Sukses


8 Manfaat Menyehatkan Paprika untuk Tubuh

Bola.com, Jakarta - Paprika adalah sayuran berwarna cerah yang berasal dari keluarga Solanaceae. Warna-warni menarik pada paprika menunjukkan kandungan antioksidan yang tinggi seperti vitamin C, vitamin A, dan senyawa karotenoid, seperti beta-karoten, lutein, dan zeaksantin.

Dari beragam nutrisi tersebut, banyak manfaatnya untuk menjaga kesehatan mata, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Paprika juga menjadi sumber serat yang baik, yang berperan penting untuk menjaga kesehatan pencernaan dan membantu mengatur kadar gula darah. 

Secara khusus, beberapa penelitian mengatakan bahwa paprika merah lebih baik dikonsumsi tanpa dimasak karena dalam keadaan tersebut kandungan nutrisinya akan lebih tinggi daripada yang sudah dimasak.

Berikut delapan manfaat menyehatkan paprika untuk tubuh, seperti dikutip dari Healthfitnessrevolution, Minggu (23/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Manfaat Menyehatkan Paprika untuk Tubuh

1. Menurunkan Berat Badan

Paprika cukup rendah lemak dan kalori, sekitar satu gram lemak dan 29 kalori dalam setiap cangkirnya.

Mengonsumsi paprika tidak akan menambah kalori dan lemak ke tubuh, dan menjaga berat badan tetap stabil.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Paprika mengandung lebih dari 30 jenis karoten yang berbeda, di antaranya alfa karoten, beta karoten, likopen, lutein, cryptoxanthin, dan zeaxanthin.

Karoten dalam paprika merupakan senyawa yang membuat paprika berwarna terang. Beberapa penelitian telah menunjukkan karoten membantu menyehatkan dan menyembuhkan mata dari berbagai penyakit.

3 dari 5 halaman

Manfaat Menyehatkan Paprika untuk Tubuh

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Paprika mengandung banyak vitamin C, khususnya paprika yang telah matang dengan sempurna. Satu cangkir paprika yang diiris dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin C dalam sehari.

Vitamin C yang terkandung dalam paprika membantu menjaga metabolisme tubuh dan menguatkan imun sehingga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

4. Mencegah Kanker

Paprika mengandung karotenoid yang memiliki efek antioksidan kuat dan dapat mencegah berbagai kanker. Karotenoid menghilangkan radikal bebas yang dapat merusak jaringan sel dalam tubuh.

Untuk mendapatkan khasiatnya secara maksimal, pastikan kamu mendapatkan dan mengonsumsi paprika matang. Makin matang paprika makin kaya kandungan karotenoidnya.

4 dari 5 halaman

Manfaat Menyehatkan Paprika untuk Tubuh

5. Menjaga Sistem Pencernaan

Paprika merah mengandung serat tinggi dan dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan keseimbangan kolesterol.

Selain itu, mengonsumsi paprika merah, khususnya dalam keadaan masih mentah akan membantu meredakan berbagai masalah yang terjadi di dalam usus.

6. Meredakan Nyeri

Paprika dapat meredakan beberapa nyeri di tubuh dengan berbagai cara. Paprika mengandung vitamin C dan vitamin K, yang memiliki sifat antiinflamasi yang cukup ampuh.

Sifat antiinflamasi dapat membantu meredakan pembengkakan, infeksi, berbagai macam nyeri, dan melindungi tulang dari osteoporosis. Kandungan capsaicin dalam paprika juga membantu meredakan berbagai macam nyeri.

5 dari 5 halaman

Manfaat Menyehatkan Paprika untuk Tubuh

7. Mencegah Anemia

Anemia adalah kondisi umum yang ditandai dengan berkurangnya kemampuan darah untuk membawa oksigen.

Satu di antara penyebab paling umum dari anemia adalah kekurangan zat besi, gejala utamanya adalah kelemahan dan kelelahan.

Paprika merah tidak hanya menjadi sumber zat besi yang baik, tetapi juga kaya vitamin C yang meningkatkan penyerapan zat besi dari usus.

8. Menurunkan Kadar Kolesterol

Secara khusus, capsanthin, karotenoid yang terkandung di dalam paprika, dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik), yang dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Selain itu mengonsumsi paprika dapat menurunkan kadar kolesrol LDL (jahat), yang dapat menumbuhkan risiko seseorang terkena penyakit jantung.

Konsumsilah paprika secara mentah atau bubuk yang dicampurkan ke dalam masakan secara rutin agar kesehatan jantun tetap terjaga.

 

Sumber: Healthfitnessrevolution

Yuk baca juga artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer