Sukses


Bacaan Zikir sebelum Tidur yang Mendatangkan Kemuliaan

Bola.com, Jakarta Bacaan zikir sebelum tidur penting diketahui umat muslim. Ada banyak bacaan zikir yang bisa diamalkan sebelum tidur.

Zikir bukanl hanya sekadar ungkapan semata, tetapi memiliki keajaiban tersendiri yang mampu merenungi jiwa, menenangkan hati, serta menghadirkan kedamaian dan ketenangan.

Dengan merenungi dan memperbanyak zikir, kita bisa makin mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dan menemukan kedamaian sejati dalam cinta-Nya.

Dalam menjalani kehidupan yang makin kompleks, kita sering kali terjebak dalam rutinitas yang melelahkan, membuat pikiran menjadi gelisah, dan hati tidak tenang saat menjelang tidur.

Sungguh, momen menjelang tidur seharusnya merupakan saat yang penuh ketenangan, kesyukuran, dan introspeksi diri.

Tidaklah diragukan lagi, bacaan zikir sebelum tidur memiliki nilai keutamaan yang sangat besar dalam agama Islam.

Rasulullah saw. memberikan contoh dan anjuran tentang zikir-zikir yang bisa diamalkan sebelum tidur. Apa saja bacaan zikir tersebut?

Berikut bacaan zikir sebelum tidur yang mendatangkan kemuliaan, disadur dari Dream, Kamis (20/7/2023).

2 dari 3 halaman

Bacaan Zikir sebelum Tidur

Zikir sebelum Tidur Pertama

Zikir sebelum tidur yang pertama ini adalah dengan membaca surah Al-Ikhlas sebanyak tiga kali. Berikut bacaannya:

Qul huwallahu ahad. Allahu somad. Lam yalid wa lam yulad. Wa lam yakul lahu kufuwan ahad.

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah (wahai Muhammad): Dialah Allah Yang Maha Esa. Allah Zat yang menjadi tumpuan segala permohonan. Ia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada siapa pun yang sebanding dengan-Nya." (QS. Al-Ikhlas)

 

Zikir sebelum Tidur Kedua

Bacaan zikir sebelum tidur yang kedua ini dibaca sebanyak tiga kali:

Allahumma shalli ala sayyidina Muhammadin wa ala jami'il anbiya' walmursaliin.

Artinya: "Ya Allah, limpahkan rahmat kepada junjungan kami Baginda Muhammad, semua nabi dan rasul."

3 dari 3 halaman

Bacaan Zikir sebelum Tidur

Zikir sebelum Tidur Ketiga

Allahummaghfir lil muslimina wal muslimat, wal mukminina wal mukminat, al ahya'i minhum wal amwat, min masyariqil ardhi ila magharibiha, barriha wa bahriha, khushushan ila aba'ina, wa ummahatina, wa ajdadina, wa jaddarina, wa asatidzatina, wa mu'allimina, wa li man ahsana ilaina, wa li ashhabil huquqi 'alayna.

Artinya: "Ya Allah, ampunilah mukminin, mukminat, muslimin, muslimat, yang masih hidup, yang telah wafat, yang tersebar dari timur hingga barat, di darat dan di laut, khususnya bapak, ibu, kakek, nenek, ustaz, guru, mereka yang telah berbuat baik terhadap kami, dan mereka yang masih memiliki hak terhadap kami."

 

Zikir sebelum Tidur Keempat

Allahumma ‘innaka khalaq-ta nafsii wa’anta tawaffaahaa laka mamaa-tuhaa wa mah-yahaa ‘in ‘ahyay-tahaa fah-fazhhaa wa ‘in ‘amat-tahaa fagh-fir lahaa. Allahumma ‘innii ‘as-’alukal-’aafiyata.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya, Engkau telah menciptakan diriku dan Engkaulah yang akan mematikannya. Mati dan hidupnya, hanyalah milik-Mu. Jika Engkau menghidupkannya, peliharalah. Jika Engkau menantikannya, ampunilah. Ya Allah, sesungguhnya, aku memohon ampunan kepada-Mu." (HR. Muslim, Ahmada, dan Ibnu Suni)

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 14/10/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer