku Pembelajaran Tematik SD

Isi Teks Ulasan:

Setiap pergantian menteri pendidikan, banyak peraturan di sekolah juga berganti. Satu di antara yang berubah aturan tentang buku pembelajaran bagi siswa. Buku-buku yang diedarkan diganti agar mengikuti kurikulum yang berlaku.

Saat ini, buku pembelajaran yang diperuntukkan untuk siswa sekolah khususnya Sekolah Dasar (SD) sudah berbeda dengan buku beberapa tahun sebelumnya. Jika buku pembelajaran sebelumnya dipisahkan sesuai dengan tema pelajaran, saat ini berbagai tema buku dijadikan satu dan diciptakan dengan judul "Tematik".

Penciptaan buku tematik untuk siswa sekolah ini tergolong baru di Indonesia dan masih butuh penyesuaian serta masukan dan pembaruan.

Ada beberapa kelebihan, tapi ada juga kelemahan dalam buku tematik yang saat ini digunakan untuk kalangan siswa. Kelebihan buku tematik adalah mempermudah guru untuk memberi penjelasan karena lebih hemat waktu. Hal ini karena buku tematik memang diciptakan dengan tujuan lebih efisien.

Namun, kekurangannya, buku tematik ini membuat siswa kewalahan dan sulit fokus karena semua mata pelajaran ada di dalam satu buku. Jika ingin membuka halaman tertentu maka fokus siswa bisa terpecah-belah.

Kesimpulan Teks Ulasan

Akhirnya, semua kebijakan terkait penggunaan buku ini tak hanya bisa dilihat dari segi kelemahan maupun kelebihan. Di sini kelak peran guru yang mengajar harus lebih diperhatikan karena guru harus mampu mengantisipasi kesulitan yang dialami siswanya. Guru juga diminta mengondisikan pembelajaran agar lebih efektif dan tidak menyulitkan siswa.

3 dari 3 halaman

Contoh Teks Ulasan Novel

Judul: Review Novel Laskar Pelangi

Isi Teks Ulasan

Novel "Laskar Pelangi" yang ditulis oleh Andrea Hirata memiliki tebal buku 534 halaman. Dalam novel tersebut berisi tentang kisah pelajar di pedalaman yang menarik. Kisah dalam novel "Laskar Pelangi" menceritakan kisah nyata tentang perjalanan seorang penulis yang mengejar mimpinya agar bisa pergi ke Prancis.

Kisah ini disebut-sebut sebagai novel yang dibuat sebagai film yang sangat menarik dengan sutradara Riri Riza dan Mira Lesmana. Novel ini mampu membuat pembaca merasa terbawa dalam cerita.

Kisah "Laskar Pelangi" menceritakan kehidupan seorang bocah laki-laki bernama Ikal dan perjalanan sekolahnya. Saat akan sekolah, Ikal harus menunggu sepuluh orang lainnya yang juga ingin sekolah. Selain Ikal, ada Sahara, Trapani, Kucai, Syahdan, Mahar, Lintang, Borek, A Kiong, Bu Mus, Pak Harfan, dan orang tua mereka yang menunggu apa ada satu siswa lagi yang akan masuk sekolah.

SD Muhammadiyah, tempat mereka sekolah belum memiliki 10 siswa sehingga jika tidak berjumlah 10 maka mereka tidak akan bisa bersekolah. Hal ini karena SD Muhammadiyah terpaksa harus selesai jika siswanya kurang dari 10 orang.

Setelah menunggu begitu lama, akhirnya datanglah seorang anak berusia 15 tahun yang cerdas, tetapi perkembangannya agak lumpuh. Mengetahui kedatangan siswa pria tadi, Ikal dan teman-temannya merasa senang karena akhirnya masih bisa sekolah di SD Muhammadiyah agar cita-cita mereka tercapai.

Karakter utama dalam cerita ini adalah Ikal. Ikal adalah seorang bocah pemberani, pintar, dan mau berusaha untuk mewujudkan mimpinya. Kemudian Lintang yang merupakan anak rajin, jenis, dan berani. Namun, ia harus keluar dari sekolah karena ayahnya meninggal dunia saat sedang berlayar di laut.

Kemudian Bu Mus, dikenal sebagai guru wanita yang sangat baik dan perhatian dengan murid dan tokoh-tokoh lainnya.

Gaya bahasa yang digunakan Andrea Hirata dianggap sangat baik, menarik, dan mudah dipahami. Meski demikian, Andrea Hirata juga memakai campuran bahasa Melayu yang membuat pembaca harus berpikir agak keras mengetahui arti bahasa tersebut.

Plot cerita yang digunakan di dalam novel "Laskar Pelangi" adalah plot campuran. Novel ini menggunakan sudut pandang orang pertama karena ia adalah karakter utama dari cerita tersebut.

Kesimpulan

Kesimpulannya, novel ini memiliki banyak saran untuk pembaca. Selaku penulis, Andrea Hirata mengajarkan kita untuk tidak menyerah ketika memiliki mimpi dan cita-cita.

Novel ini juga mengajarkan kita menjadi teman yang setia dan saling membantu. Kekurangannya, karena adanya bahasa Melayu sehingga banyak yang kurang paham dengan beberapa maksud di novel ini.

 

Sumber: Deepublishstore

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer