Sukses


5 Cara Mudah Mengatasi Kecanduan Gadget

Bola.com, Jakarta - Di zaman sekarang, gadget sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Namun, tidak sedikit orang menyadari kalau dirinya sudah kecanduan gadget.

Apakah kamu sudah mengalami kecanduan gadget? Seseorang dikatakan kecanduan gadget ketika menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain gadget.

Kondisi ini disebut dengan nomophobia (no mobile phobia), yaitu ketakutan untuk beraktivitas sehari-hari tanpa gadget atau berada jauh dari benda tersebut.

Kecanduan gadget bisa dialami oleh siapa saja, termasuk pada anak-anak. Jika kamu sudah kecanduan gadget, hal itu tentu saja bisa berdampak buruk bagi kesehatan fisik maupun mental.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk secepat mungkin mengetahui cara mengatasi kecanduan gadget.

Berikut ini lima cara mudah mengatasi kecanduan gadget yang bisa diterapkan, dikutip dari laman Kidslox dan Readersdigest, Senin (24/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Perbanyak Bersosialisasi

Kecanduan gadget bisa menyebabkan seseorang sulit bersosialisasi hingga berkomunikasi dengan orang lain. Supaya hal itu tidak terjadi, kamu harus membiasakan diri dengan bersosialisasi.

Sebagai makhluk sosial, manusia pasti membutuhkan orang lain, sehingga perlu melakukan komunikasi dan interaksi untuk memenuhi kebutuhan.

Kamu bisa menyapa orang lain di sekitar rumah, berkunjung ke rumah teman, keluarga, atau orang lain untuk membantu meningkatkan kecakapan berkomunikasi dan bersosialisasi.

3 dari 6 halaman

Memperbanyak Aktivitas di Luar Rumah

Apabila lebih banyak bermain gadget saat di rumah, cobalah untuk mencari kegiatan di luar rumah. Kamu bisa mencari hobi lain agar tidak bergantung dengan gadget di waktu luang.

Kamu bisa bermain di luar rumah seperti taman bermain atau rekreasi ke alam terbuka seperti pantai yang memungkinkan bergerak dan bersosialisasi dengan orang lain.

Dengan begitu, perhatian kamu bisa teralihkan dari gadget. Lakukan kegiatan ini secara rutin hingga kamu mulai terbiasa menjalani hari tanpa penggunaan gadget yang berlebihan.

4 dari 6 halaman

Hapus Aplikasi yang Menjadi Penyebab Kecanduan

Setiap orang pasti memiliki beberapa aplikasi yang sering dibuka. Nah, aplikasi-aplikasi tersebut yang kerap membuat kecanduan bermain gadget.

Ada baiknya kamu beristirahat sementara dari aplikasi tersebut dengan menghapusnya. Dengan begitu, kamu tidak akan terlalu sering membuka gadget untuk memeriksa aplikasi tersebut.

Alih-alih bermain gadget, kamu bisa membaca buku untuk mengisi waktu luang.

5 dari 6 halaman

Membuat Area Bebas Gadget

Kamu juga bisa membuat peraturan untuk tidak menggunakan gadget di ruangan atau tempat tertentu. Artinya ketika berada di dalam ruangan ini, siapa pun tidak boleh menggunakan gadget.

Sebagai contoh di meja makan, kamar tidur, dan di dalam mobil.

6 dari 6 halaman

Mencegah Penggunaan Gadget sebelum Tidur

Menggunakan gadget lebih dari 35 menit sebelum tidur memiliki hubungan yang signifikan dengan gejala insomnia.

Kondisi tersebut dikarenakan seseorang terus melihat banyak hal yang menarik di gadget-nya, sehingga tidak merasakan kantuk dan terus terjaga.

Untuk itu, jangan sampai kamu mengorbankan waktu tidur dan istirahat hanya untuk berselancar di sosial media atau bermain game di gadget. Kita perlu menetapkan aturan untuk tidak menggunakan gadget sebelum tidur.

 

Sumber: Kidslox, Readersdigest

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer