Sukses


5 Manfaat Ikan untuk Kesehatan Mata yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Menjaga kesehatan mata memegang peranan penting dalam berbagai aspek kehidupan. Sebagai satu di antara aset berharga, mata harus dijaga kesehatannya dengan baik.

Ada yang menyebut mata sebagai jendela dunia. Adanya mata membuat seseorang dapat menyaksikan indahnya alam. Melalui mata yang sehat, seseorang mampu menyimpan sekian banyak memori dalam perjalanan hidup.

Namun, kesibukan sehari-hari yang mengharuskan kita menggunakan layar elektronik dan terpapar polusi yang dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan mata.

Maka itu, penting bagi kita untuk memberikan perhatian ekstra dan perawatan yang tepat guna menjaga kesehatan mata.

Satu di antara cara alami yang efektif untuk memperkuat dan melindungi penglihatan adalah dengan mengonsumsi berbagai jenis ikan.

Berbagai jenis ikan, mulai ikan laut hingga ikan air tawar, memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda, dan semuanya menyimpan manfaat khusus untuk mata yang perlu kita ketahui.

Berikut lima manfaat ikan untuk kesehatan mata yang perlu diketahui, seperti disadur dari Klikdokter, Senin (24/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Manfaat Ikan untuk Kesehatan Mata

1. Mencegah Degenerasi Makula

Studi menemukan, wanita yang mengonsumsi ikan secara teratur memiliki risiko lebih rendah menderita age-related macular degeneration (AMD) atau degenerasi makula.

Penyakit AMD biasanya berkaitan dengan usia. Kondisi ini dihubungkan dengan penuaan yang berangsur-angsur merusak penglihatan tengah yang tajam. 

Peneliti di Brigham and Women's Hospital dan Harvard Medical School (Boston) mengumpulkan data dari 38.022 wanita yang tidak pernah didiagnosis AMD.

Satu di antara penulisnya, William G. Christen, mengatakan data pengamatan masih dalam uji acak, sehingga perlu konfirmasi lanjutan.

Penelitian ini meneliti kebiasaan makan para partisipan, termasuk konsumsi asam lemak omega-3 dan omega-6.

Wanita yang mengonsumsi banyak asam lemak omega-3 memiliki risiko 38 persen lebih rendah terkena AMD dibandingkan mereka yang makan lebih sedikit asam lemak omega-3.

Dengan mengonsumsi ikan sebanyak satu atau lebih dalam seminggu, risiko AMD lebih rendah 42 persen dibandingkan mengonsumsi ikan satu porsi dalam sebulan. 

2. Cegah Katarak 

Terhindar dari katarak juga merupakan manfaat mengonsumsi ikan. Konsumsi makanan yang tinggi akan omega-3 seperti ikan dianggap dapat membantu mencegah katarak yang terbentuk.

3 dari 3 halaman

Manfaat Ikan untuk Kesehatan Mata

3. Dukung Perkembangan Mata Janin

Ketika hamil, penting untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Hal ini meliputi konsumsi ikan sebagai sumber protein yang baik untuk membantu pembentukan organ janin, termasuk mata.

4. Menjaga Kesehatan Saraf Mata

Konsumsi makanan tinggi omega-3 dapat membantu menjaga kesehatan saraf, termasuk pada organ mata. Bila ingin mata berfungsi optimal, jangan malas makan ikan.

5. Mencegah Mata Kering

Mata kering biasanya menjadi keluhan seseorang ketika banyak menatap layar gadget. Nah, manfaat mengonsumsi ikan yang kaya akan omega-3 adalah membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah dry eye. 

Contoh ikan yang bagus untuk kesehatan mata adalah salmon, tuna, dan trout. Jenis ikan yang bagus untuk mata ini mengandung omega-3 yang tinggi.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 2/12/2023)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer