Sukses


Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri, Syarat, dan Faktor Terbentuknya

Bola.com, Jakarta - Kelompok sosial adalah kumpulan orang-orang yang mempunyai hubungan satu sama lain, harapan, tujuan yang sama, dan kesadaran diri sebagai anggota kelompok.

Manusia adalah makhluk individu yang tidak dapat melepaskan diri dari hubungan dengan manusia lain.

Sebagai akibat dari hubungan yang terjadi di antara individu-individu (manusia), kemudian lahirlah kelompok-kelompok sosial (social group) yang dilandasi oleh kesamaan kepentingan bersama.

Kelompok atau group adalah kumpulan dari individu yang berinteraksi satu sama lain, pada umumnya hanya untuk melakukan pekerjaan, untuk meningkatan hubungan antarindividu, atau bisa saja untuk keduanya.

Itulah sedikit penjelasan tentang kelompok sosial. Untuk memahami lebih jelas tentang kelompok sosial, bisa mengetahui definis para ahli, syarat, ciri-ciri, hingga macam-macamnya.

Berikut ini rangkuman tentang pengertian kelompok sosial menurut ahli, ciri-ciri, syarat, dan faktornya, dilansir dari laman Modul Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI terbitan Kemdikbud, Senin (24/7/2023).

2 dari 5 halaman

Pengertian Kelompok Sosial Menurut Ahli

Berikut adalah definisi kelompok sosial menurut beberapa ahli:

1. Menurut Soerjono Soekanto, kelompok adalah himpunan atau kesatuan-kesatuan manusia yang hidup bersama karena saling berhubungan di antara mereka secara timbal balik dan saling mempengaruhi.

2. Menurut Menurut Paul B. Horton dan Chester Chester L. Hunt, istilah istilah kelompok-kelompok sosial diartikan sebagai kumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotaannya dan saling berinteraksi.

3. Menurut George Homans, kelompok adalah kumpulan individdu yang melakukan kegiatan, interaksi, dan memiliki perasaan untuk membentuk suatu keseluruhan yang terorganisasi dan berhubungan secara timbal balik.

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Kelompok Sosial

Berikut ini ciri-ciri kelompok sosial:

  • Terdapat dorongan atau motif yang sama antarindividu satu dengan yang lain
  • Terdapat akibat-akibat interaksi yang berlainan terhadap individu satu dengan yang lain berdasarkan rasa dan kecakapan yang berbeda-beda antara individu yang terlibat di dalamnya.
  • Adanya penegasan dan pembentukan struktur atau organisasi kelompok yang jelas dan terdiri dari perananperanan dan kedudukan masing-masing.
  • Adanya peneguhan norma pedoman tingkah laku anggota kelompok yang mengatur interaksi dalam kegiatan anggota kelompok untuk mencapai tujuan yang ada.
  • Berlangsungnya suatu kepentingan.
  • Adanya pergerakan yang dinamik.
4 dari 5 halaman

Syarat Terbentuknya Kelompok Sosia

Beberapa syarat terbentuknya kelompok sosial antara lain:

1. Setiap anggota kelompok tersebut harus sadar bahwa dia merupakan sebagian dari kelompok yang bersangkutan.

2. Ada hubungan timbal balik antara anggota yang satu dengan anggota lainnya.

3. Terdapat suatu faktor yang dimiliki bersama oleh anggota anggota kelompok itu sehingga hubungan antara mereka bertambah erat. Faktor tadi dapat merupakan nasib yang sama, kepentingan yang sama, tujuan yang sama, ideologi politik yang sama, dan lain-lain.

4. Berstruktur, berkaidah, dan mempunyai pola perilaku.

Adapun syarat-syarat terbentuknya kelompok sosial menurut Baron dan Byrne:

  • Interaksi, anggota-anggota seharusnya berinteraksi satu sama lain.
  • Interdependen, apa yang terjadi pada seorang anggota akan memengaruhi perilaku anggota yang lain.
  • Stabil, hubungan paling tidak ada lamanya waktu yang berarti (bisa minggu, bulan, dan tahun).
  • Tujuan yang dibagi, beberapa tujuan bersifat umum bagi semua anggota.
  • Struktur, fungsi tiap anggota harus memiliki beberapa macam struktur sehingga mereka memiliki set peran.
  • Persepsi, anggota harus merasakan diri mereka sebagai bagian dari kelompok.
5 dari 5 halaman

Faktor-Faktor Terjadinya Kelompok Sosial

Bergabung dengan sebuah kelompok merupakan sesuatu yang murni dari diri sendiri atau juga secara kebetulan. Misalnya, seseorang terlahir dalam keluarga tertentu.

Namun, ada juga yang merupakan sebuah pilihan. Adapun faktor utama yang tampaknya mengarahkan pilihan tersebut adalah kedekatan dan kesamaan.

Kedekatan

Pengaruh tingkat kedekatan, atau kedekatan geografis, terhadap keterlibatan seseorang dalam sebuah kelompok tidak bisa diukur.

Kita membentuk kelompok bermain dengan orang-orang di sekitar kita. Kita bergabung dengan kelompok kegiatan sosial lokal.

Kelompok tersusun atas individu-individu yang saling berinteraksi. Makin dekat jarak geografis antara dua orang, makin mungkin mereka saling melihat, berbicara, dan bersosialisasi.

Singkatnya, kedekatan fisik meningkatkan peluang interaksi dan bentuk kegiatan bersama yang memungkinkan terbentuknya kelompok sosial.

Jadi, kedekatan menumbuhkan interaksi, yang memainkan peranan penting terhadap terbentuknya kelompok pertemanan.

Kesamaan

Pembentukan kelompok sosial tidak hanya tergantung pada kedekatan fisik, tetapi juga kesamaan di antara anggota-anggotanya. Sudah menjadi kebiasaan, orang lebih suka berhubungan dengan orang yang memiliki kesamaan dengan dirinya.

Kesamaan yang dimaksud adalah kesamaan minat, kepercayaan, nilai, usia, tingkat intelejensi, atau karakter-karakter personal lain.

Kesamaan juga merupakan faktor utama dalam memilih calon pasangan untuk membentuk kelompok sosial yang disebut keluarga.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer